Menakjubkan! Ibadah Seluruh Jamaah Haji Diterima Berkat Orang Ini

Senin, 11 Oktober 2021 - 08:05 WIB
loading...
A A A
Akhirnya mereka memasak makanan dan mendatangi rumah janda itu. "Ini makanan untukmu."

Uang untuk bekal Haji 350 Dirham pun saya berikan kepada mereka. "Pakailah uang ini untukmu sekeluarga. Gunakan untuk usaha, agar engkau tidak kelaparan lagi.

Mendengar cerita tersebut, Abdullah Bin Mubarak tak kuasa menahan air mata. "Kalau begitu engkau memang patut mendapatkannya."

Dalam Hadis Nabi disebutkan: "Orang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya, maka ia tidak boleh menganiaya dan menyerahkannya (kepada musuh). Barangsiapa menolong kebutuhan saudaranya, maka Allah akan menolongnya untuk memenuhi kebutuhannya. Barangsiapa melepaskan suatu kesusahan dari seorang muslim (saudaranya), maka Allah akan menghilangkan kesusahannya dari bermacam-macam kesusahan di hari Kiamat. Dan barangsiapa menutupi kekurangan seorang muslim (saudaranya), maka Allah akan menutup kekurangannya pada hari Kiamat." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Catatan:
Dalam versi lain, ulama itu adalah Hasan Al-Bashri.Namun ijma' lebih mempercayai ulama ini bernama Abdullah bin Mubarak karena riwayatnya yang lebih jelas. Beliau lahir pada Tahun 118 H/736 M.

Beliau adalah seorang ahli Hadits yang terkemuka juga ahli di dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan, antara lain di dalam bidang gramatika dan kesusastraan. Beliau seorang saudagar kaya yang banyak memberi bantuan kepada orang-orang miskin. Beliau wafat di Kota Hit yang terletak di tepi sungai Euphrat pada tahun 181 H atau 797 Masehi.

Dalam riwayat lain tukang sepatu ini bernama Ali Bin Mowaffaq. Ada yang berpendapat namanya Ibnu Muhafah. Wallahu A'lam.

Sumber:
Kitab Irsyadul Ibad ila Sabiila Rasyad karya Syekh Zainuddin Bin Abdul Aziz.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)