Topik Terkait: 3 Macam Malu Yang Wajib Melekat Pada Diri

  • Mengapa Manusia Perlu Punya Rasa Malu kepada Malaikat? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 13:00 WIB
    Di antara bentuk rasa malu yang mesti seorang muslin miliki adalah malu kepada malaikat, makhluk-makhluk ghaib yang wajib kita imani dan merupakan salah satu cabang dari iman.
  • 3 Macam Rasa Malu yang Perlu Melekat Pada Diri
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 16:04 WIB
    Rasa malu adalah benteng pertahanan bagi seluruh akhlak. Ia merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatatnan nilai dan moral.
  • 3 Sifat Malu yang Perlu Ada dalam Diri Setiap Muslim
    Muslimah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 18:33 WIB
    Benteng pertahanan bagi seluruh akhlak manusia adalah sifat malu. Sifat ini, merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatanan nilai dan moral.
  • 3 Macam Sabar dalam Islam, Nomor 2 Tingkatannya Lebih Tinggi
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 19:57 WIB
    Para ulama membagi tingkatan sabar menjadi tiga bagian. Sabar berasal dari kata Ash-Shobru yang artinya menahan diri dari keluh kesah. Berkut penjelasannya.
  • Macam-macam Hadis Lengkap dengan Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 23 September 2021 - 05:15 WIB
    Hadis adalah apa yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapannya, sifat jasmani atau sifat akhlak, perjalanan hidup beliau.
  • Sifat Malu yang Sangat Dicintai Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 08:50 WIB
    Islam menggambarkan wajah yang dihiasi dengan rasa malu bagaikan permata yang tersimpan dalam sebuah bejana bening. Tidak ada seorang pun yang memakai perhiasan lebih indah dan memukau daripada perhiasan rasa malu.
  • Tata Cara Mandi Wajib yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 11:02 WIB
    Inilah tata cara mandi wajib yang perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib atau disebut juga mandi janabah (junub) adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Sifat Malu Adalah Kunci dari Semua Kebaikan
    Muslimah
    Rabu, 16 September 2020 - 05:52 WIB
    Di antara akhlak mulia yang wajib dimiliki oleh seorang mukmin yaitu sifat malu, baik itu malu kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Karena malu itu adalah kunci dari semua kebaikan.
  • Mengenal dan Memahami Macam-Macam Takdir
    Muslimah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Salah satu dari rukun iman ini, adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qhada dan qadarnya Allah Taala. Lalu apa beda qadha dengan qadar dan bagaimana dengan takdir itu sendiri?
  • Hati-hati,  4 Macam Lelaki Ini Calon Penghuni Neraka
    Muslimah
    Senin, 08 Maret 2021 - 14:26 WIB
    Dalam hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam digambarkab bahwa penghuni neraka terbanyak adalah kaum perempuan. Namun ternyata ada pula empat macam lelaki yang juga akan menjadi calon penghuni neraka jahanam ini.
  • Inilah 4 Perkara yang Mewajibkan Kaum Muslimah harus Mandi Wajib
    Muslimah
    Sabtu, 27 Agustus 2022 - 09:47 WIB
    Kaum muslimah wajib mengetahui kondisi atau perkara-perkara yang mewajibankan mereka melakukan mandi besar (wajib). Kewajiban mandi besar itu antara lain dilandasi dalil dari Al Quran dan hadis Nabi SAW.
  • 3 Perkara yang Pahalanya Mengalir Meski Seseorang Meninggal Dunia
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Maret 2021 - 22:40 WIB
    Ada 3 (tiga) perkara yang pahalanya terus mengalir meskipun seseorang meninggal dunia. Berikut penjelasan Ustaz Rikza Maulan yang menukil salah satu hadis Nabi.
  • Kisah Hikmah : Pakaian Malu Istri Nabi Musa
    Muslimah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 14:42 WIB
    Perjumpaan Nabi Musa alaihissalam dengan istrinya Shafura memberi banyak pelajaran berharga bagi para muslimah saat ini. Ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari sosok istri nabi tersebut
  • Inilah Cara Melihat Aib Diri Sendiri
    Muslimah
    Minggu, 13 September 2020 - 09:00 WIB
    Setiap manusia, pasti memiliki kekurangan, aib, cacat, dan cela. Maka sibukkan diri ini untuk memeriksa dan menghitung aib sendiri saja, niscaya hal itu sudah menghabiskan waktu tanpa sempat memikirkan dan mencari tahu aib orang lain.
  • Sifat Malu yang Sebenarnya
    Muslimah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 09:00 WIB
    Salah satu ciri kemuliaan perempuan terletak pada sifat malu yang menebal dalam dirinya. Apa itu malu? Dan bagaimana menempatkan sifat malu ini pada tempatnya yang benar?
  • Urgensi Niat (3): Tiga Macam Amal yang Wajib Kita Jaga
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 14:17 WIB
    Amal kita terbagi kepada tiga macam, yaitu (1) amal hati (2) amal anggota tubuh dan (3) amal lisan. Adapun niat merupakan bagian dari amal hati, karenanya dia disebut sepertiga amal.
  • Hukum Air Kencing yang Sudah Kering, Najiskah?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 14:35 WIB
    Apabila ada kencing anak kecil di kursi atau di lantai, tapi sudah kering. Apakah ketika kita duduk di kursi atau di lantai tersebut, pakaian dan kaki kita menjadi najis?
  • Haruskah Malu kepada Malaikat?
    Muslimah
    Kamis, 24 September 2020 - 14:02 WIB
    Di antara bentuk malu yang mesti kita miliki adalah malu kepada malaikat, makhluk-makhluk ghaib yang wajib kita imani dan merupakan salah satu cabang dari iman
  • Ini Si Pemalu yang Dicintai Allah Taala
    Tausyiah
    Senin, 15 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Sesungguhnya Allah Maha Santun, Malu, lagi menutupi, menyukai sikap malu dan menutupi. Apabila salah seorang darimu mandi maka hendaklah ia menutupi.
  • Akhlak Islam adalah Rasa Malu
    Muslimah
    Senin, 01 November 2021 - 06:52 WIB
    Rasa malu adalah akhlak terpuji yang akan membangkitkan setiap perilaku baik dan mendorong untuk menjauhi perilaku tercela. Sifat malu juga dianggap sebagai sumber utama dari terciptanya akhlak terpuji lainnya.