Topik Terkait: Abu Ubaidah Bin Jarrah

  • Abu Ubaidah bin Jarrah (2): Si Ompong Tapi Ganteng Itu Jadi Korban Thoun
    Hikmah
    Sabtu, 01 Mei 2021 - 04:30 WIB
    Abu Ubaidah khawatir kalau Rasulullah kesakitan bila dicabutnya dengan tangan. Maka digigitnya mata rantai itu kuat-kuat dengan giginya lalu ditariknya.
  • Kisah Khalifah Umar bin Khattab Ingin Abu Ubaidah Menggantikannya
    Hikmah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Umar bin Khattab mengatakan kalaupun harus menunjuk seorang yang akan menggantikan ia harus orang yang lebih baik daridirinya. Dan kalau saya tinggalkan, saya juga ditinggalkan oleh orang yang lebih baik dari saya.
  • Kisah Amr bin As Nyaris Terbunuh Saat Pembebasan Al-Aqsha
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Tatkala Abu Ubaidah dalam perjalanan di utara Syam, Amr bin As dan Syurahbil bin Hasanah sedang menghadapi angkatan bersenjata Romawi yang sedang berkumpul di Palestina.
  • Nasehat Abu Ubaidah bin Jarrah tentang Barometer Kemuliaan Seorang
    Hikmah
    Senin, 02 Agustus 2021 - 14:41 WIB
    Dalam Islam, tolok ukur kemuliaan seorang tidak diukur dari harta, tahta maupun ras dan warna kulitnya. Namun ukurannya adalah keimanan dan ketakwaan yang menancap dalam sanubari hamba.
  • Perang Irak di Era Khalifah Umar bin Khattab, Jalankan Wasiat Abu Bakar
    Hikmah
    Senin, 21 September 2020 - 13:31 WIB
    Abu Ubaid berangkat dari Madinah dengan empat ribu orang, yang dalam perjalanan kemudian anggota pasukannya bertambah jumlahnya menjadi sepuluh ribu.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Abu Ubaidah, Komandan Perang yang Menaklukkan Yerusalem di Era Khalifah Umar bin Khattab
    Hikmah
    Rabu, 15 November 2023 - 05:15 WIB
    Nama pahlawan Islam ini tak sepopuler Khalid bin Walid. Dia adalah Abu Ubaidah bin Jarrah. Dia pula yang menjadi komandan perang saat Yerusalem takluk di bawah Islam pada era Khalifah Umar bin Khattab
  • Akhir Tragis Muhammad bin Abu Bakar, Pilunya Hati  Siti Aisyah, Ali bin Abu Thalib dan Asma
    Hikmah
    Sabtu, 13 Februari 2021 - 20:31 WIB
    Menurut berbagai sumber riwayat, sejak terjadinya pembunuhan terhadap Muhammad bin Abu Bakar, Sitti Aisyah tidak mau lagi makan panggang daging sampai akhir hayatnya.
  • Kisah Perlawanan Sengit Kaum Khawarij Terhadap Khalifah Ali bin Abu Thalib
    Hikmah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 18:22 WIB
    Politik tahkim itu benar-benar hanya tipu muslihat Muawiyah sehingga melahirkkan kelompok kontra tahkim dalam pasukan Ali bin Abu Thalib. Mereka menggugat, dan melemparkan segala kesalahan kepada Ali.
  • Kisah Asyats bin Qais, Suami Saudara Khalifah Abu Bakar yang Murtad Lalu Bertobat
    Hikmah
    Rabu, 02 September 2020 - 14:37 WIB
    Asyats adalah pemimpin yang berwibawa, dicintai dan disegani masyarakatnya. Pada Tahun Perutusan ia datang ke Madinah menemui Rasulullah SAW dengan memimpin 80 orang dari Kindah.
  • Kisah Dusta? Ali bin Abu Thalib Duel dengan Jin di Sebuah Sumur
    Hikmah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 19:48 WIB
    Para sahabat di belakang Ali merinding ketakutan tetapi Ali gagah melangkah menebas kepala-kepala itu, dan akhirnya diapun mengambil air dari sumur anker tersebut.
  • Hati Siti Aisyah Tersayat-sayat  Meratapi Akhir Tragis Muhammad bin Abu Bakar
    Hikmah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 19:13 WIB
    Muawiyah bin Hudaij naik pitam. Pedang diayun memenggal leher Muhammad bin Abu Bakar. Jenazahnya dijejalkan ke dalam perut keledai, kemudian dibakar sampai hangus.
  • Kisah Pembebasan Al-Aqsha: Salib Besar Diungsikan ke Gereja Santo Aya Sophia
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 05:30 WIB
    Kisah pembebasan al-Aqsha di era Umar bin Khattab tidaklah sederhana. Romawi takluk setelah didahului perang sengit antara pasukan muslim dan pasukan Kristen Romawi.
  • Perang Tanding Abu Yazid dan Yahya bin  Muadz
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 05:32 WIB
    Yahya bin Muadz menulis surat kepada Abu Yazid: Apakah katamu mengenai seseorang yang telah mereguk secawan arak dan menjadi mabuk tiada henti-hentinya?
  • Kisah Pertentangan Politik Abu Bakar dengan Umar bin Khattab yang Paling Menonjol
    Hikmah
    Senin, 16 Mei 2022 - 21:14 WIB
    Umar bin Khattab dan Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah dua orang sahabat Rasulullah SAW yang dijamin masuk surga. Hanya saja, dalam hal urusan politik keduanya tidak bisa dianggap sama.
  • Kisah 3.000 Pasukan Muslim Gagah Berani Melawan 200.000 Prajurit Bizantium
    Hikmah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 15:31 WIB
    Kisah 3.000 pasukan Muslim menghadapi 200.000 orang prajurit Bizantium terjadi pada Pertempuran Mutah. Ini adalah pertempuran perdana antara Muslim dengan Bizantium yang Nasrani
  • Kisah di Balik Perang Uhud (2-Habis): Ketika Rasulullah Terjebak Perangkap Kafir Quraisy
    Hikmah
    Rabu, 18 November 2020 - 09:23 WIB
    Akibat lemparan batu itu geraham Rasulullah patah, wajahnya pecah-pecah, bibirnya luka parah, dan dua buah kepingan rantai topi besi yang melindungi wajah beliau menembus pipinya.
  • Akhir Indah Kisah Sengketa Baju Perang Antara Ali bin Abu Thalib dengan Seorang Nasrani
    Hikmah
    Senin, 01 Maret 2021 - 17:13 WIB
    Sejarah kemudian mencatat, bahwa bekas Nasrani itu ternyata seorang muslim yang sangat gigih membela Ali bin Abu Thalib r.a. dalam perjuangan menegakkan kebenaran Islam.
  • Abu Ubaidah Panglima Perang yang Syahid karena Wabah Tho’un
    Hikmah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 09:45 WIB
    Sahabat Nabi, Abu Ubaidah ibnu Al-Jarrah syahid terkena wabah virus Thoun yang menyerang Negeri Syam pada pada tahun 16 Hijriyah atau 640 Masehi.
  • Sepupu Umar Bin Khattab Ini Guru Spiritual Abu Bakar Sebelum Masa Kenabian
    Hikmah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:16 WIB
    Sebelum masa kenabian Muhammad SAW, Zaid adalah guru spiritual Abu Bakar Ash-Shiddiq. Zaid dan beberapa orang Mekkah, termasuk Abu Bakar adalah orang yang menolak menyembah berhala.
  • Kisah Khalifah Umar bin Khattab Memecat Khalid bin Walid sebagai Panglima Perang
    Hikmah
    Senin, 14 Maret 2022 - 18:57 WIB
    Khalifah Umar bin Khatab memecat Khalid bin Walid diganti oleh Abu Ubaidah sebagai pimpinan militer di Syam. Benarkah ini sebagai langkah Khalifah menyelamatkan tauhid umat?