Topik Terkait: Akad Nikah

  • Bacaan Sighat Taklik setelah Akad Nikah
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 13:04 WIB
    Bacaan sighat taklik setelah akad nikah yang diucapkan oleh mempelai laki-laki (suami) adalah sebagai berikut. Sighat takliq talak merupakan sebuah kebijakan khusus yang dibentuk oleh pemerinah.
  • Doa Setelah Akad Nikah yang Diajarkan Rasulullah
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:26 WIB
    Doa atau mendoakan pengantin setelah akad nikah adalah hal penting yang mesti dilakukan demi mengantar dan membekali kedua mempelai dalam mengarungi bahtera rumah tangga.
  • Bacaan Akad Nikah Arab dan Indonesia Lengkap
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 07:30 WIB
    Bacaan akad nikah Arab dan Indonesia lengkap di bawah ini bisa menjadi referensi bagi yang hendak melangsungkan pernikahan. Berikut lafaz bacaannya.
  • Begini Alasan Ulama yang Membolehkan Nikah Misyar
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:56 WIB
    Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum nikah misyar. Dalam hal ini setidaknya terdapat dua kelompok ulama yang memiliki pandangan hukum yang berbeda. Salah satunya adalah membolehkan nikah misyar.
  • Bacaan Ijab Kabul Akad Nikah Bahasa Indonesia dan Arab
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 13:35 WIB
    Bacaan ijab kabul akad nikah bahasa Indonesia dan Arab mengandung arti penyerahan dari pihak wali si perempuan. Sedangkan Kabul (Qobul) mengandung arti penerimaan dari pihak calon suami.
  • Syarat Nikah di KUA Lengkap dengan Prosedurnya
    Dunia Islam
    Jum'at, 10 Februari 2023 - 16:43 WIB
    Syarat nikah di KUA penting diketahui calon pengantin yang akan melansungkan pernikahan. Nikah merupakan sunnah Nabi dan diwajibkan bagi yang mampu. Berikut persyaratannya.
  • Doa setelah Akad Nikah kepada Istri
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 16:21 WIB
    Doa setelah akad nikah kepada istri berdasarkan hadis yang diriwayakan Abu Dawud no. 2160 dan Ibnu Majah no. 2252, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani adalah sebagai be
  • Bacaan Khutbah Nikah Lengkap dengan Contohnya
    Tausyiah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 22:21 WIB
    Pernikahan merupakan sunnatullah dan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah. Islam mengatur bagaimana melaksanakan pernikahan sesuai Sunnah, termasuk bacaan khutbah nikah.
  • Bacaan Ijab Kabul Nikah dalam Bahasa Arab dan Indonesia
    Tips
    Selasa, 30 November 2021 - 15:34 WIB
    Bacaan (lafaz) ijab kabul nikah dalam Bahasa Arab dan Indonesia penting diketahui bagi yang hendak melangsungkan pernikahan. Berikut bacaannya.
  • Mahar Nikah Nabi Adam Ketika Menikahi Sayyidati Hawa
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:08 WIB
    Mahar nikah Nabi Adam alaihissalam ketika menikahi Ibunda Sayyidati Hawa boleh dibilang sangat istimewa. Berikut kisah pernikahan manusia pertama di muka bumi ini.
  • Adakah Perjanjian Pranikah Dalam Islam?
    Muslimah
    Jum'at, 26 Februari 2021 - 08:24 WIB
    Istilah perjanjian pra nikah mulai trend. Sesuatu yang semula terdengar tabu, sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia, terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebriti Tanah Air.
  • Status Anak di Luar Nikah dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Minggu, 29 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Status anak biologis atau kehadiran anak tanpa ikatan pernikahan kembali ramai diperbincangkan. Kasus tersebut terjadi, dari pasangan muda mudi yang kebablasan dalam menjalin cinta
  • Bolehkah Menikah di Bulan Dzulhijjah? Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 Juli 2022 - 09:33 WIB
    Bolehkah menikah di bulan Dzulhijjah? Pertanyaan ini masih banyak terjadi di kalangan umat, sehubungan keistimewaan bulan haji yang dianggap bulan baik untuk pernikahan.
  • Bolehkah Melakukan Perjanjian Pranikah dalam Islam?
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Perjanjian pranikah, sesuatu yang semula terdengar tabu sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia. Terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebritas di Tanah Air.
  • Rukun Nikah dan Syarat-syaratnya Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 07:15 WIB
    Pernikahan adalah sunnatullah dan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah Baginda Nabi Muhammad. Berikut rukun nikah dan syarat-syaratnya menurut 4 mazhab.
  • 6 Hikmah Perkawinan Menurut Sayyid Sabiq
    Tausyiah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 06:19 WIB
    Sesungguhnya naluri seks merupakan naluri yang paling kuat. Bilamana jalan keluar tidak dapat memuaskannya, maka banyaklah manusia yang mengalami goncang dan kacau serta menerobos jalan yang jahat.
  • Hukum Nikah Mutah dalam Pandangan Islam
    Tips
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 15:12 WIB
    Nikah Mutah atau dikenal dengan istilah kawin kontrak adalah pernikahan dalam tempo masa tertentu. Berikut pandangan Islam terhadap nikah mutah.
  • Bolehkah Memilih Wanita untuk Dinikahi karena Kecantikannya Saja?
    Muslimah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 17:30 WIB
    Ketika memilih perempuan untuk dinikahi, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebut ada empat hal syarat yang dapat mewujudkannya.
  • Dasar Hukum Nikah: Lebih Baik jika Sama-Sama Mencintai
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:25 WIB
    Kedua sumber inilah yang menjadi dasar atas legalisasi praktik pernikahan. Dengan demikian nikah baru dianggap sah atau tidak tergantung kepada harmonisasi nikah itu sendiri.
  • Terminologi Nikah Misyar, Tak Sekadar Bobok-Bobok Siang
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:36 WIB
    Pernikahan misyar telah menimbulkan perdebatan terutama di kalangan ulama kontemporer. Karena model nikah misyar baru dikenal masa kini, maka para ulama kontemporer berbeda pendapat menghukuminya.