Topik Terkait: Akhlak Muslim (halaman 49)

  • Inilah Cara Suami Menasihati...
    Tausyiah
    Rabu, 08 Mei 2024 - 10:47 WIB
    Dalam Islam, wajib bagi pasangan suami istri untuk memperlakukan pasangannya dengan baik dan memenuhi hak-haknya dengan penuh kerelaan. Lantas bagaimana jika pasangan atau istri berperilaku buruk?
  • Hagia Shopia dan Akhlakul...
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 11:25 WIB
    Saya tidak bermaksud mempermasalahkan konversi gedung Hagia Sophia menjadi masjid. Karena itu hak legal pemerintah Turki untuk mempergunakan gedung atau properti yang berada di bawah otoritasnya.
  • Sudahkah Para Ibu Bertekad...
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 06:15 WIB
    Tidak ada iman tanpa kehadiran rasa cinta kepada Allah. Mereka merealisasikan cinta dengan cara melakukan tindakan ibadah yang telah disyariatkan Allah Taala. Salah satunya gemar mendengar dan membaca Al-Quran.
  • Keterwakilan Muslim...
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Februari 2024 - 15:53 WIB
    Satu penelitian mengungkap meskipun umat Islam berjumlah sekitar 24 persen dari populasi global, hanya 1 persen karakter di acara TV yang bernafaskan Islam.
  • 4 Adab Berbicara dengan...
    Tips
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:51 WIB
    Adab dan etika berbicara dengan lawan jenis sangat diperhatikan dalam Islam. Apalgi antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya.
  • 5 Fakta Pembantaian...
    Dunia Islam
    Rabu, 15 November 2023 - 13:30 WIB
    Pembantaian Srebrenica menjadi salah satu tragedi kelam dalam sejarah umat Muslim. Peristiwa berdarah ini terjadi sekitar 1990-an, tepatnya setelah Yugoslavia pecah.
  • Al Malhamah Kubra, Perang...
    Dunia Islam
    Jum'at, 18 Oktober 2024 - 12:45 WIB
    Al Malhamah Kubra adalah perang besar di akhir zaman yang merupakan salah satu tanda dari akan datangnya hari kiamat. Itu adalah perang antara kaum Muslim dan Nasrani.
  • Keluarga Berperan Penting...
    Muslimah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 12:44 WIB
    Generasi berkarakter pejuang tidak akan datang begitu saja, perlu upaya untuk melahirkannya. Untuk mewujudkan hal tersebut, keluarga menjadi institusi yang paling berperan.
  • Tasawuf: Kelakuan Aneh...
    Hikmah
    Senin, 14 Oktober 2024 - 11:21 WIB
    Menurutnya, kesesatan yang paling gawat, di mata ahl al-dhawahir, ialah yang ada dalam kawasan teori dan pandangan dasar, yang mengarah kepada paham kesatuan eksistensial (wahdat al-wujud).
  • Inilah Sifat Tawadhu...
    Hikmah
    Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:13 WIB
    Tawadhu adalah sifat terpuji seorang mukmin dan kebalikan dari sifat sombong. Tawadhu merupakan sifat orang-orang saleh dan hanya sedikit yang memilikinya.
  • Tak Hanya Lelaki, Ternyata...
    Muslimah
    Senin, 25 Juli 2022 - 10:52 WIB
    Islam mengajarkan dan memerintahkan umatnya untuk selalu menjaga pandangan atau menundukkan pandangan (ghadhdhul bashar). Perintah menjaga pandangan tersebut diiringi dengan perintah memelihara kemaluan (hifzhul farj)
  • Pahala Amal Saleh Bisa...
    Muslimah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Seorang hamba perlu khawatir karena bisa saja amal saleh yang telah dilakukannya dengan susah payah terhapus oleh berbagai sebab. Jika amal saleh terhapus maka menjadi musibah besar baginya
  • Peristiwa Penting di...
    Dunia Islam
    Kamis, 11 April 2024 - 07:45 WIB
    Ternyata ada 9 peristiwa penting di bulan Syawal yang bersejarah dalam peradaban Islam. Peristiwa tersebut penting diketahui umat muslim. Peristiwa apa saja?
  • Bolehkah Memberikan...
    Tips
    Selasa, 28 Juni 2022 - 22:30 WIB
    Pertanyaan ini sering muncul setiap jelang Hari Raya Idul Adha, apakah boleh memberi daging kurban kepada non-muslim? Berikut penjelasannya.
  • Hak-hak Istri yang Wajib...
    Muslimah
    Selasa, 07 November 2023 - 10:27 WIB
    Seorang istri memiliki hak-hak tertentu yang ia harus dapat dari suaminya bahkan wajib ditunaikan oleh sang suami. Apa saja hak yang harus ditunaikan suami kepada istri tersebut?
  • Perjanjian Sykes-Picot,...
    Dunia Islam
    Senin, 16 Oktober 2023 - 15:35 WIB
    Perjanjian Sykes-Picot pada perang Dunia ke 1, Inggris dan Perancis sepakat untuk membagi-bagi wilayah tersebut menjadi zona pengaruh mereka.. Inilah cikal bakal pecahnya negara-negara muslim, karena runtuhnya kekhalifahan Turki Ustmani.
  • Bolehkah Mendoakan Keburukan...
    Muslimah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 07:30 WIB
    Islam sangat melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Akan tetapi, khusus terhadap orang-orang yang dizalimi Allah Subhanahu wa taala membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Banyak Bertanya Akan...
    Muslimah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 17:05 WIB
    Kendati bertanya dianjurkan dalam Islam, tapi terlalu banyak bertanya tidak dibolehkan dalam Islam, terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang tidak penting.
  • Adab dan Akhlak Seorang...
    Muslimah
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 13:30 WIB
    Adab dan akhlak seorang muslim sebenarnya sudah diberitahukan didalam Al Quran dan hadis, namun, ada baiknya seorang muslimah kembali mengenal atau mempelajarinya lebih dalam.
  • Ramadan di Negeri Minoritas...
    Dunia Islam
    Kamis, 28 Maret 2024 - 11:43 WIB
    Perayaan Ramadan tersebar luas di Timur Tengah, seringkali melibatkan non-Muslim dalam perayaannya di wilayah tersebut. Di negara-negara mayoritas Kristen, partisipasi kurang umum, namun tren ini mulai bergeser.