Topik Terkait: Alquran Dan Hadits (halaman 499)

  • Jangan Lewatkan! Malam Idul Adha Waktu Mustajab untuk Berdoa
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 17:26 WIB
    Malam Hari Raya Idul Adha merupakan satu dari lima malam yang sangat istimewa. Pada malam ini disebut sebagai waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah.
  • Salim Maula Abu Hudzaifah: Calon Pengganti Umar Bin Khattab yang Syahid di Perang Yamamah
    Hikmah
    Senin, 11 Juli 2022 - 16:13 WIB
    Abu Hudzaifah dan Salim berpelukan dan saling berjanji siap mati syahid demi agama yang benar, yang akan mengantarkan mereka kepada keberuntungan dunia dan akhirat.
  • Ibadah Haji, Quraish Shihab: Kumpulan Simbol-Simbol yang Sangat Indah
    Tausyiah
    Selasa, 12 Juli 2022 - 18:51 WIB
    Ibadah haji apabila dihayati dan diamalkan secara baik dan benar, maka pasti akan mengantarkan setiap pelakunya dalam lingkungan kemanusiaan yang benar.
  • Sudah Mabrurkah Haji Anda? Melihat Kembali Jejak Kita di Arafah
    Tausyiah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Ketika engkau singgah di Arafah, apakah engkau telah sejenak untuk musyahadah kepada Tuhan? tanya Imam Junaid al-Baghdadi kepada seorang lelaki yang baru saja pulang haji.
  • Keistimewaan Masjid Quba: Allah yang Langsung Memuji Masjid ini, Mengapa?
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Juli 2022 - 12:33 WIB
    Keistimewaan Masjid Quba tampak dari pujian langsung dari Allah Subhanahu wa Taala yang diberikan atas masjid ini Dan orang yang sholat di dalamnya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Sudah Mabrurkah Haji Anda? Melihat Kembali Jejak Kita di Muzdalifah Sampai saat Melempar Jumrah
    Tausyiah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 12:18 WIB
    Ketika engkau pergi ke Muzdalifah dan mencapai keinginanmu, apakah engkau sudah meniadakan semua hawa nafsumu? tanya Imam Junaid. Saat engkau datang ke Mina, apakah semua keinginanmu sirna?
  • Nabi Musa Bertanya Apakah Tuhan Pernah Tidur? Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 22:22 WIB
    Nabi Musa alaihissalam merupakan Nabi yang paling sering disebut dalam Al-Quran yaitu 136 kali. Dikisahkan bahwa Nabi Musa pernah bertanya: Apakah Allah pernah tidur?
  • 4 Perkara yang Memudahkan Datangnya Rezeki, Nomor Terakhir Berkahnya Luar Biasa
    Tips
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 10:12 WIB
    Rezeki merupakan salah satu rahasia Allah dari tiga hal lainnya, yaitu umur, jodoh, dan kematian. Semua rezeki yang ada itu berasal dari Allah karena Allah adalah ar-Razzaq .
  • Jalan Gunung: Ahli Logika Cenderung Buram Matanya, Benarkah?
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 06:15 WIB
    Seorang bijaksana berkata, Harus diakui, para ahli logika cenderung buram matanya, dan mesti meminta orang lain membantunya. Tetapi, soal yang terjadi kali ini adalah sebaliknya.
  • Tak Percaya Berkah, Ini Jawaban Syeikh Ibrahim kepada Seorang Kafir Zindiq
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 17:24 WIB
    Syeikh Ibrahim bin Adham RA (wafat 160 Hijriyah) adalah seorang ulama sufi yang dikenal zuhud. Beliau punya kisah menarik pernah berdebat dengan seorang kafir zindik.
  • Dahsyatnya Cinta Rasulullah SAW kepada Umatnya
    Tausyiah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 22:12 WIB
    Mungkin di antara umat Islam banyak yang belum tahu bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sangat mencintai umatnya. Berikut beberapa bukti kecintaan Rasulullah SAW kepada umatnya.
  • Subhanallah, Inilah Wasiat Rasulullah SAW kepada Abu Dzar Al-Ghifari
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 23:14 WIB
    Dalam satu Hadis diceritakan bahwa sahabat bernama Abu Dzar Al-Ghifari radhiyallahu anhu pernah meminta wasiat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
  • Waspada, Tidak Bersyukur Adalah Tanda Kufur
    Muslimah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 06:31 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala sangat tidak menyukai hambanya yang tidak bersyukur. Seorang muslim yang tidak bersyukur kepada Allah bisa disebut mendurhakai atau kufur terhadap nikmat.
  • Nabi Adam Lupa Telah Berikan 40 Tahun Umurnya kepada Nabi Daud
    Hikmah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 08:54 WIB
    Ketika malaikat maut datang, Adam berkata, bukankah umurku masih tersisa empat puluh tahun? Adam lupa telah memberikan 40 tahun umurnya kepada Nabi Daud.
  • Bagaimana Islam Mengatur Konflik di Dalam Rumah Tangga
    Muslimah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 12:40 WIB
    Rumah tangga yang baik akan bisa memberikan kontribusi yang positif baik lingkungan. Sebab itu, pribadi-pribadi yang terhimpun dalam sebuah rumah tangga harus memiliki karakter ilahiah.
  • Rajin Menjaga Salat Dhuha, Pahala Akan Terus Mengalir
    Muslimah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 19:37 WIB
    Dalam ibadah salat, ada salat sunnah Dhuha yang pahala dan fadhilahnya luar biasa besar untuk memperberat timbangan amal kebaikan kita. Ibadah salat Dhuha ini merupakan cara meningkatkan amal ibadah dan cara meningkatkan akhlak manusia
  • Ini Hakim Pengadilan yang Kalahkan Khalifah Ali dalam Sengketa Baju Perang
    Hikmah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 07:56 WIB
    Aku tidak meragukan kejujuran Anda wahai amirul mukminin. Tetapi harus ada dua orang saksi yang membuktikan kebenaran tuduhanmu, ujar Syuraih kepada Khalifah Ali.
  • Mengenal Dunia Malaikat: Mereka Bersayap, Jibril Punya 600 Sayap
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Para malaikat itu mempunyai jasad, sebagiannya ada yang memiliki dua sayap, ada yang tiga sayap dan empat bahkan ada yang lebih banyak lagi dari itu.
  • Operasi Kecantikan Dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 12:40 WIB
    Hasrat dasar kaum wanita adalah suka berhias dan ingin senantiasa tampil cantik dan menarik. Tak heran upaya untuk mempercantik diri ini pun banyak dilakukan kaum wanita.
  • Pesan Nabi: Perbanyaklah Bersalawat Atasku di Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 00:22 WIB
    Salawat atas Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam merupakan ibadah yang diperintahkan langsung oleh Allah Taala kepada orang beriman sebagaimana diabadikan dalam Al-Quran.