Topik Terkait: Amal Dan Ilmu (halaman 464)

  • Profil Habib Muhammad...
    Tausyiah
    Senin, 18 Januari 2021 - 11:39 WIB
    Salah satu ulama besarnya Al-Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Attas berpulang ke rahmatullah usai meresmikan Masjid Baalawi Simpang Ulim Aceh Timur. Ini profilnya.
  • Hati-hati dengan Lisan,...
    Muslimah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 17:47 WIB
    Menuduh perempuan baik-baik berbuat zina termasuk dosa besar yang membinasakan. Namun perkara ini, sering diremehkan oleh sebagian kaum perempuan zaman sekarang.
  • Zainab binti Jahsy :...
    Muslimah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 19:58 WIB
    Zainab binti Jahsy, merupakan salah satu istri Rasulullah yang dikenal sebagai muslimah yang giat bekerja dan berkarier. Ummul Mukminin ini tetap giat mengumpulkan rezeki karena keinginannya untuk bersedekah.
  • Mengenal Nama-nama Anak...
    Tausyiah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 17:46 WIB
    Iblis adalah makhluk yang ditakdirkan Allah Taala untuk menyesatkan umat manusia. Ada 9 anak-anak Ibliis yang ditugaskan untuk menggoda umat manusia.
  • Rabiul Awal, Yuk Teladani...
    Tausyiah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 20:35 WIB
    Salah satu akhlak dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam yang patut diteladani adalah cara bergaulnya. Berikut sekelumit kisah beliau diceritakan oleh Ustaz Muchlis Al-Mughni dalam tausiyah edisi Cinta Rasul.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Zaid bin Tsabit, Anak...
    Hikmah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 23:05 WIB
    Selain Muadz dan Muawwidz radhiyallahu anhuma --dua anak pemberani yang berhasil melumpuhkan Abu Jahal di Perang Badar--, ada sosok anak lain yang tak kalah hebatnya.
  • Bahaya Nifak, Lubang...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Terkadang pada diri seorang hamba terkumpul kebaikan dan keburukan, perbuatan iman dan perbuatan kufur serta nifak. Karena itu, ia berhak mendapatkan pahala dan siksa.
  • Dalam Perang Sehari...
    Hikmah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:11 WIB
    Pada hari ketiga Perang Kadisiah pasukan gajah Persia kembali diturunkan. Hanya saja, pasukan muslimin berhasil melumpuhkan binatang raksasa ini kendati sempat membuat kacau balau pertahanan muslimin.
  • Mengenal 11 Pendapat...
    Muslimah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:03 WIB
    Masih banyak kaum muslimah yang belum mengetahui tentang pengertian dan makna jilbab atau hijab. Ternyata, ada beberapa pendapat yang mengemuka tentang busana penutu aurat kaum perempuan tersebut. Apa saja pendapatnya?
  • Akhirnya, Nabi Musa...
    Hikmah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 12:50 WIB
    Hingga ketika batu itu sampai di permukaan Bani Israil, mereka melihat Musa yang sehat dan sempurna, tanpa cacat. Luruhlah kebohongan yang dihembuskan oleh orang-orang bodoh.
  • Saat Membaca Al-Quran,...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:28 WIB
    Menangis menjadi salah satu kesunnahan saat membaca Al-Quran, tanda bahwa sang qari tersebut menghayati bacaannya hingga menangis, walaupun hal ini tidak bisa menjadi parameter penuh.
  • Kisah Al-Ala Bin Hadhrami...
    Hikmah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 17:11 WIB
    Ada satu kisah hikmah diceritakan oleh Founder Daarut Tauhiid Aa Gym dalam bukunya Asmaul Husna Jilid 2. Kisah ini bercerita tentang doa Al-Ala bin Al-Hadhrami yang dikabulkan Allah.
  • Tumaninah, Hal Penting...
    Muslimah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 06:46 WIB
    Di antara kesalahan-kesalahan yang sangat besar yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang melakukan salat yaitu mereka tidak tumaninah ketika mengerjakan salat.
  • Teladan Indah Rasulullah...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 09:05 WIB
    Mari belajar dari uswah hasanah kita, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Bagaimana cara Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengoreksi kesalahan sahabatnya. Indah sekali.
  • Perang 24 Jam: Panglima...
    Hikmah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:45 WIB
    Begitu melihat, Hilal segera mengenalnya, ia pun terjun ke sungai mengejar di belakangnya. Orang itu diseretnya ke luar, dihantamnya mukanya dengan pedang dan di tempat itulah Rustum menemui ajalnya.
  • Menurut Taurat Ayyub...
    Hikmah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 12:14 WIB
    Adalah benar ketika Taurat menyebutkan bahwa Ayyub mengerti, bertaubat, dan kembali kepada Allah. Akan tetapi, bahwa Ayyub mengeluh, merasa sempit dan marah, ini tidaklah benar.
  • Itik Panggang Berkaki...
    Hikmah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 08:54 WIB
    Abu Nawas memberi Baginda Raja itik panggang berkaki satu, soalnya salah satu kakinya sudah ia makan duluan. Begitu jawaban Abu Nawas ketika Baginda memprotesnya.
  • Kisah Akhir Tragis Ummu...
    Hikmah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 10:19 WIB
    Tatkala Rasulullah SAW masih menunggu wahyu untuk menjawab pertanyaan kaum kafir Quraisy, Ummu Jamil meledek Nabi. Setanmu telah meninggalkanmu! serunya.
  • Bolehkah Menjatuhkan...
    Tips
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 16:53 WIB
    Islam telah mengajarkan bahwasannya talak atau cerai tidak bisa dilakukan sembarangan atau kapan saja, suka-suka orang yang melakukannya.
  • Kepribadian Wanita yang...
    Muslimah
    Minggu, 30 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Tipe dan kepribadian wanita sangat beragam, ibarat pakaian, banyak jenis dan coraknya. Begitupun kepribadian wanita, ada banyak jenis dan tipenya.