Topik Terkait: Amal Dan Ilmu (halaman 484)

  • Dompet Dhuafa Distribusikan...
    Dunia Islam
    Selasa, 19 April 2022 - 12:52 WIB
    Dompet Dhuafa mulai mendistribusikan zakat fitrah di pertengahan Ramadhan ini. Lokasi pertama yang dituju adalah masyarakat pesisir di Kampung Kronjo Pamong, Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten
  • Pembayaran Zakat Fitrah...
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 19:43 WIB
    Zakat fitrah memiliki dimensi sosial yang sangat kuat. Mengandung banyak hikmah dari segi waktu pelaksanaannya, materi zakatnya, orang yang terkena kewajiban, dan mereka yang berhak menerima..
  • Sejarah Tarawih: Abu...
    Dunia Islam
    Kamis, 07 April 2022 - 19:12 WIB
    Pada masa Khalifah Abu Bakar, anak-anak yang hafal al-Quran dijadikan imam pada sholat tarawih. Sedangkan pada saat Ali bin Abu Thalib, dilakukan audisi bagi para Qurra .
  • Kisah Seorang Bani Israil...
    Hikmah
    Sabtu, 09 April 2022 - 22:53 WIB
    Kisah seorang Bani Israel yang beriman dan mengakui kebenaran Al-Quran dapat kita jadikan pelajaran berharga. Berikut kisahnya diceritakan dalam Al-Quran.
  • Kisah Penemuan Struktur...
    Dunia Islam
    Minggu, 10 April 2022 - 14:10 WIB
    Pembangunan Masjid At Thohiriyah di Bungkuk, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang pada rekonstruksi ketiga menemukan sejumlah struktur bangunan batu bata yang diduga peninggalan Kerajaan Singasari.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Tugu Santri Masjid Agung...
    Dunia Islam
    Minggu, 10 April 2022 - 19:38 WIB
    Monumen Tugu Santri yang tegak berdiri di halaman masjid langsung menyambut para jamaah atau pun pengunjung yang datang ke Masjid Agung Karawang.
  • 11 Ramadhan Mengenang...
    Hikmah
    Kamis, 14 April 2022 - 19:48 WIB
    11 Ramadhan Tahun ke-10 kenabian adalah hari yang tidak dilupakan Baginda Nabi. Istri tercinta, Sayyidah Khadijah Binti Khuwailid wafat dalam usia 65 tahun.
  • Berburu Lailatul Qadar,...
    Tausyiah
    Kamis, 14 April 2022 - 13:36 WIB
    Lailatul qadar adalah bonus kepada umat Nabi Muhammad yang usianya pendek dibandingkan dengan usia umat terdahulu. Karena bonus, maka tiap muslim yang baik akan mendapatkan malam istimewa ini.
  • Kisah Amir bin Syurahabil...
    Hikmah
    Senin, 18 April 2022 - 14:26 WIB
    Kaisar Romawi mengirim surat setelah bertemu dengan utusan Khalifah, Asy-Syabi. Kaisar memuji Asy-Syabi untuk memancing kecemburuan Khalifah Abdul Malik bin Marwan.
  • Baper kepada Allah SWT
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 14:30 WIB
    Sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, Umar bin Khattab radhiyallahuanhu pernah menangis dengan keras saat membaca surat At-Thur ayat ke tujuh. Karena terlalu kerasnya tangisan tersebut, beliau pun sakit
  • Cinta Quran Foundation...
    Dunia Islam
    Senin, 18 April 2022 - 18:05 WIB
    Cinta Quran Foundation menyelenggarakan event spektakuler bertajuk Quranization: Bergerak Hapus Buta Aksara Quran, bertepatan dengan momen Ramadan 1443 H pada 17 April 2022.
  • Mengenal Waktu Tahrim,...
    Tips
    Senin, 09 Mei 2022 - 14:41 WIB
    Islam telah menetapkan waktu-waktu terlarang mendirikan shalat, yakni waktu tahrim. Waktu tersebut penting diketahui, agar setiap muslim tidak keliru dan salah menerapkannya. Kenapa demikian?
  • Kisah Curhat Pemuda...
    Hikmah
    Selasa, 10 Mei 2022 - 15:10 WIB
    Kisah pemuda yang curhat kepada Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam tentang keinginannya akan seorang wanita ini, bisa menjadi solusi terbaik, agar pemuda pemudi saat ini tidak terjebak pada arus zaman yang penuh denngan kemaksiatan.
  • 7 Ciri Orang Munafik...
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Mei 2022 - 14:30 WIB
    Munafik adalah sifat yang sangat dibenci dalam agama Islam. Allah dan Rasul-Nya mengingatkan agar kaum muslim menjauhi perkara ini karena sangat berbahaya.
  • Amalan Sederhana yang...
    Tausyiah
    Minggu, 15 Mei 2022 - 09:45 WIB
    Setiap orang pasti berharap menjadi ahli surga. Ada beberapa amalan sederhana yang menjadi sebab seseorang dimasukkan ke dalam surga.
  • Doa Terhindar dari Marabahaya...
    Tips
    Senin, 16 Mei 2022 - 14:23 WIB
    Menghadapi beragam musibah, Allah Subhanahu wa taala menyeru kepada hamba-hamba-Nya agar senantiasa berdoa untuk memohon perlindungan kepada-Nya
  • Kisah Zainab binti Khuzaimah,...
    Hikmah
    Senin, 16 Mei 2022 - 21:06 WIB
    Rasulullah luluh karena kebaikan hati dan lemah lembut Zainab terhadap orang miskin. Rasulullah selalu mendahulukan kepentingan kaum Muslimin, termasuk kepentingan Sayyidah Zainab.
  • Ini Alasan Menikah di...
    Tausyiah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 21:57 WIB
    Banyak di antara umat muslim memilih melangsungkan pernikahan di bulan Syawal. Apa sebenarnya alasan menikah di bulan Syawal disunnahkan?
  • Kisah Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 18:11 WIB
    Umar berkata: Sungguh, Rasulullah pasti akan kembali seperti Musa juga. Orang yang menduga bahwa dia telah meninggal, tangan dan kakinya harus dipotong!
  • Ummu Waraqah, Perempuan...
    Hikmah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 18:21 WIB
    Sudah menjadi syariat, sholat berjamaah bagi laki-laki dan perempuan diimami oleh seorang laki-laki. Namun, ada satu riwayat bahwa perempuan pernah menjadi imam sholat bagi laki-laki.