Topik Terkait: Amalan Hati (halaman 32)

  • Tata Cara Salat Istisqa...
    Tausyiah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 12:10 WIB
    Tata cara salat Istisqo ini penting diketahui umat muslim, terutama di kala sudah memasuki musim kemarau. Salat Istisqo sendiri merupakan salat yang disyariatkan karena hujan tidak turun-turun serta dilanda kekeringan.
  • Inilah Ciri-ciri Hati...
    Tips
    Kamis, 25 November 2021 - 17:46 WIB
    Hati manusia dikenal dengan istilah qalbun salim, seseorang tidak akan selamat di hari kiamat jika tidak memiliki hati ini kecuali dengan izin Allah
  • Jangan Lewatkan Bahaya...
    Dunia Islam
    Sabtu, 22 Juni 2024 - 11:58 WIB
    Program Cahaya Hati hadir kembali menemani akhir pekan Anda dengan berbagai inspirasi dan pencerahan melalui kisah-kisah yang menggugah hati dan pikiran.
  • Menjadi Istri Penyayang...
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 18:47 WIB
    Dalam kehidupan berumah tangga selalu ada suka dan dukanya. Bahkan tak jarang kesalahan kecil bisa memicu perdebatan antar suami istri. Demi mencegah ketidakharmonisan suami-istri, Islam menganjurkan untuk memilih pasangan yang baik dan lemah lembut akhlaknya.
  • Terapi Hati Kala Dilanda...
    Muslimah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Hati dan pikiran yang gelisah tidak boleh terlalu lama dibiarkan karena dapat mengikis keimanan. Karena, hawa nafsu tak kalah sengit menggoda hati untuk condong pada kenikmatan sementara yang justru bisa membinasakannya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Tabayyun untuk Menangkal...
    Tausyiah
    Minggu, 19 November 2023 - 12:30 WIB
    Saking pentingnya Tabayyun ini, Allah menurunkan satu ayat yang memerintahkan kaum mukmin untuk meneliti berita yang diterima dari orang lain, yaitu Surat Al-Hujurat Ayat 6.
  • Khutbah Jumat Syawal:...
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Mei 2022 - 15:48 WIB
    Hari ini kita memasuki 12 Syawal 1443 Hijriyah bertepatan Jumat (13/5/2022). Berikut khutbah Jumat yang dapat menyemangati kita untuk terus beramal saleh.
  • Bolehkah Menggabungkan...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 17:43 WIB
    Puasa qadha Ramadhan tergolong puasa wajib yang wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dengan niat Saya niat berpuasa qadha Ramadhan fardlu karena Allah.
  • Inilah Keutamaan dari...
    Muslimah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 17:49 WIB
    Muslimah, tawadhu atau sifat rendah hati merupakan sebuah akhlak dalam Islam yang tergolong ke dalam akhlak terpuji. Tawadhu dalam Islam berarti seseorang menempatkan dirinya lebih rendah di hadapan Allah dan hamba-Nya.
  • Habib Ahmad: Jangan...
    Tausyiah
    Senin, 12 Juli 2021 - 07:15 WIB
    Pengasuh Ponpes Al-Hawthoh Al-Jindaniyah Habib Ahmad bin Novel bin Salim Jindan berpesan agar jangan pernah menganggap diri kita lebih baik dari orang lain.
  • Hati-hati, Muslimah...
    Muslimah
    Senin, 21 Juni 2021 - 17:20 WIB
    Di era media sosial (medsos) saat ini, ada beberapa perbuatan yang dilarang syariat justru banyak disepelekan kalangan milenial. Salah satunya, kaum perempuan milenial yang tidak menjaga izzah dan iffah-nya.
  • Adab yang Sering Dilupakan...
    Tausyiah
    Kamis, 11 November 2021 - 19:57 WIB
    Adab seorang hamba setiap kali selesai menunaikan ibadah perlu diketahui agar amalan kita bernilai di sisi Allah. Berikut adab yang harus kita tanamkan setiap selesai ibadah.
  • Keutamaan dan Dahsyatnya...
    Muslimah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:10 WIB
    Hari Tasyrik (11,12 dan 13 Dzulhijjah), selain hari makan dan minum juga disebut sebagai hari berzikir. Allah Subhanahu wa Taala memerintahkan segenap muslim untuk memperbanyak zikir dan salat, baik yang wajib maupun sunah.
  • 9 Perkara yang Harus...
    Muslimah
    Kamis, 14 April 2022 - 10:24 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, selain menunaikan kewajiban, kita juga berharap pahala dari Allah subhanahu wa taala. Namun, jika puasa tidak bernilai pahala, tentu akan sangat melelahkan, bahkan hanya mendapat lapar dan dahaga
  • Jumat Mubarak, Ini Bacaan...
    Tausyiah
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 20:39 WIB
    Dari banyak sighot sholawat, ada satu bacaan sholawat yang memiliki asror (rahasia) luar biasa. Sholawat ini memiliki faedah (manfaat) dapat meluaskan rezeki dan menolak bala.
  • Inilah Mengapa Rasulullah...
    Tausyiah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 16:09 WIB
    Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan Siti Aisyah sering berpuasa di bulan Syaban, hal ini karena perintah puasa Ramadhan turun pada bulan Syaban.
  • Cara Memperbaiki dan...
    Tausyiah
    Senin, 12 September 2022 - 17:20 WIB
    Niat sangat penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karena itu, setiap muslim dan muslimah harus senantiasa memperbaiki niat dalam ibadahnya, yaitu ikhlas untuk Allah semata.
  • Lafaz Niat Salat Dhuha...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Salat Dhuha merupakan amalan sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Berikut lafaz niat dan doanya.
  • Doa Hari Asyura, Lengkap...
    Tips
    Senin, 01 Agustus 2022 - 13:13 WIB
    Doa hari Asyura sangat dianjurkan untuk diamalkan ketika kita melaksanakan puasa Asyura yang jatuh pada hari ke 10 Muharram di bulan hijriyah ini
  • Tadabur Ar-Rahmaan Ayat...
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Agustus 2021 - 21:39 WIB
    Berikut lanjutan tadabur Surah Ar-Rahman yang patut direnungi dan diambil pelajaran. Sebagaimana diketahui, Surat Ar-Rahman adalah pengantinnya Al-Quran.