Topik Terkait: Amalan Setara Pahala Haji Dan Umrah (halaman 215)

  • Cerita Hasan Tata Abas,...
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Juni 2023 - 07:56 WIB
    Tak banyak orang yang mengenal Hasan Tata Abas. Sebab Hasan memang jarang bersentuhan dengan khalayak dan lebih banyak menghabiskan waktunya di Maarots Kadimiyah Masjid Nabawi.
  • Keutamaan Luar Biasa...
    Hikmah
    Jum'at, 03 November 2023 - 10:24 WIB
    Menjaga pandangan mata diperintahkan Allah Subhanhau wa taala kepada para hamba-hambaNya. Menjaga pandangan dalam hal ini dimaksudkan untuk menjaga mata dalam memandang sesuatu yang dilarang oleh Allah Taala.
  • Makna Surat Yasin Ayat...
    Tausyiah
    Senin, 15 Juli 2024 - 19:05 WIB
    Berikut ini makna Surat Yasin ayat 1-10. Surat Yaasiin sendiri terdiri atas 83 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Jin. Dinamai Yaasiin karena dimulai dengan huruf Yaasiin.
  • Ini Alasan Mengapa Israel...
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 16:06 WIB
    Israel dan Palestina hari ini adalah cerita lama, dendam lama, kebencian lama, perang panjang yang nampaknya sulit untuk didamaikan. Apa yang menyebabkan kedua bangsa ini sulit berdamai?
  • Kisah KH Hasyim Asyari...
    Hikmah
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 15:04 WIB
    Kisah KH Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dahlan layak untuk diketahui umat muslim di Tanah Air. Kisah dua tokoh ulama ini sangat menginspirasi dan patut diambil iktibar (pelajaran).
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Waktu-waktu Bersalawat...
    Tausiyah
    Jum'at, 14 Februari 2020 - 14:13 WIB
    Salawat adalah amalan mulia yang bisa mengantarkan seseorang masuk surga dan bertemu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Kisah Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 03:05 WIB
    Kisah Rasulullah SAW dan sahabat kesiangan sehingga melewatkan waktu Subuh menarik untuk dikaji. Kisah ini menjadi jawaban syariat bagi yang tidak sholat karena tertidur.
  • Selamat Datang Zulkaidah,...
    Tausyiah
    Senin, 22 Mei 2023 - 06:30 WIB
    Zulkaidah adalah bulan ke-11 dalam kalender Hijriyah. Bulan ini merupakan permulaan dari empat bulan haram yang diagungkan Allah. Berikut keutamaan dan amalan yang dianjurkan.
  • Kisah Nabi Yosua Dituduh...
    Hikmah
    Rabu, 07 September 2022 - 14:13 WIB
    Bani Israil begitu mudah menuduh orang membunuh. Tatkala Nabi Harun wafat, Nabi Musa dituduh membunuh saudaranya itu. Begitu juga ketika Nabi Musa wafat, mereka menuduh Nabi Yosua yang membunuh.
  • Majusi, Agama Tauhid...
    Dunia Islam
    Rabu, 28 September 2022 - 19:10 WIB
    Ada yang berpendapat kaum Majusi termasuk Ahli Kitab, selain Yahudi dan Nasrani. Pada awalnya, Majusi adalah agama tauhid. Namun, dalam perkembangannya agama itu diselewengkan. Mereka menyembah api.
  • 10 Nama Kota yang Tercantum...
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Juli 2024 - 12:51 WIB
    Ada beberapa nama kota yang diabadikan dalam Al-Quran. Kota-kota mana saja dan bagaimana kondisinya kini? Begini penjelasannya dari Al Quran.
  • 8 Manfaat Membaca Ayat...
    Tips
    Minggu, 12 November 2023 - 15:51 WIB
    Ada banyak manfaat dari membaca Ayat Kursi setelah selesai salat wajib atau salat fardhu. Di antara dalilnya, yaitu hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu.
  • 11 Contoh Hukum Bacaan...
    Tips
    Selasa, 23 April 2024 - 18:43 WIB
    Contoh hukum bacaan Ikhfa Haqiqi penting dipelajari umat Muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga untuk meminimalisir kesalahan membaca Al Quran yang tidak sesuai kaidah ilmu tajwid.
  • Begini Cara Rasulullah...
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 20:50 WIB
    Dalam Kitab Asy-Syamail Imam At-Tirmidzi diceritakan bagaimana cara berbicara dan tertawa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Berikut ulasannya.
  • Doa agar Dihilangkan...
    Tips
    Kamis, 01 Juni 2023 - 13:30 WIB
    Doa untuk menghilangkan sifat hasad atau dengki di hati ini, sangat baik diamalkan. Agar kita selalu dilindungi dari perbuatan-perbuatan dosa yang dapat mengundang murkanya allah subhanahu wa ta ala.
  • Habib Idrus Ijazahkan...
    Tips
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Pimpinan Majelis Rasulullah Jawa Timur Al-Habib Idrus Bin Muhammad Alaydrus dalam satu ceramahnya mengijazahkan satu Sholawat yang diyakini sebagai penawar dari segala penyakit.
  • Sunah-sunah Istri kepada...
    Muslimah
    Minggu, 12 November 2023 - 05:15 WIB
    Sunah seorang istri kepada suami sangat ditekankan dalam Islam. Karena hal itu menjadi salah satu sumber kebahagian dalam rumah tangga. Apa saja amalan sunah Istri ini?
  • Kisah Nabi Isa dari...
    Hikmah
    Sabtu, 02 September 2023 - 17:07 WIB
    Nabi Isa AS menjadi salah satu dari 25 Nabi yang wajib diimani oleh setiap Muslim. Salah satu bentuk mengimaninya adalah mengetahui kisah dan mukjizat apa yang dimiliki.
  • Kisah Perempuan yang...
    Hikmah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 21:27 WIB
    Dalam Kitab Syarah &lsquoUqudullijain karya Syekh Muhammad bin Umar An-Nawawi diceritakan banyak kisah-kisah para Nabi, aulia dan perempuan salehah.
  • Epos Jazirah Arab: Kisah...
    Dunia Islam
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 14:25 WIB
    Gaya khas kisah cinta yang muncul di Arab abad keenam adalah gaya Jamil Al-Udhri (w. 701 M), yang kemudian menyebar ke seluruh Timur Tengah dan Asia Tengah seiring dengan kebangkitan Islam.