Topik Terkait: Aurat Menurut 4 Mazhab (halaman 8)

  • Berkurban dengan Hewan...
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 22:57 WIB
    Pertanyaan ini selalu muncul jelang Hari Raya kurban Idul Adha. Apakah boleh berkurban dengan hewan (sapi dan kambing) berjenis kelamin betina? Berikut penjelasannya.
  • Ayat-ayat Al-Quran dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Januari 2021 - 14:51 WIB
    Rasulullah menasihati Ummu Al-Ala menjelaskan bahwa orang mukmin itu diuji Rabb-nya agar Dia bisa menghapus kesalahan dan dosa-dosanya. Allah menyebut kata sabar dalam Al-Quran sebanyak 70 kali.
  • Khusus Laki-laki, Begini...
    Tips
    Selasa, 14 Februari 2023 - 21:36 WIB
    Cara memilih pasangan hidup perlu dicermati kaum muslim agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Terlebih bagi laki-laki yang sedang mencari calon istri.
  • Apa Saja Batasan Aurat...
    Muslimah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 09:18 WIB
    Pakaian perempuan muslimah wajib menutup auratnya. Lalu bagaimana dengan pelaksanaan ibadah salat kaum Hawa ini? Apa batasan aurat perempuan dalam melaksanakan salat tersebut?
  • Tadabbur Surat An-Nur...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 11:58 WIB
    Berikut ayat yang mewajibkan kaum perempuan untuk menjaga pandangan dan memelihara kemaluan. Ayat ini sekaligus perintah untuk menutup aurat dengan sempurna.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Wajibnya Menutup Aurat...
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 09:14 WIB
    Dalam salah satu adab buang hajat, menutup aurat adalah adab yang diwajibkan. Di mana beberapa adab lainnya hanya sampai batas sunah atau makruh, tetapi dalam persoalan buang hajat ini syariat mewajibkannya.
  • Hijab Dikenal di Masa...
    Muslimah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 20:23 WIB
    Sebagai bentuk penghormatan terhadap berbagai larangan Allah, penjaga terhadap keturunan, penyucian nasab, dan perlindungan masyarakat dari kehinaan dan kerusakaan, itulah yang mendasari persyariatan hijab bagi perempuan.
  • Mengenal Lebih Dekat...
    Hikmah
    Sabtu, 23 November 2019 - 05:30 WIB
    Jika ingin tau seberapa hebat dan dalamnya ilmu suatu mazhab maka pelajarilah ilmu tentang mazhab tersebut. Berikut ulasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) tentang Mazhab Syafii.
  • Mengenal Mazhab Zhahiri,...
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 22:40 WIB
    Empat mazhab populer Hanafi, Maliki, Syafii dan Hanbali telah sepakat hewan kurban adalah unta, sapi, kambing. Namun, bagi Mazhab Zhahiri, ayam boleh dijadikan sebagai kurban.
  • Asal Usul Peci Menurut...
    Hikmah
    Sabtu, 30 November 2019 - 05:30 WIB
    Kalangan muslim di Indonesia pasti sudah tak asing dengan namanya peci. Berikut ini salah satu dari banyak kisah tentang asal-usul peci yang disampaikan Ustaz Salim A Fillah.
  • Pakaian dalam Al-Quran:...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juni 2024 - 14:25 WIB
    Ar-Raghib Al-Isfahani --seorang pakar bahasa Al-Quran menyatakan bahwa pakaian dinamai tsiyab atau tsaub, karena ide dasar adanya bahan-bahan pakaian adalah agar dipakai.
  • Amalkan 4 Perkara Ini,...
    Tips
    Senin, 13 Desember 2021 - 08:20 WIB
    Ketika ada orang yang bertanya kepada kita, bagaimana jalan untuk menggapai surga, tentu kita akan menjawabnya sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Makanan Sehat = Halal...
    Tips
    Selasa, 10 September 2024 - 10:31 WIB
    Makanan sehat dan seimbang sesuai petunjuk Al-Quran adalah makanan yang halal dan toyyib. Lantas bagaimana ciri-ciri makanan dan minuman tersebut?
  • Apakah Kaki Wanita Termasuk...
    Muslimah
    Jum'at, 05 Juli 2024 - 12:28 WIB
    Apakah kaki wanita termasuk aurat? Pertanyaan ini menjadi penting mengingat masih banyak kalangan muslimah yang menampakkan kaki terutama bagian jari-jari kakinya.
  • Bolehkah Menjulurkan...
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 10:00 WIB
    Dalam kaidah syariat, menjulurkan celana atau sarung melebihi mata kaki disebut Isbal. Bagaimana hukum menjulurkan pakaian di bawah mata kaki ketika salat?
  • Bolehkah Memilih Wanita...
    Muslimah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 17:30 WIB
    Ketika memilih perempuan untuk dinikahi, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebut ada empat hal syarat yang dapat mewujudkannya.
  • Batalkah Wudhu Jika...
    Tausiyah
    Jum'at, 10 Januari 2020 - 15:19 WIB
    Bagaimana sebenarnya hukum wudhu jika bersentuhan dengan kulit? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI).
  • Ingin Segera Dapat Jodoh?...
    Tips
    Senin, 08 November 2021 - 18:32 WIB
    Dalam Islam ada beberapa kriteria ketika akan memilih jodoh yang kita idamkan. Kriteria utama tentu saja harus taat kepada Allah Taala dan Rasul-nya
  • Kirim Al Fatihah untuk...
    Muslimah
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 13:05 WIB
    Kirim Al Fatihah untuk orang meninggal, menjadi kebiasaan yang umum dilakukan masyarakat saat ini. Ketika mendengar kabar kematian, banyak pesan baik yang disampaikan dengan ucapan duka cita dan kiriman doa Al-Fatihah tersebut.
  • 10 Syarat Ijtihad Menurut...
    Tausyiah
    Rabu, 16 November 2022 - 09:09 WIB
    Tidak sembarang orang bisa melakukan ijtihad. Prof Kiai Haji Ibrahim Hosen menyebut setidaknya ada 10 syarat seseorang bisa menjadi mujtahid (orang melakukan ijtihad).