Topik Terkait: Cucu Rasulullah SAW (halaman 2)

  • Kisah Rasulullah Marah Saat Orang Yahudi Menanyakan Hal Ini
    Hikmah
    Minggu, 30 Januari 2022 - 18:20 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah pribadi dengan kesabaran luar biasa. Ada satu peristiwa yang membuat Nabi marah, namun Allah menenangkannya dengan menurunkan wahyu.
  • Akhlak Rasulullah SAW adalah Al Quran, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 09:21 WIB
    Ada ungkapan populer yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah Al-Quran yang berjalan. Begini penjelasannya.
  • Masjid Masa Rasulullah SAW, Berlantai Tanah Beratap Pelepah Kurma
    Tausyiah
    Minggu, 16 April 2023 - 07:02 WIB
    Ketika Rasulullah SAW berhijrah ke Madinah, langkah pertama yang beliau lakukan adalah membangun masjid kecil yang berlantaikan tanah, dan beratapkan pelepah kurma.
  • 5 Olahraga yang Pernah Dilakukan Rasulullah SAW
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Olahraga dalam Islam adalah sesuatu yang halal dan dibolehkan selama tidak disertai perkara-perkara terlarang. Berikut lima olahraga yang pernah dilakukan Rasulullah SAW.
  • Kisah Salat Tarawih yang Dipraktikkan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 19:03 WIB
    Rasulullah SAW lebih banyak melakukan salat malam pada bulan suci Ramadan di rumah saja. Para sahabat mencatat, beliau hanya tiga malam saja di Masjid Madinah.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Ketika Rasulullah SAW Menyaksikan Perdebatan Para Malaikat
    Tausyiah
    Senin, 21 Februari 2022 - 18:28 WIB
    Para malaikat itu saling berdebat tentang wahyu Allah yang belum mereka ketahui. Allah Taala sempat menunjukkan kepada Nabi SAW bagaimana malaikat itu berdebat.
  • Ramadhan yang Mengharukan Bagi Keluarga Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 18 April 2022 - 03:01 WIB
    Sayyidina Hasan radhiyallahu anhu punya kebiasaan mulia setiap bulan Ramadhan. Hampir setiap hari beliau menghidangkan makanan bagi orang miskin untuk berbuka.
  • Kisah Rasulullah SAW Menegur Orang yang Tertawa Terbahak-bahak
    Hikmah
    Sabtu, 05 September 2020 - 17:42 WIB
    Ulama besar ahli fiqih dan pakar hadis kelahiran Uzbekistan, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW menegur orang yang tertawa terbahak-bahak.
  • Inilah Makanan yang Disukai Rasulullah SAW (1)
    Hikmah
    Jum'at, 14 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) tak hanya teladan dalam beribadah kepada Allah Taala, Beliau juga sosok yang patut diteladani dalam urusan makan.
  • Haji Wada (3-Selesai): Pidato Rasulullah SAW yang Bersejarah
    Hikmah
    Senin, 07 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Dengan selesainya ibadah haji ini, ada orang yang menamakannya Ibadah haji perpisahan yang lain menyebutkan ibadah haji penyampaian ada lagi yang mengatakan ibadah haji Islam.
  • Kisah Lengkap Isra Miraj: Perjalanan Rasulullah SAW Menuju Sidratul Muntaha
    Hikmah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 17:51 WIB
    Kisah Isra Miraj merupakan peristiwa agung yang dijalani Nabi Muhammad SAW pada malam nan mulia 27 Rajab, yang bertepatan malam ini (17/2/2023). Berikut rangkaian perjalanannya.
  • Kisah Hikmah : Hadiah Terindah Rasulullah SAW untuk Putri Tercinta Fatimah Az-Zahra
    Muslimah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 12:52 WIB
    Dalam kitab Fadhail Amal karya Maulana Muhammad Zakariya al Kandhalawi, ada kisah yang sangat penuh dengan hikmah pembelajaran tentang hidup, yakni kisah Tentang Tasbih Fatimah.
  • Sa’ad bin Muadz (2): Begini Sikapnya Ketika Tidak Menyetujui Keputusan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 06 September 2021 - 12:02 WIB
    Terhadap pendapat Rasulullah yang menurutnya kurang pas, Saad bin Muadz ra bertanya: Ya, Rasulullah ini pendapat Anda pribadi apa titah dari Allah SWT?
  • Puasa Ramadan Zaman Rasulullah SAW Lebih Sering 29 Hari
    Hikmah
    Sabtu, 08 April 2023 - 10:23 WIB
    Menurut catatan, yang selama ini diyakini angka 30 hari berpuasa ini dialami Rasulullah hanya sekali sepanjang hidupnya. Sedangkan sisanya adalah 29 hari.
  • Rasulullah SAW Terharu Mendengar Cerita Sang Ayah yang Mencuri Uang Anaknya Sendiri
    Hikmah
    Jum'at, 17 September 2021 - 17:35 WIB
    Begitu mendengar cerita sang ayah yang mencuri uang anaknya, airmata Nabi SAW jatuh berlinang seperti untaian mutiara menimpa janggutnya yang suci,
  • Pendapat Gus Baha Tentang Sholat Terlalu Lama yang Ditegur Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 21:17 WIB
    Dikisahkan Rasulullah SAW pernah menegur sahabat karena mengimami sholat terlalu lama. Berikut pandangan ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha terkait kisah tersebut.
  • Baca Shalawat Ini Rezeki Mengucur Deras dan Dicintai Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Rabu, 02 September 2020 - 16:44 WIB
    Setiap mukmin pasti mendambakan kecintaan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW) dan dilancarkan dalam urusan rezeki. Berikut amalan shalawat yang mendatangkan rezeki.
  • Mimpi Rasulullah SAW Diperlihatkan Lailatul Qadar
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:05 WIB
    Dalam Hadis Sahih Muslim bab Kitab Puasa disebutkan tentang keutamaan Lailatul Qadar. Salah satunya mimpi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam diperlihatkan Lailatul Qadar.
  • Sejarah Perang dalam Islam dan Turunnya Perintah Jihad kepada Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Perang dalam Islam bukanlah hal yang diada-adakan oleh Rasulullah SAW melainkan ada sebab musababnya. Berikut sejarah perang dalam Islam dan turunnya perintah jihad.
  • Kisah Rasulullah SAW Pimpin 1.600 Orang Pasukan Serang Yahudi Khaibar
    Hikmah
    Senin, 25 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Sebanyak 1600 orang dengan 100 kavaleri, kaum muslimin berangkat menuju Khaibar untuk memerangi kaum Yahudi yang sebelumnya berencana menyerang Madinah.