Topik Terkait: Dampak Negatif Dunia Maya (halaman 338)

  • Pandangan Kaum Sunni...
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 14:15 WIB
    Paham Sunni ditandai semangat umum moderasi dan akomodasi. Salah satu wujud semangat itu tampak dalam paham Sunni menghadapi masalah tawil sebagai metodologi penafsiran al-Quran.
  • Nuzulul Quran, Mengapa...
    Hikmah
    Kamis, 30 Maret 2023 - 13:00 WIB
    Ada satu malam di bulan Ramadan yang menjadi saksi sebuah peristiwa penting bagi Umat Islam, yakni turunnya Al-Quran untuk pertama kalinya. Peristiwa ini disebut Nuzulul Quran, atau peristiwa diturunkkan Al-Quran.
  • Jadwal Imsakiyah Banda...
    Tips
    Kamis, 30 Maret 2023 - 22:48 WIB
    Berikut Jadwal imsakiyah dan sholat untuk Kota Banda Aceh dan sekitarnya pada Jumat, 31 Maret 2023 bertepatan 9 Ramadhan 1444 Hijriyah.
  • Ramadan sebagai Bulan...
    Dunia Islam
    Kamis, 30 Maret 2023 - 23:07 WIB
    Ramadan berasal dari kata Arab, Ramidah atau Ar-Ramad yang berarti panas terik dan kekeringan. Pepatah terkenal juga mengungkapkan arti Ramadan yaitu Kal Mustajeer Minar Ramadhaa Binnar.
  • Mengapa Dianjurkan Berbuka...
    Tips
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 12:51 WIB
    Ketika berbuka puasa, umat muslim dianjurkan untuk menyegerakan berbuka dengan makanan yang manis. Benarkah berbuka harus dengan yang manis? Bagaimana penjelasannya?
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Masjid Arrahman Blitar...
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:20 WIB
    Masjid Arrahman yang berada di sisi utara jalan Ciliwung, Kepanjen Kidul Kota Blitar, Jawa Timur banyak disebut sebagai miniatur Masjid Nabawi Madinah.
  • Puasa Batal, Wajib Qadha...
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:47 WIB
    Mazhab Hanafi membuat 22 hal pembatalan puasa yang wajib membayar qadha sekaligus kafarat bagi seorang muslim yang mukallaf atau orang yang sudah punya hak dan kewajiban dalam konstitusi hukum.
  • Perkembangan Tafsir...
    Tausyiah
    Minggu, 02 April 2023 - 12:12 WIB
    Sebagian ulama menolak penafsiran yang menggambarkan pendapat-pendapat penulisnya, atau menyatukan pendapat-pendapat tersebut dengan hadis-hadis atau pendapat-pendapat para sahabat yang dianggap benar.
  • Ingin Puasanya Selamat?...
    Tausyiah
    Senin, 03 April 2023 - 03:05 WIB
    Betapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus saja. Pahala puasanya hangus dan berakhir sia-sia. Ini salah satu penyebabnya.
  • Mengapa Ada Sebutan...
    Tausyiah
    Selasa, 04 April 2023 - 09:16 WIB
    Pada bulan Ramadan, ada satu malam yang disebut malam Lailatulqadar. Mengapa disebut demikian dan apa saja alasannya?
  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin...
    Hikmah
    Rabu, 05 April 2023 - 17:29 WIB
    Jika kita melihat beberapa cerita klasik Nashruddin dengan cara seutuh mungkin, kita segera menemukan bahwa keseluruhan pendekatan skolastik merupakan cara terakhir yang diperbolehkan oleh Sufi.
  • 5 Resep Meraih Lailatulqadar,...
    Tips
    Kamis, 06 April 2023 - 05:15 WIB
    Rasulullah SAW telah memberi kisi-kisi bahwa malam Lailatulqadar akan turun 10 hari terakhir pada tiap Ramadan. Malam ini adalah malam yang dinanti umat Islam.
  • Mengajarkan dan Mengajak...
    Muslimah
    Kamis, 06 April 2023 - 10:27 WIB
    Istimewa malam Lailatulqadar, bagi setiap orang tua hendaknya tidak melupakan untuk mengajak dan mengajaarkan anak-anaknya menghidupkan Lailatulqadar dengan beribadah, taqarrub ilallah
  • Kisah Kedermawanan Rasulullah...
    Hikmah
    Jum'at, 07 April 2023 - 10:20 WIB
    Rasulullah lebih giat lagi dalam bersedekah di bulan Ramadan. Ini karena pahala sedekah di bulan Ramadan dilipatgandakan. Kedua, membantu orang-orang yang berpuasa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.
  • Benarkah Olahraga Berenang...
    Muslimah
    Minggu, 09 April 2023 - 06:07 WIB
    Menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa sangat dianjurkan dengan tetap rajin berolahraga, salah satu olahraga yang favorit dilakukan adalah berenang. Namun, apakah aktivitas berenang membatalkan puasa?
  • Mencari Malam Lailatulqadar...
    Hikmah
    Senin, 10 April 2023 - 08:11 WIB
    Tidak terasa bulan Ramadan akan memasuki 10 malam terakhir. Di 10 malam terakhir ini, kaum muslim dianjurkan meningkatkan amal ibadahnya.
  • Lebih Rinci Mengenai...
    Tips
    Senin, 10 April 2023 - 17:53 WIB
    Di antara nikmat yang diberikan Sang Pencipta kepada umat ini adalah malam yang disifati sebagai malam penuh berkah karena banyaknya keberkahan, kebaikan dan keutamaan. Ia adalah malam Lailatulqadar
  • Ibu Hamil Harus Tahu!...
    Tips
    Selasa, 11 April 2023 - 16:01 WIB
    Ustadz Abdul Somad atau yang kerap dipanggil UAS membagikan doa atau amalan-amalan yang dibacakan untuk ibu hamil agar terhindar dari gangguan jin dan setan.
  • Doa dan Zikir Setelah...
    Tips
    Selasa, 11 April 2023 - 15:50 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Maghrib ini dicontohkan Rasulullah SAW. Doa dan zikir ini penting diketahui umat Islam, karena doanya ringkas tetapi fadhilahnya dapat menambah ketaatan.
  • Seputar Iktikaf Menurut...
    Tips
    Rabu, 12 April 2023 - 05:15 WIB
    Apakah itikaf pada bulan Ramadan termasuk sunnah muakkad dan apa syaratnya pada selain Ramadan? Lalu, bolehkah menerima telepon saat itikaf? Berikut ini penjelasan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin.