Topik Terkait: Datang Bulan (halaman 15)

  • Ittiba, Tanda Cinta...
    Tausyiah
    Jum'at, 20 September 2024 - 13:43 WIB
    Cinta kepada Rasulullah SAW merupakan kewajiban setiap umat Islam. Hal ini merupakan bagian dari keimanan seseorang, dengan pengakuan atas risalahnya.
  • Pesan Habib Umar Bin...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 10:55 WIB
    Hari ini kita memasuki hari ketujuh bulan Rajab bertepatan Jumat 19 Februari 2021. Ulama besar Hadhramaut Yaman Al-Habib Umar Bin Hafizh memberi nasihat indah terkait Rajab.
  • Kapan Awal Puasa Ramadhan?...
    Hikmah
    Rabu, 09 Mei 2018 - 16:08 WIB
    Fenomena yang sudah tidak asing dan mungkin bisa dikatakan &lsquomembosankan&rsquo bagi umat Islam di Indonesia, biasa terjadi dalam penetapan tanggal 1 Ramadan dan 1 Syawal.
  • Inilah Amalan di 10...
    Tips
    Minggu, 02 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Amalan-amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah penting diketahui umat Islam agar tidak terlewat begitu saja karena memiliki banyak keutamaan. Amalan apa saja?
  • Selamat Datang Bulan...
    Tausyiah
    Minggu, 14 Maret 2021 - 22:06 WIB
    Selamat datang Bulan Syaban, Marhaban Yaa Syahru Syaban. Alhamdulillah malam ini (14/3/2021) kita telah memasuki Syaban 1442 Hijriyah, bulan yang memiliki banyak keutamaan.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Mengejar Ampunan Allah...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Salah satu amalan yang dapat kita tingkatkan kuantitasnya di fase kedua bulan Ramadan ini ialah memperbanyak doa dan mengejar ampunan Allah, melebihi hari-hari sebelumnya.
  • Jadwal Puasa Sunnah...
    Tausiyah
    Senin, 06 Januari 2020 - 17:10 WIB
    Tidaklah seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim.
  • Khutbah Sholat Gerhana...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 09:42 WIB
    Berikut adalah Khutbah Shalat Gerhana Bulan 26 Mei 2021 oleh Dr H Syamsudin MAg, Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya yang juga Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur
  • Tips Mendapatkan Qiyamul...
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 15:17 WIB
    Qiyamul lail adalah menghidupkan malam-malam dengan beribadah kepada Allah. Saat bulan Ramadan, seperti saat inilah umat Islam meningkatkan intensitas ibadahnya.
  • 3 Peristiwa Besar di...
    Hikmah
    Jum'at, 03 Mei 2019 - 14:48 WIB
    Para ulama menyebut bulan Ramadhan merupakan bulannya umat Nabi Muhammad SAW karena di dalamnya Allah SWT melimpahkan kebaikan, berkah, rahmat dan karunia yang banyak.
  • Benarkah Malam 17 Ramadhan...
    Tausyiah
    Rabu, 13 April 2022 - 05:15 WIB
    Benarkah malam 17 Ramadhan Nuzulul Quran? Begitu beberapa atau bahkan kebanyakan orang bertanya-tanya tentang waktu turunnya Al-Quran. Padahal surat Al-Alaq menyebut Al-Quran turun pada malam Lailatul Qodar
  • Kapan Bulan Rabiul Awal...
    Tips
    Senin, 02 September 2024 - 10:15 WIB
    Dalam kalender Islam atau Hijriah, bulan Rabiul Awal 1446 hijriah akan jatuh pada 5 September 2024 mendatang. Bulan baru setelah Safar ini, dikenal dengan bulan kelahiran Nabi atau Hari Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • Bacaan Niat Puasa Sunnah...
    Tips
    Kamis, 28 Juli 2022 - 11:04 WIB
    Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah akan segera kita rayakan. Umat Islam dianjurkan agar memperbanyak amal saleh di bulan Muharram, salah satunya menghidupkan puasa sunnah.
  • Melihat Kaum Tunawicara...
    Dunia Islam
    Senin, 11 April 2022 - 12:30 WIB
    Di tengah keterbatasan panca indera, anak-anak tuna wicara terlihat cukup antusias mengikuti Pesantren Ramadhan. Mereka dengan penuh antusias mengikuti pembelajaran
  • Adab dan Amalan Sunnah...
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 07:00 WIB
    Idul Adha merupakan peristiwa penting dan hari besar Islam yang penuh berkah dan kegembiraan. Oleh karena itu, saat pelaksanaan salat Ied dianjurkan dihadiri semua kaum muslim, baik tua, muda, dewasa, anak-anak, laki-laki dan perempuan.
  • Detik-Detik Menegangkan...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 16:44 WIB
    Di mata Quraisy akibat Muta, dipandang sebagai kehancuran buat Muslimin, sehingga tak ada lagi orang yang mau menganggap penting perjanjian dengan mereka.
  • Marhaban Ya Syahru Siyam,...
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 22:13 WIB
    Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Ya Syahru Siyam. Ramadhan begitu istimewa karena banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya. Berikut 15 keutamaannya.
  • Khutbah Jumat Bulan...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Februari 2023 - 05:10 WIB
    Khutbah Jumat bulan Syaban kali ini mengangkat tema tentang taubat sebelum bulan suci Ramadhan. Sudah sepatutnya kita taubat nashuha sebelum datangnya Ramadhan yang mulia.
  • Rajab Ternyata Bulan...
    Hikmah
    Sabtu, 18 Februari 2023 - 10:34 WIB
    Bulan Rajab adalah salah satu dari bulan-bulan Haram. Pada era Jahiliyah masyarakat Arab menyebelih kurban di bulan tersebut. Itu sebabnya bulan ini dinamakan juga Athirah.
  • Ustaz Arrazy Hasyim...
    Tausiyah
    Senin, 02 Maret 2020 - 17:39 WIB
    Dai kelahiran Payakumbuh Sumatera Barat Dr Arrazy Hasyim menjelaskan hakikat dan makna hadis-hadis bulan Rajab saat ceramah di Masjid An-Nabawi, Tangerang.