Topik Terkait: Dosa Karena Lisan (halaman 2)

  • Yuk, Tahan Lisan untuk Mengomentari Makanan
    Muslimah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Kebiasaan mengomentari makanan sepertinya sudah sangat biasa dalam masyarakat kita. Dan mungkin, tanpa sadar, kita sendiri pun kerap melakukannya. Padahal, mengomentari makanan adalah akhlak tercela yang harus ditinggalkan kaum muslimin.
  • Faedah dan Buah Manis Menjaga Lisan
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:00 WIB
    Salah satu alat komunikasi yang sering digunakan adalah bahasa lisan. Dalam menggunakan bahasa lisan ini, tentu harus menggunakan bahasa yang baik, mudah dipahami dan dimengerti.
  • Kaum Rafidhah Mempercayai 12 Imam Bebas Dosa
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 09:30 WIB
    Kaum Rafidhah mempercayai, para imam itu bebas dosa, atau mashum. Mereka berjumlah 12 orang. Sembilan di antaranya berasal dari keluarga Nabi (Ahlul Bayt).
  • Sebab-sebab Pelebur Dosa yang Telah Lalu dan yang Akan Datang
    Tausyiah
    Sabtu, 03 Desember 2022 - 18:10 WIB
    Manusia diciptakan Allah Subhanahu wa Taala dengan berbagai kekurangan dan kecenderungan melakukan salah dan dosa. Tak satupun manusia yang terbebas dari dosa dan kekeliruan.
  • Penyebab Musibah di Dunia, Ternyata karena Perbuatan Dosa
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Islam mengajarkan kita untuk senantiasa berbaik sangka kepada Allah, Zat yang Maha Berkehendak. Terkadang Allah memberi musibah untuk menguji hamba-hamba yang dikehendaki-Nya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Ghulul, Dosa Besar yang Diremehkan
    Tausyiah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 08:12 WIB
    Ghulul termasuk perbuatan zalim yang berat bisa menyeret masyarakat pada kerusakan, terutama pelakunya. Pelaku tindak kezaliman ini terancam hukuman yang keras di dunia dan akhirat.
  • Lailatul Qadar: Semua Amal Akan Dilipatgandakan dan Dosa-Dosa Diampuni
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Para mufassir (ahli Tafsir) menyatakan, maknanya adalah amal saleh (yang dilakukan pada) lailatul qadar lebih baik dari amal saleh selama seribu bulan (yang dilakukan) di luar lailatul qadar.
  • Ain, Pandangan Dosa yang Disepelekan Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 02 Maret 2022 - 16:13 WIB
    Penyakit ain atau penyakit yang muncul karena pandangan mata, seringkali diremehkan oleh kebanyakan kaum wanita. Padahal, pandangan ain ini, salah satu dosa besar bagi yang melakukannya.
  • Buya Arrazy: Hari Ini Banyak Orang Terkena Virus Pikiran dan Lisan
    Tausyiah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:30 WIB
    Ulama muda asal Payakumbuh Buya Arrazy Hasyim mengatakan hari ini banyak orang terkena virus pikiran dan lisan. Beliau mengajak semua orang untuk menjaga hati dan lisan.
  • 4 Dosa yang Tidak Diampuni oleh Allah
    Tips
    Selasa, 08 Februari 2022 - 21:13 WIB
    Beberapa dosa yang tidak diampuni oleh Allah termasuk kategori dosa sangat besar. Berikut 4 dosa besar yang tidak diampuni Allah Azza wa Jalla.
  • Berperangai Buruk kepada Suami, Dosa Besar yang Sering Diremehkan
    Muslimah
    Senin, 07 Desember 2020 - 20:01 WIB
    Bila seorang istri yang berbuat maksiat di rumahnya, ia laksana setan yang berada di sarangnya. Hal tersebut hanya akan mengeruhkan umur, menyesakkan dada, dan membuat aib dalam kehidupan
  • Ngerinya Dosa untuk Pelakor dan Pebinor
    Muslimah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Dalam Islam, merusak rumah tangga seorang muslim tersebut dinamai dengan takhbib. Perbuatan itu merupakan dosa yang sangat besar., selain ada ancaman khusus, ia juga telah membantu Iblis untuk menyukseskan programnya menyesatkan manusia.
  • Imun Terbaik : Jauhi Dosa dan Perbanyak Doa
    Muslimah
    Kamis, 17 September 2020 - 13:54 WIB
    Muslimah, ketika seseorang ditimpa suatu musibah sakit, maka orang yang beriman akan meletakkan ingatannya kepada Allah Taala sebagai Rabb yang memberikan ujian sakit kepadanya.
  • Ketika Kelezatan Ibadah Hilang Karena Maksiat
    Muslimah
    Sabtu, 19 Desember 2020 - 06:12 WIB
    Kenikmatan maksiat itu hanya sesaat, kemudian setelah itu dia merasakan akibat kemaksiatannya, yaitu kemurkaan Allah, dosa dan siksa-Nya, maka orang itu tidak akan sanggup melakukan maksiat.
  • Zina Adalah Dosa Besar, Inilah Bahaya dan Kewajiban Menjauhinya
    Muslimah
    Minggu, 12 September 2021 - 05:10 WIB
    Perbuatan zina adalah dosa besar. Allah Azza wa Jalla menyebutkan bahwa dosa zina tersebut dikaitkan dengan dosa syirik dan dikaitkan dengan dosa membunuh manusia.
  • Tingkatan Manusia dan Status Pelaku Dosa Kecil Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 16:03 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan manusia Islam (muslim) itu bertingkat-tingkat. Keliru bila kita memperlakukan manusia tanpa melihat perbedaan-perbedaan nyata dalam masyarakat.
  • Dosa Mempersulit Urusan Orang Lain
    Tausyiah
    Selasa, 22 Februari 2022 - 21:10 WIB
    Dosa mempersulit urusan orang lain perlu diketahui umat muslim. Dalam Hadis terdapat ancaman serius bagi orang yang mempersulit urusan orang lain.
  • Amalan untuk Menghapus Dosa-dosa Kecil
    Tips
    Minggu, 05 Juni 2022 - 16:34 WIB
    Dalam Islam, sekecil apapun amal perbuatan manusia, pasti akan mendapat balasan dari Allah Subhanahu wa taala. Bila ia berbuat kebaikan maka ia akan menerima pahala kebaikan itu, pun sebaliknya.
  • Akibat Dosa Zina, Salah Satunya Dicabut Cahaya Keimanannya
    Tausyiah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 13:57 WIB
    Zina termasuk ke dalam Al-Kabaair dan akan lebih besar lagi dosanya apabila kita melihat siapa yang melakukannya dan kepada siapa. Kalau zina itu dilakukan oleh orang yang telah tua, maka dosanya akan lebih besar.
  • Kumpulan Dalil Ayat Al-Quran dan Hadis Terkait Dosa Riba
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 14:27 WIB
    Dosa riba sangat banyak disebutkan dalam ayat-ayat Al-Quran maupun Hadis Nabi. Ini menunjukkan bahwa riba merupakan perkara yang sangat dilarang dalam Islam.