Topik Terkait: Fisik Rasulullah SAW (halaman 2)

  • Peristiwa Bulan Syawal: Rasulullah SAW Menikahi Sayyidah Aisyah
    Hikmah
    Selasa, 16 April 2024 - 15:05 WIB
    Nabi Muhammad menikahi Sayyidah Aisyah, putri Abu Bakar Ash-Shiddiq, pada bulan Syawal tahun kedua Hijriyah atau tahun 11 setelah kenabian, tepatnya dua tahun lima bulan setelah peristiwa hijrah.
  • Mimpi Rasulullah SAW Diperlihatkan Lailatul Qadar
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:05 WIB
    Dalam Hadis Sahih Muslim bab Kitab Puasa disebutkan tentang keutamaan Lailatul Qadar. Salah satunya mimpi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam diperlihatkan Lailatul Qadar.
  • Doa yang Biasa Dibaca Rasulullah SAW di Waktu Fajar
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 17:47 WIB
    Inilah doa Fajar yang biasa di baca Rasulullah SAW dan keluarga beliau setelah salat sunnah Qabliyah Subuh (Fajar). Doa ini dinukil dari Kitab Bidayatul Hidayah.
  • Begini Isi Khutbah Jumat Perdana Rasulullah SAW di Wadi Ranuna
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 11:19 WIB
    Sholat Jumat pertama yang dilakukan Rasulullah SAW adalah di Wadi Ranuna, sekitar satu kilometer dari Masjid Quba.Dalam sholat Jumat itu Rasulullah menyampaikan khutbah.
  • Kisah Tragedi Hari Kamis, saat Rasulullah SAW Sakit Keras
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 15:22 WIB
    Peristiwa Nabi gagal menyampaikan wasiat itu konon terjadi pada hari Kamis, sehingga Ibnu Abbas yang meriwayatkan hadis di atas menyebutkannya sebagai tragedi hari Kamis.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Siapakah Seburuk-buruk Manusia? Ini Pesan Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 08:30 WIB
    Dalam banyak riwayat Hadis, Rasulullah SAW menyampaikan kriteria manusia paling buruk di sisi Allah. Siapa sajakah seburuk-buruk hamba yang dimaksud Rasulullah SAW?
  • Peristiwa Penting Rabiul Awal: Bulan Lahir dan Wafatnya Rasulullah SAW
    Hikmah
    Selasa, 27 September 2022 - 16:48 WIB
    Pada hari ini, 27 September 2022 bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1444 H. Maulid Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal akan jatuh bertepatan pada Sabtu, 8 Oktober 2022 M.
  • Inilah Doa yang Dibaca Rasulullah SAW di Waktu Pagi
    Tausyiah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 22:47 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam mengajarkan umatnya agar senantiasa berdoa. Berikut doa Rasulullah di waktu pagi yang baik untuk diamalkan.
  • Kisah An-Nadhr Ibn Harits, Tantang Rasulullah SAW Ditimpa Hujan Batu
    Hikmah
    Selasa, 12 April 2022 - 03:00 WIB
    An-Nadhr Ibn Harits mengatakan kepada Nabi SAW, Wahai Muhammmad, jika yang kamu dakwahkan itu benar, maka mintalah Tuhanmu untuk mengazabku, turunkanlah hujan batu.
  • Selamat Datang Rabiul Awal, Bulan Agung Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 18:40 WIB
    Malam ini umat Islam memasuki 1 Rabiul Awal 1441 Hijriyah bertepatan Senin malam, 28 Oktober 2019. Rabiul Awal sangat istimewa karena merupakan bulan kelahiran Rasulullah SAW.
  • Maulid Nabi, Kisah Abu Lahab Gembira Atas Kelahiran Rasulullah SAW
    Hikmah
    Sabtu, 08 Oktober 2022 - 22:12 WIB
    Kisah Abu Lahab yang gembira atas kelahiran Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam cukuplah menjadi hujjah dan dalil bolehnya merayakan Maulid Nabi.
  • Begini Cara Rasulullah SAW Berbicara dan Bergurau
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 20:50 WIB
    Dalam Kitab Asy-Syamail Imam At-Tirmidzi diceritakan bagaimana cara berbicara dan tertawa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Berikut ulasannya.
  • Tragedi Karbala: Detik-Detik Syahidnya Sayyidina Husein bin Ali Cucu Rasulullah SAW
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 14:54 WIB
    Detik-detik syahidnya Sayyidina Husein dalam peristiwa tragedi Karbala sungguh memilukan. Kisah ini menggambarkan betapa sesungguhnya Sayyidina Husein sudah tahu dan siap syahid di padang Karbala.
  • Maulid Nabi: Kisah Alam Menyambut Lahirnya Rasulullah SAW
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:13 WIB
    Banyak peristiwa besar terjadi pada saat Nabi Muhammad SAW lahir. Alam seakan menyambut dengan gembira kelahiran nabi dan rasul terakhir tersebut.
  • Rasulullah SAW Sempat Menunda Haji, Ini Penyebabnya
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 18:12 WIB
    Haji diwajibkan pada tahun 9 H, yaitu pada saat banyaknya delegasi yang datang kepada Rasulullah SAW dan yang pada saat itu diturunkan surat Ali-Imran ayat 97.
  • Nabi Palsu yang Muncul Pada Masa Rasulullah SAW Masih Hidup
    Hikmah
    Senin, 31 Oktober 2022 - 16:44 WIB
    Nabi palsu yang muncul pada masa Rasulullah SAW masih hidup lumayan banyak. Mereka ikut-ikutan memploklamirkan diri sebagai nabi setelah Nabi Muhammad SAW mengikrarkan diri sebagai Rasul.
  • Kisah Rasulullah SAW Mudik pada Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Senin, 11 April 2022 - 23:29 WIB
    Tak hanya umat muslim di Indonesia, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan Sahabat juga pernah mudik ke Mekkah pada bulan Ramadhan. Berikut ceritanya.
  • 5 Pesan Rasulullah SAW Menjelang Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 13 April 2021 - 17:49 WIB
    Rasulullah SAW kerap melakukan sambutan khusus menyambut Ramadhan. Di antara sambutan tersebut adalah pesan-pesan khusus Rasulullah kepada para sahabat menjelang Ramadhan.
  • Wasiat Rasulullah SAW yang Dianjurkan Diamalkan sebelum Tidur
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 19:05 WIB
    Dalam kitab Durratun Nashihin disebutkan ada sebuah riwayat bahwa pada suatu malam menjelang tidur, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berwasiat kepada istrinya Aisyah. Apa isi wasiatnya Baginda Nabi SAW ini?
  • Pesan Rasulullah SAW Saat Beliau Menghadapi Sakaratul Maut
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Semua manusia akan mengalami sakaratul maut jelang kematiannya, tidak terkecuali Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Berikut pesan Rasulullah jelang detik-detik wafat beliau.