Topik Terkait: Habib Muhammad Bin Sholeh Alathos (halaman 6)

  • Selalu Menang Perang,...
    Hikmah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 06:38 WIB
    Masih ingat kisah sahabat Nabi yang selalu menang di medan pertempuran? Beliau ialah Khalid bin Walid radhiyallhu anhu, sahabat yang selalu dikenang dalam sejarah peradaban Islam.
  • Kisah Kecerdasan Ahnaf...
    Hikmah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 17:03 WIB
    Umar takjub mendengarkan keterangan Ahnaf bin Qais, kemudian berliau berkata di depan utusan yang lain, Sungguh dia (Ahnaf) demi Allah- adalah seorang pemimpin.
  • Kisah Pembebasan Mesir:...
    Hikmah
    Senin, 24 Juni 2024 - 08:58 WIB
    Para uskup itu segera sadar, bahwa yang dimaksud oleh Amr dengan hubungan silaturahmi ialah Hajar, ibu Ismail. Maka mereka berkata: Ya, hubungan kerabat jauh, yang hanya dicapai oleh para nabi!
  • 15 Nasihat Indah Imam...
    Tausyiah
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:37 WIB
    Nasihat Imam Abdullah bin Mubarak atau dikenal dengan Ibnul Mubarak (118-181 H) dapat dijadikan inspirasi dan pelajaran bagi penuntut ilmu. Berikut 15 nasihatnya.
  • Kisah Sayyidah Aisyah...
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 21:49 WIB
    Kisah Sayyidah Aisyah meminta doa dari Nabi Muhammad SAW benar-benar menyentuh hati. Begini kalimat yang keluar dari lisan mulia Nabi shollallohu alaihi wasallam.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Kisah Umar Bin Khattab:...
    Hikmah
    Minggu, 17 April 2022 - 19:30 WIB
    Pada saat Islam datang dan Umar menjadi tokoh besar dalam mendakwahkan ajaran itu, perempuan justru kurang berminat dengan dirinya. Umar dianggap terlalu galak, jarang senyum, dan pelit.
  • Ketika Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Minggu, 30 April 2023 - 17:16 WIB
    Pernahkah kita mendengar Rasulullah SAW marah bercampur sedih, sekaligus melaknat dan mendoakan yang jelek-jelek kepada suatu kaum? Berikut kisahnya.
  • Jelang Ajal, Umar bin...
    Hikmah
    Selasa, 19 Desember 2023 - 13:55 WIB
    Menjelang wafatnya, yang menjadi pikiran Umar bin Khattab adalah nasib umat Islam sepeninggalnya nanti, ijtihadnya, kemudian utangnya. Ia tak ingin meninggalkan dunia ini sebelum semua itu tuntas.
  • Perang Nahawand: Kisah...
    Hikmah
    Minggu, 21 April 2024 - 05:15 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad SAW yang oleh Abdurrahman bin Auf ra diberi julukan Singa Yang Menyembunyikan Kukunya itu dituduh befoya-foya bergelimang harta selama di Kufah, Irak.
  • Mengapa Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Rabu, 21 September 2022 - 17:26 WIB
    Mengapa Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam (SAW) tidak pernah mengumandangkan adzan ketika hendak sholat berjamaah? Simak alasannya berikut ini.
  • Nasihat Indah Habib...
    Tausiyah
    Senin, 23 September 2019 - 18:29 WIB
    Ulama kharismatik Tarim Yaman, Habib Umar bin Hafidz menjadi penceramah utama dalam Tabligh Akbar di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fachriyah, Ciledug, Tangerang, Sabtu malam (21/9/2019).
  • Muawiyah dan Umar Bin...
    Tips
    Rabu, 08 Maret 2023 - 10:23 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad SAW dan para tabiin mencontohkan bagaimana mereka menerapkan aturan tentang zakat harta penghasilan atau gaji. Khalifah Muawiyah dan Umar bin Abdul Aziz memungut zakat jenis ini.
  • Nabi Muhammad SAW Pun...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 11:24 WIB
    Banyak orang terlahir dari keluarga biasa-biasa tapi hidupnya sukses. Sebaliknya, tidak sedikit yang lahir dari keluarga terhormat tapi nasib hidupnya biasa-biasa saja.
  • Haul Akbar Ulama Hadramaut...
    Hikmah
    Kamis, 06 Februari 2020 - 23:39 WIB
    Tahun ini, Yayasan Al-Fachriyah dan Yayasan Al-Hauthah Al-Jindaniyah menggelar Haul akbar ulama Hadramaut di Ponpes Al-Fachriyah Tangerang, Kamis malam (6/2/2020).
  • Ini Penyebab Hajjaj...
    Tausyiah
    Senin, 07 November 2022 - 07:10 WIB
    Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi adalah salah satu figur penguasa kontroversial yang bengis dan zalim. Inilah penyebab Hajjaj bin Yusuf bertindak zalim saat berkuasa.
  • Habib Husein Luar Batang,...
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 16:46 WIB
    Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus atau Habib Luar Batang, ulama yang sangat masyhur karena berjasa menyebarkan dakwah Islam di Tanah Betawi pada abad 18 Masehi.
  • Abdul Malik: Putra Umar...
    Hikmah
    Selasa, 19 April 2022 - 15:36 WIB
    Abdul Malik paling mirip dengan Abdullah bin Umar di antara seluruh keturunan Al-Khattab. Khususnya dalam hal ketakwaan, rasa takutnya bermaksiat dan taqarrub-nya kepada Allah dengan ketaatan.
  • Mushab Bin Umair, Sahabat...
    Hikmah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 14:21 WIB
    Sahabat Mushab bin Umair dikaruniai wajah rupawan dan paling ganteng di antara remaja di Makkah kala itu. Akhir hayatnya, beliau wafat sahid pada perang Uhud.
  • Ijtihad Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 17:07 WIB
    Ijtihad Umar bin Khattab berkenaan dengan masalah tanah pertanian yang baru dibebaskan oleh tentara Islam adalah sikap mendahulukan pertimbangan kepentingan umum yang menyeluruh.
  • Kini Pasak Jakarta Itu...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 20:37 WIB
    umat 15 Januari 2021 Pukul 18.00 Wita, saya mendengar kabar mengejutkan tentang berita duka wafatnya seorang ulama kharismatik Jakarta, sesepuh para Habaib se-Jakarta.