Topik Terkait: Hadis Menangis (halaman 2)

  • Hadis tentang Keluarnya Dajjal dan Fitnahnya
    Hikmah
    Kamis, 25 Januari 2024 - 08:04 WIB
    Dajjal berjalan di muka bumi, maka ia tidak meninggalkan satu negeri kecuali ia memasukinya, kecuali Masjidil Aqsha, Tursina, Makkah dan Madinah, ia tidak bisa memasukinya karena malaikat menjaganya.
  • Hadis Tak Ada Sumbernya, Anak Adalah Rahasia Ayahnya
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juni 2022 - 11:08 WIB
    Syaikh Al-Albani menyebut sejumlah hadis palsu terkait anak dan orangtuanya yang lumayan polpuler. Salah satu hadis palsu bahkan tak ada sumbernya berbunyi: Anak adalah rahasia ayahnya.
  • 4 Hadis Tentang Doa Mustajab
    Tips
    Jum'at, 17 September 2021 - 20:06 WIB
    Doa mustajab adalah doa yang terkabul. Setiap orang tentu mengharapkan doa yang mustajab ini, agar doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa taala
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (1)
    Tips
    Selasa, 21 April 2020 - 22:52 WIB
    Bulan Ramadhan yang dinanti akan segera tiba. Betapa bahagianya pahala diganjar berlipat ganda, dosa-dosa diampuni dan curahan berkah menyelimuti umat Islam.
  • 4 Hadis Palsu tentang Dunia Menurut Syaikh Al-Albani
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 21:42 WIB
    Setidaknya ada 4 hadis palsu yang berkaitan dengan dunia. Salah satunya adalah kalimat yang diklaim hadis yang berbunyi: Dunia adalah langkah seorang mukmin.
  • Berikut Ini 4 Hadis yang Masuk Daftar 40 Hadis Arbain Karangan Imam Nawawi
    Tips
    Senin, 30 Oktober 2023 - 16:00 WIB
    Berikut ini 4 hadis yang masuk dalam daftar 40 hadis Arbain karangan Imam Nawawi yang sangat populer. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Sunnah Mengandung Makna yang Lebih Prinsipil Ketimbang Hadis, Begini Penjelasan Cak Nur
    Tausyiah
    Selasa, 21 Februari 2023 - 19:19 WIB
    Di antara keduanya terdapat jalinan yang erat, namun sesungguhnya tidaklah identik. Yang pertama (sunnah) mengandung pengertian yang lebih luas daripada yang kedua (hadis).
  • Indahnya Pengajaran Rasulullah SAW yang Tergambar dalam Hadis dari Numan bin Basyir
    Tausyiah
    Senin, 25 September 2023 - 05:15 WIB
    Hadis ini menggambarkan betapa indahnya cara Nabi Muhammad SAW dalam mengajar. Beliau setelah menjelaskan sebuah hukum mengiringinya dengan contoh-contoh agar mudah dipahami.
  • Kumpulan Hadis tentang Fitnah Akhir Zaman yang Harus Diwaspadai
    Hikmah
    Rabu, 18 Januari 2023 - 17:09 WIB
    Saat ini kita sedang berada pada akhir zaman yang dipenuhi banyak fitnah (ujian) dan cobaan. Berikut kumpulan Hadis tentang Fitnah akhir zaman yang harus diwaspadai.
  • 4 Hadis Palsu yang Banyak Beredar Seputar Ramadan
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 20:04 WIB
    Hadis yang diklaim berbunyi Barangsiapa yang beritikaf pada sepuluh hari (terakhir) bulan Ramadhn, maka dia seperti telah menunaikan haji dan umrah dua kali adalah palsu.
  • Hadis tentang Keutamaan Salat Berjamaah di Masjid
    Tips
    Jum'at, 26 April 2024 - 12:49 WIB
    Salat yang dilakukan oleh seseorang secara berjamaah dilipatgandakan baginya dari salat yang dia lakukan di rumahnya dan di pasar sebanyak dua puluh lima kali lipat.
  • Sunah-Sunah Haji Berdasar Hadis, Salah Satunya Mandi ketika Ihram
    Hikmah
    Minggu, 12 Mei 2024 - 14:01 WIB
    Memakai minyak wangi di badan sebelum ihram. Ini berdasarkan hadis Aisyah ia berkata, Aku pernah memberi wewangian Rasulullah SAW untuk ihramnya sebelum berihram.
  • Hadis Arbain: Penuntut Harus Membawa Bukti
    Tips
    Sabtu, 18 November 2023 - 10:58 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-33 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • 9 Hadis Pernikahan yang Penting Dipahami Pasangan yang akan Menikah
    Muslimah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 11:41 WIB
    Islam mengsyariatkan pernikahan untuk membentengi martabat manusia. Islam juga memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Mutiara Hadis: Niat Berbuat Baik Saja Diganjar Pahala
    Tausyiah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 20:18 WIB
    Hadis satu ini cukup populer di kalangan penuntut ilmu. Betapa luasnya rahmat Allah dan kasih sayang-Nya. Berniat melakukan kebaikan saja walau tidak dikerjakan diganjar dengan satu kebaikan.
  • Hadis Batil: Salat 4 Rakaat Sebelum dan Sesudah Jumat
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 11:38 WIB
    Hadis batil itu berbunyi: Rasulullah SAW selalu melakukan salat sebelum salat Jumat empat rakaat, dan empat rakaat sesudahnya tanpa ada jarak di antaranya.
  • Furaiah binti Malik, Sang Penghapal Hadis Tentang Masa Berkabung
    Muslimah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 18:04 WIB
    Furaiah binti Malik, salah satu perawi perempuan dengan hadis-hadis yang ia riwayatkan langsung dari Baginda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Sosok perempuan kaum Anshar yang dijamin masuk surga.
  • Beginilah Nasib Akhir Kaum Yahudi dalam Hadis Rasulullah SAW
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:38 WIB
    Setiap orang saat ini, masih bertanya-tanya bagaimana sebanarnya nasib kaum Yahudi di akhir zaman nanti? Padahal Rasulullah SAW telah menegaskan bahwa akhir dari nasib bangsa Yahudi berada di tangan Umat Islam.
  • Hadis-hadis Tentang Doa Mustajab
    Muslimah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 17:34 WIB
    Ketika kita berdoa, yang paling diharapkan adalah Allah Taala mengabulkan semua permohonan doa kita. Namun terkadang keinginan-keinginan yang dipanjatkan melalui doa-doa masih belum juga terkabulkan
  • Ilmu Hadis Adalah Ilmu Akhirat, Begini Penjelasan Imam An-Nawawi
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 17:38 WIB
    Imam An-Nawawi mengatakan ilmu hadis merupakan ilmu yang sangat mulia, sesuai dengan adab dan akhlak mulia. Ia termasuk ilmu akhirat, bukan ilmu dunia.