Topik Terkait: Hewan Dibunuh (halaman 3)

  • Mengenal Buraq, Hewan...
    Hikmah
    Sabtu, 25 Februari 2023 - 22:36 WIB
    Buraq adalah hewan tunggangan Nabi Muhammad SAW saat perjalanan Isra Miraj dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsa Palestina hingga ke naik ke Sidratul Muntaha.
  • Sambut Iduladha 2024,...
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Juni 2024 - 15:03 WIB
    Menyambut Iduladha 1445 H, Wilmar mendistribusikan 1.012 hewan kurban, yang terdiri dari 505 sapi dan 507 kambing di wilayah operasionalnya di Indonesia.
  • 5 Nabi yang Dibunuh...
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 18:05 WIB
    Berikut Nabi yang dibunuh dan disiksa kaum Yahudi. Bani Israil memang dikenal sebagai kaum yang durhaka, barbar dan suka membunuh para Nabi dan Rasul Allah.
  • Aktivitas Pasar Hewan...
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Juni 2024 - 13:48 WIB
    Aktivitas pasar hewan kurban di Arab Saudi makin ramai menjelang Hari Raya Iduladha 2024. Penjual hewan kurban menambah stok hewan kurban untuk memenuhi permintaan pasar.
  • 10 Hewan yang Dijamin...
    Tausyiah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 13:07 WIB
    Ada beberapa hewan yang dijamin masuk surga yang tercantum dalam Al-Quran, baik pada nama surat maupun sebagai sebuah kisah. Hal ini tentu bukan sekadar dongeng belaka, namun banyak hikmah di dalamnya.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Khubaib, Orang Pertama...
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Ada satu kisah sahabat yang wafat syahid di zaman Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Beliau salat sunnah 2 rakaat sebelum dibunuh kaum musyrikin di tiang gantungan.
  • Hukum Menjadi Seorang...
    Muslimah
    Senin, 06 Juni 2022 - 18:00 WIB
    Dalam Islam, memilih sesuatu sangat tergantung dari niat ketika melakukannya. Jika seseorang menjadi vegetarian dengan alasan kesehatan atau penyembuhan penyakit, maka boleh melakukannya.
  • Doa Nabi Sulaiman Menundukkan...
    Hikmah
    Selasa, 24 Desember 2019 - 21:25 WIB
    Nabiyullah Sulaiman alaihissalam (AS) merupakan Nabi dan Rasul pilihan Allah Taala yang dikaruniai kerajaan yang tidak dimiliki manusia di muka bumi.
  • Ini Mengapa Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 10:11 WIB
    Nabi SAW bersabda: Barangsiapa di antara kamu menyembelih kurban, maka janganlah ada daging kurban yang masih tersisa dalam rumahnya setelah hari ketiga.
  • 2 Hadis Dhaif tentang...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 16:45 WIB
    Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani menyebut 2 hadis dhaif atau lemah tentang ibadah kurban. Salah satu hadis itu berbunyi, Sebagus-bagus binatang kurban adalah domba yang muda.
  • Ketika Makin Banyak...
    Dunia Islam
    Senin, 16 September 2024 - 05:15 WIB
    Pembunuhan Rachel dan Ay?enur bukanlah kecelakaan, sama seperti pembunuhan lebih dari 41.000 pria, wanita, dan anak-anak Palestina selama setahun terakhir bukanlah kecelakaan
  • Larangan Memotong Kuku...
    Hikmah
    Senin, 19 Juni 2023 - 16:59 WIB
    Larangan memotong kuku dan rambut untuk shohibul qurban didasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Hanya saja, hadis ini memicu perdebatan di antara para ulama.
  • Apa itu Hari Tasyrik?...
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 15:01 WIB
    Selain makan dan minum sesuai hadis Rasulullah SAW, keutamaan dan amalan Hari Tasyrik antara lain adalah memperbanyak mengingat Allah SWT atau berzikir.
  • Mana yang Lebih Utama,...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 20:37 WIB
    Pertanyaan fiqih kurban yang satu ini sering muncul di kalangan umat Islam. Lebih utama mana kurban sapi atau kambing? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib.
  • Berkurban dengan Hewan...
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 22:57 WIB
    Pertanyaan ini selalu muncul jelang Hari Raya kurban Idul Adha. Apakah boleh berkurban dengan hewan (sapi dan kambing) berjenis kelamin betina? Berikut penjelasannya.
  • Apa Bacaan Sebelum Menyembelih...
    Tips
    Jum'at, 14 Juni 2024 - 13:45 WIB
    Apa bacaan doa sebelum menyembelih hewan kurban? Pertanyaan ini sangat penting dan wajib dicari tahu agar ibadah kurban yang dilakukan sesuai ketentuan syariat dan mendapat ganjaran pahala.
  • Ini Kriteria Hewan Dam...
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Juni 2024 - 20:12 WIB
    Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief menerbitkan edaran baru terkait dengan panduan pelaksanaan dam jemaah haji Indonesia 2024.
  • Hal-Hal yang Diharamkan...
    Tausyiah
    Senin, 03 Juni 2024 - 15:04 WIB
    Beliau menjelaskan bagi orang ingin berkurban, diharamkan mengambil sesuatu dari rambut, kulit, atau kukunya dalam sepuluh (10) hari pertama dari bulan Dzulhijjah.
  • Hukum Kurban Sapi Patungan...
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 21:09 WIB
    Dalam masyarakat kita, sudah menjadi hal yang umum dilakukan bila melaksanakan kurban dengan sapi boleh patungan untuk 7 orang. Bagaimana sebenarnya hukum dalam pandangan syariat?
  • Mengenal Mazhab Zhahiri,...
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 22:40 WIB
    Empat mazhab populer Hanafi, Maliki, Syafii dan Hanbali telah sepakat hewan kurban adalah unta, sapi, kambing. Namun, bagi Mazhab Zhahiri, ayam boleh dijadikan sebagai kurban.