Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 147)

  • Jilbab dan Hijab dalam...
    Tausiyah
    Sabtu, 01 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Syeikh Ahmad Al-Mishri (ulama Mesir yang menetap di Jakarta) mengulas tentang hukum jilbab yang belakangan ramai diperdebatkan umat muslim di Indonesia. Simak penjelasannya.
  • Bolehkah Berdebat dalam...
    Tips
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 17:40 WIB
    Kita sering mendapati banyak orang berdebat baik di acara formal ataupun di berbagai media sosial. Bagaimana Islam menyikapi debat, bolehkah?
  • Bagaimana Hukum Salat...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 10:25 WIB
    Bagaimana hukumnya jika salat fardhu dilakukan ketika azan baru saja berkumandang? Haruskah ada jeda atau menunggu iqomat terlebih dahulu?
  • Kisah Shahabiyah Nabi:...
    Hikmah
    Minggu, 17 Oktober 2021 - 22:09 WIB
    Ada banyak Sahabiyah Nabi yang namanya asing namun kiprahnya dicatat dalam sejarah Islam. Salah satunya adalah Laila Al-Ghifariyah radhiyallahu anha (wafat 40 H).
  • Perintah Makan dalam...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juni 2024 - 19:46 WIB
    Bertitik tolak dari kedua ayat tersebut dan beberapa ayat lain, para ulama berkesimpulan bahwa pada prinsipnya segala sesuatu yang ada di alam raya ini adalah halal untuk digunakan.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • 10 Hal yang Patut Diketahui...
    Tausyiah
    Kamis, 27 April 2023 - 07:35 WIB
    Ada beberapa hal yang perlu diketahui umat muslim seputar puasa sunnah Syawal. Hari ini kita sudah memasuki 6 Syawal 1444 Hijriyah bertepatan Kamis, 27 April 2023.
  • Khasiat Surat Al-Humazah,...
    Hikmah
    Selasa, 05 September 2023 - 17:58 WIB
    Khusus keistimewaan surat Al-Humazah, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan hendaklah dibacakan pada mata yang sakit. InsyaAllah sembuh.
  • Berikut ini Keistimewaan...
    Hikmah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 19:24 WIB
    Barangsiapa membacanya di tempat tidurnya maka dia akan terlindung dari berbagai keburukan, dan barangsiapa yang membacanya saat keluar dari rumah maka dia beserta keluarga dan hartanya akan selamat.
  • Teperdaya Amr bin Al-Ash,...
    Hikmah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 20:08 WIB
    Seperti orang terkena sihir Abu Musa mengiakan saja apa yang diminta oleh Amr, kendatipun ia telah diperingatkan oleh Ibnu Abbas agar jangan bicara lebih dulu.
  • Kisah Imam Abu Hanifah...
    Hikmah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 22:08 WIB
    Dalam satu kajian Gus Musa Muhammad menceritakan kisah Imam Abu Hanifah (80-150 Hijriyah) membungkam kesombongan seorang ulama yang sok alim. Simak ceritanya berikut ini.
  • Hukum Melihat Aurat...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Agustus 2024 - 16:45 WIB
    Rasulullah SAW telah melarangnya sekalipun antara laki-laki dengan laki-laki atau antara perempuan dengan perempuan baik dengan syahwat ataupun tidak.
  • Hukuman Pencuri di Dunia...
    Hikmah
    Senin, 19 Agustus 2024 - 11:19 WIB
    Pencuri dan pencurian jumlahnya semakin meningkat dan merajalela. Mengapa tindakan kriminal ini susah diberantas? Bagaimana hukumannya dan benarkah ada azabnya di akhirat kelak?
  • Hudzaifah bin al-Yaman...
    Hikmah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 12:42 WIB
    Hudzaifah bin al-Yaman ra adalah santri Rasulullah SAW yang diberi tahu daftar rahasia tentang orang-orang munafik di sekitar Nabi dan konspirasinya.
  • Meninggalkan Al-Quran...
    Muslimah
    Senin, 15 Februari 2021 - 07:00 WIB
    Di zaman sekarang, telah banyak orang yang tertimpa sakit jiwa, terjebak dalam godaan setan dan tersesat ke jalan-jalan yang menyimpang, serta tidak mendapatkan kenikmatan dan ketenangan hidup karena jauhnya dari kitab Rabbnya yakni Al Quran..
  • Jejak Gerakan Freemason...
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 November 2023 - 05:15 WIB
    Jejak gerakan Freemason di Indonesia tercium banyak orang, bahkan sejak masa penjajahan Belanda. Sayangnya, para sejarawan melewatkan gerakan Yahudi ini.
  • Surat Al-Ashr Ayat 1-3...
    Tips
    Kamis, 20 Juli 2023 - 19:54 WIB
    Berikut ini bacaan Surat Al-Ashr lengkap Arab, latin, terjemahan disertai keutamaan. Surat Al-Ashr memiliki kandungan dan keistimewaan yang sangat agung.
  • Hikmah di Balik Hukum...
    Hikmah
    Rabu, 06 Maret 2024 - 14:19 WIB
    Bagi umat Islam menjalankan puasa Ramadan adalah wajib. Mengapa demikian? Karena di balik hukum wajibnya puasa Ramadan, terkandung banyak hikmah yang sangat agung.
  • Abu Ubaidah, Komandan...
    Hikmah
    Rabu, 15 November 2023 - 05:15 WIB
    Nama pahlawan Islam ini tak sepopuler Khalid bin Walid. Dia adalah Abu Ubaidah bin Jarrah. Dia pula yang menjadi komandan perang saat Yerusalem takluk di bawah Islam pada era Khalifah Umar bin Khattab
  • Karena Aurat, Inilah...
    Muslimah
    Senin, 13 November 2023 - 12:30 WIB
    Dalam Islam, rambut wanita merupakan aurat yang harus ditutup atau tidak boleh terlihat bagi orang yang bukan muhrimnya. Bahkan rambut disebut sebagai mahkota atau perhiasan wanita.
  • Allah Memusuhi Al-Hamz...
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 15:46 WIB
    Jika seseorang, termasuk muslimah ingin mendapat anugerah Allah Taala sebagai hamba yang dicintai-Nya, maka dia harus terbebas dari sifat dan perilaku buruk dari dirinya