Topik Terkait: Hukum Berenang Saat Puasa

  • Bolehkah Berenang Saat Puasa Ramadhan? Begini Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 16:43 WIB
    Bolehkah berenang saat berpuasa Ramadhan dan benarkah olahraga tersebut bisa membatalkan puasa? Pertanyaan ini muncul, karena banyak muslim yang menggemari olahraga berenang dalam aktivitas hariannya
  • Benarkah Olahraga Berenang Bisa Membatalkan Puasa?
    Muslimah
    Minggu, 09 April 2023 - 06:07 WIB
    Menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa sangat dianjurkan dengan tetap rajin berolahraga, salah satu olahraga yang favorit dilakukan adalah berenang. Namun, apakah aktivitas berenang membatalkan puasa?
  • Hukum Puasa di Akhir Bulan Syaban, Benarkah Dilarang?
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 07:15 WIB
    Banyak yang bertanya tentang hukum puasa di akhir bulan Syaban, benarkah dilarang? Mari kita simak penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq berikut.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Syawal
    Tips
    Minggu, 29 Mei 2022 - 23:40 WIB
    Apakah boleh menggabungkan puasa Syawal dengan puasa qadha Ramadhan? Para ulama memiliki dasar untuk ketentuan menggabungkan dua ibadah dalam satu niat.
  • Hukum Qadha Puasa bagi Orang yang Sudah Meninggal Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 08:06 WIB
    Uang wajib dibayar. Lalu, bagaimana hukumnya jika sebelum mengqadha puasa Ramadhan seseorang meninggal dunia? Siapa yang harus mengqadha? Berikut penjelasannya.
  • Hukum Membayar Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:14 WIB
    Kalau seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Hukum Puasa Setelah Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • Muhammadiyah Tegaskan Vaksinasi Tak Membatalkan Puasa, Ini Penjelasannya
    Dunia Islam
    Jum'at, 01 April 2022 - 14:57 WIB
    Pelaksanaan vaksinasi ini dalam rangka membentuk kekebalan komunitas agar memutus pandemi. Lalu, apakah vaksinasi saat berpuasa dapat membatalkan puasa?
  • Hukum Puasa 6 Hari Bulan Syawal Setelah Idul Fitri
    Tausyiah
    Minggu, 29 Mei 2022 - 22:32 WIB
    Puasa yang dapat dilakukan langsung sejak 2 Syawal 1443 H ini menjadi penyempurna setelah seorang muslim mengerjakan puasa sebulan penuh sepanjang Ramadhan.
  • Hukum Puasa 10 hari di Bulan Rajab
    Tips
    Selasa, 31 Januari 2023 - 09:17 WIB
    Sejatinya, hukum puasa 10 hari di bulan Rajab tidaklah memiliki dasar yang kuat. Tidak terdapat amalan khusus terkait bulan Rajab, baik dalam bentuk puasa, sholat, zakat, maupun umrah.
  • 5 Amalan Ringan yang Dapat Menggandakan Pahala Puasa Ramadhan
    Muslimah
    Selasa, 06 April 2021 - 14:12 WIB
    Puasa di bulan suci ini menjadi ibadah dengan perkalian pahala yang unlimited. Sedikitnya ada 5 amalan ringan dan mudah, yang dapat menggandakan pahala di bulan Ramadhan. Apa saja dan bagaimana caranya?
  • Fidyah dan Seputar Hukum Puasa bagi Orang yang Sakit
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:21 WIB
    Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Bagi orang-orang yang beriman, puasa adalah wajib. Lalu bagaimana bila dalam kondisi sakit? Bolehkah fidiyah dibayar dengan uang?
  • Hal-hal yang Boleh Dilakukan Ketika Puasa Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 02 April 2021 - 15:22 WIB
    Dalam melaksanakan puasa wajib seperti di bulan Ramadhan nanti, sebagi muslim kita harus memperhatikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dan bagaimana pula hukumnya?
  • Puasa Tapi Tidak Sholat, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 14 April 2021 - 13:32 WIB
    Ada satu hal yang seringkali luput dari perhatian, yakni melaksanakan puasa tetapi tidak menjalankan sholat. Bagaimana syariat menghukuminya perihal tersebut?
  • Hukum Puasa Orang yang Sakit Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 17:37 WIB
    Sakit yang membolehkan berbuka adalah sakit yang menyebabkan si penderita tidak mampu lagi untuk melaksanakan puasa atau bila ia berpuasa justru memperparah kondisinya.
  • 8 Hal yang Ternyata Diperbolehkan Saat Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 05:14 WIB
    Ternnyata ada beberapa hal yang boleh dilakukan selama bulan Ramadan. Hal tersebut diperbolehkan dengan syarat-syarat tertentu sesuai syariat, dan tidak membatalkan puasa Ramadan yang sedang dilakukan.
  • Batalkah Sikat Gigi saat Puasa? Ini Hukumnya
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Batalkah sikat gigi saat puasa? Pertanyaan semacam ini sering menjadi perdebatan di kalangan umat Muslim, terlebih ketika memasuki bulan Ramadan.
  • 3 Tahapan Perintah Salat dan Puasa
    Hikmah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 07:21 WIB
    Hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Muaz ibnu Jabal ra menceritakan bahwa ibadah salat difardukan melalui tiga tahapan, dan ibadah puasa difardukan melalui tiga tahapan pula.
  • Hukum Puasa Rajab, dari Sunnah sampai Makruh
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 11:03 WIB
    Hukum puasa Rajab oleh sebagian ulama dianggap sunnah. Hanya saja, sebagian ulama lainnya menganggap bidah karena hadits yang dijadikan dasar ibadah tersebut dhaif, bahkan ada yang palsu.
  • Puasa Ramadhan dan Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakannya
    Muslimah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:02 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadhan. Sebab Puasa Ramadhan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.