Topik Terkait: Hukum Harta Temuan (halaman 52)

  • Hukum Menikahi Pelacur,...
    Tausyiah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Barangsiapa tidak mau menerima hukum yang bersumber dari kitabullah dan tidak mau menepatinya, maka dia adalah musyrik, yang tidak boleh dikawin kecuali oleh orang musyrik juga.
  • Hukum Berkumpul di Rumah...
    Tips
    Senin, 22 November 2021 - 17:50 WIB
    Banyak yang bertanya tentang hukum berkumpul di rumah mayit, menjamu tamu dan mendoakannya. Ada yang menyebutnya sebagai Niyahah, benarkah demikian?
  • Hukum Melawak, Syaikh...
    Hikmah
    Minggu, 03 September 2023 - 11:51 WIB
    Apakah Islam membolehkan seni semacam komedi, humor, atau lawak? Syaikh Yusuf al-Qardhawi menyebut sebagian sahabat Nabi ada yang bersenda gurau dan Rasulullah SAW pun membiarkan dan menyetujui.
  • Dahsyatnya Doa Orang...
    Hikmah
    Rabu, 21 Agustus 2024 - 15:49 WIB
    Doa orang terzalimi memiliki keutamaan yang luar biasa. Al Quran menggambarkannya dengan sangat indah dan dahsyat. Bagaimana bunyi ayat tersebut?
  • Mengapa Parfum Diharamkan...
    Muslimah
    Senin, 18 Juli 2022 - 15:40 WIB
    Mengapa kaum muslimah dilarang memakai wangi-wangian atau parfum ketika keluar dari rumahnya? Apa dalilnya dan bagaimana penjelasannya?
  • Hukum Mencukur Alis...
    Muslimah
    Senin, 28 Juni 2021 - 18:40 WIB
    Hukum mencukur alis menurut Islam adalah haram, baik sebagian atau secara keseluruhan. Fikih Islam mengistilahkan perbuatan tersebut dengan namsh. Arti kata namsh sendiri berarti mencabut atau mencukur bulu alis.
  • Dalil Keutamaan Membaca...
    Hikmah
    Kamis, 21 September 2023 - 20:11 WIB
    Bagi mayoritas muslim di Indonesia yang bermazhab Syafii, membaca Surat Yasin di malam Jumat adalah hal yang sangat dianjurkan karena banyak keutamaannya.
  • Menilik Hadis tentang...
    Hikmah
    Sabtu, 16 September 2023 - 09:31 WIB
    Sesungguhnya perkara yang halal itu jelas dan perkara yang haram itu jelas, dan antara keduanya ada beberapa perkara syubhat (kurang jelas) yang tidak diketahui oleh banyak orang.
  • Kirim Al Fatihah untuk...
    Muslimah
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 13:05 WIB
    Kirim Al Fatihah untuk orang meninggal, menjadi kebiasaan yang umum dilakukan masyarakat saat ini. Ketika mendengar kabar kematian, banyak pesan baik yang disampaikan dengan ucapan duka cita dan kiriman doa Al-Fatihah tersebut.
  • Begini Hukum Musafir...
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 05:15 WIB
    Berdasarkan ungkapan ini maka musafir yang sampai ke tempatnya dalam keadaan tidak berpuasa dibolehkan baginya untuk makan dan minum pada sisa hari itu. Adapun bersetubuh?
  • Hukum Tajwid Surat Al-Kahfi...
    Tips
    Rabu, 22 November 2023 - 09:15 WIB
    Hukum tajwid Surat Al-Kahfi penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Bolehkah Perempuan Haid...
    Muslimah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 19:27 WIB
    Sebelum tidur, kita dianjurkan untuk berwudhu.Namun, apakah anjuran ini juga berlaku untuk perempuan yang tengah berhadast besar seperti menstruasi atau haid? Bagaimana hukumnya?
  • Misteri Panji Gumilang,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 08:57 WIB
    Misteri pimpinan Maahad Al-Zaytun, Panji Gumilang, tak hanya dirasakan kebanyakan orang. Wakil Ketua Umum MUI, Dr H Anwar Abbas, juga mengakui tak habis pikir siapa sejatinya Panji Gumilang itu.
  • Hukum Mengucapkan Salam...
    Muslimah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 16:59 WIB
    Dalam Islam perintah mengucapkan salam berlaku umum untuk seluruh orang beriman, mencakup laki-laki dan perempuan. Namun, hal ini dikecualikan jika seorang pria mengucapkan salam pada perempuan non mahram
  • Hukum Merayakan Tahun...
    Tausyiah
    Senin, 26 Desember 2022 - 21:48 WIB
    Hukum merayakan Tahun Baru Masehi bagi umat muslim terdapat khilaf di antara ulama. Pertanyaan ini selalu muncul setiap tahun dan umat Islam harus bijak menyikapinya.
  • Imam Masjid di Turki...
    Dunia Islam
    Selasa, 19 April 2022 - 15:15 WIB
    Jangan usir anak-anak dari masjid. Lihatlah bagaimana imam masjid di Turki merangkul dan mengajak anak-anak bermain usai sholat Tarawih.
  • Tidak Puasa bagi Para...
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 10:02 WIB
    Umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan, lalu bagaimana dengan kaum muslim yang meniti karir sebagai atlet sepakbola profesional atau atlet apapun itu terkait dengan kewajiban puasa?
  • Masih Suka Lepas Pasang...
    Muslimah
    Sabtu, 14 September 2024 - 05:15 WIB
    Bagaimana Islam memandang muslimah yang sering lepas dan pasang jilbab? Pertanyaan ini mengemuka karena dalam keseharian, banyak kaum muslimah yang masih melakukan hal tersebut.
  • 3 Hal yang Dapat Mengeluarkan...
    Muslimah
    Selasa, 27 September 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Muhammad Yusuf Qardhawi mengatakan 3 hal yang dapat mengeluarkan perempuan dari batas tabarruj atau kesopanan Islam. Pertama adalah Ghadh-dhul Bashar.
  • Permudah Masyarakat...
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 April 2022 - 20:53 WIB
    Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan produk bernama Zakat Self Service (ZSS). Mesin yang terinspirasi dari mesin ATM ini memiliki layanan yang cepat dan akurat dalam memudahkan aktivitas zakat, infak, atau sedekah (ZIS) di ruang publik seperti rumah sakit hingga pusat perbelanjaan.