Topik Terkait: Hukum Harta Temuan (halaman 53)

  • Dosa dan Laknat Rasulullah...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 09:52 WIB
    Selain tergolong dosa besar, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam melaknat kaum lelaki yang berpenampilan dan berperilaku menyerupai wanita dan sebaliknya. Bahkan Islam menghukuminya haram.
  • Kisah Nazar Sayyidah...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:41 WIB
    Ibnu Zubair meminta tolong para sahabat agar mempertemukan dengan Aisyah. Demi Allah, tidaklah halal (baik) baginya bernazar untuk memutuskan hubungan denganku.
  • Ilmu Fisika dan Kimia...
    Tausyiah
    Rabu, 01 Maret 2023 - 13:32 WIB
    Surat al-Qamar ayat 49 menyebut, Sesungguhaya Kami menciptakan segala sesuatu dengan qadar. Menurut KH Ali Yafie kata bi qadar (dengan qadar) di sini ditafsirkan, menurut ukuran.
  • Hukum Mengucapkan Shadaqallahul...
    Hikmah
    Selasa, 25 Juni 2024 - 09:52 WIB
    Sudah menjadi kebiasaan atau tradisi dalam masyarakat muslim kita, bila selesai membaca Al-Quran kemudian mengucapkan kalimat shadaqallahul adzim. Mengapa demikian dan bagaimana hukumnya?
  • Hukum Mengonsumsi Binatang...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juli 2024 - 19:13 WIB
    Makanan ahli kitab, termasuk binatang sembelihan mereka, adalah halal buat umat Islam. Hanya saja apa hukum binatang yang disembelih untuk gereja dan hari-hari besar mereka?
  • Kisah Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 03:05 WIB
    Kisah Rasulullah SAW dan sahabat kesiangan sehingga melewatkan waktu Subuh menarik untuk dikaji. Kisah ini menjadi jawaban syariat bagi yang tidak sholat karena tertidur.
  • Dosa Besar Zina dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Apabila seorang hamba berzina keluarlah iman darinya. Lalu iman itu berada di atas kepalanya seperti naungan, maka apabila dia telah bertobat, kembali lagi iman itu kepadanya
  • Apakah Wanita Keturunan...
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 20:21 WIB
    Wanita keturunan Nabi Muhammad SAW biasa dipanggil dengan Syarifah atau Sayyidah. Apakah wanita keturunan Nabi Muhammad boleh menikah dengan orang biasa?
  • Hukum Puasa Rajab, dari...
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 11:03 WIB
    Hukum puasa Rajab oleh sebagian ulama dianggap sunnah. Hanya saja, sebagian ulama lainnya menganggap bidah karena hadits yang dijadikan dasar ibadah tersebut dhaif, bahkan ada yang palsu.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Rabu, 17 Januari 2024 - 10:13 WIB
    Mengetahui hukum tajwid surah Al Fil ini penting bagi umat muslim, mengingat Al Fil merupakan salah satu surat pendek yang kerap dibaca ketika menunaikan salat fardhu maupun sunnah.
  • Bolehkah Shalat dengan...
    Muslimah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 08:16 WIB
    Sebagai pakaian bagi muslimah, cadar atau niqab, berbeda dengan kerudung atau jilbab. Cadar, umumnya dipakai menutup muka dan hanya menampakkan kedua mata saja.
  • Hukum Meninggalkan Salat...
    Tausiyah
    Jum'at, 06 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Kalau ancaman keras ditujukan bagi yang meninggalkan salat berjamaah, lalu bagaimana dengan orang yang meninggalkan Salat Jumat?
  • Apakah Boleh Tidak Menikah?...
    Hikmah
    Minggu, 30 April 2023 - 16:46 WIB
    Saat ini bertepatan bulan Syawal, banyak pasangan yang melangsungkan pernikahan. Suatu hari Imam Syafii pernah ditanya, apakah boleh tidak menikah? Begini jawaban beliau.
  • Memotong Kuku dan Rambut...
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 13:08 WIB
    Banyak pemahaman di kalangan masyarakat terutama kalangan muslimah, bahwa orang yang tengah haid dilarang memotong kuku dan rambut karena akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat kelak. Benarkah demikian?
  • Jangan Lupa, Ini Hari-hari...
    Tips
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 10:07 WIB
    Memotong kuku adalah fitrah yang tidak bisa terlepaskan dari manusia. Lalu hari-hari apa saja yang baik untuk memotong kuku? Berikut penjelasaannya.
  • Syaikh Yusuf Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 20:08 WIB
    Mereka mengira bahwa syariat Islam yang didakwahkan merupakan sesuatu yang labil, tidak memiliki kriteria dan batasan yang pasti, sehingga setiap hakim memberikan penafsiran sendiri-sendiri.
  • Zakat untuk Sucikan...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 09:45 WIB
    Bulan puasa seperti yang sedang kita jalani saat ini biasanya dikaitkan dengan zakat, terutama zakat fitrah. Tapi, juga banyak umat Islam yang menunaikan zakat mal pada bulan puasa.
  • Hukum Bersedekah Menggunakan...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:58 WIB
    Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat mulia, bahkan sangat berpahala. Untuk mengamalkanya, harus dilakukan dengan cara yang baik dan mulia pula.
  • Argumen yang Membolehkan...
    Tausyiah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Tidak kelirulah fatwa larangan itu, bila ia ditujukan kepada mereka yang dikhawatirkan ternodai akidahnya. Tetapi, tidak juga salah mereka yang membolehkan sepanjang tetap terpelihara akidahnya.
  • Bagaimana Hukum Penghasilan...
    Tausyiah
    Kamis, 25 Juli 2024 - 10:27 WIB
    Pernah membayangkan profesi waria atau banci? Barangkali yang terlintas di benak profesi ini seperti penata rias (salon), pengamen, pelawak, penjaja cinta (PSK) atau desainer busana.