Topik Terkait: Hukum Membunuh Begal (halaman 2)

  • Apakah Hukum Air Mani Suci atau Najis?
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:19 WIB
    Apakah hukum air mani suci atau najis? Para ulama berbeda pendapat tentang status air mani, ada yang berpendapat itu tergolong benda yang najis dan ada yang berpendapat itu suci.
  • Hukum Mendengarkan Musik di Kamar Mandi, Bolehkah?
    Tausyiah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 00:36 WIB
    Hukum mendengarkan musik di kamar mandi perlu diketahui kaum muslim. Seperti kebiasaan banyak orang sering bernyanyi di kamar mandi atau mendengarkan musik.
  • Hukum Bersilaturahmi dengan Kerabat yang Fasik dan Nonmuslim
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 12:45 WIB
    Silaturahmi mendatangkan pahala-pahala yang istimewa. Umat Islam banyak yang sudah paham tentang hal ini. Tapi bagaimana jika kita bersilaturahmi dengan kerabat yang fasik atau non muslim?
  • Tingkatan Hukum-Hukum Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 16:19 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan salah satu kajian fiqih yang dilupakan sebagian agamawan adalah mengetahui tingkatan-tingkatan hukum syari dan menyadari bahwa hukum-hukum ini tidak berada dalam satu tingkatan saja.
  • Hukum Mencabut Uban dan Keutamaan Memeliharanya
    Tips
    Kamis, 16 Desember 2021 - 16:46 WIB
    Uban atau rambut yang memutih sering diasumsikan sebagai tanda seseorang mulai menua. Berikut hukum mencabut uban dan keutamaan memeliharanya.
  • Hukum Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 21:25 WIB
    Hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal perlu diketahui umat Islam supaya tidak salah kaprah dalam menafsirkan hukum. Begini penjelasannya.
  • Hukum Orang Tua Menyakiti Anak dan Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Tentang anak durhaka pada orang tua, mungkin sudah biasa kita dengar bahkan banyak kisah yang menceritakannya. Sebaliknya, di zaman sekarang ternyata banyak juga orang tua yang durhaka pada anaknya.
  • Hukum Menyerobot Tanah Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:33 WIB
    PT Berau Coal melalui mitranya PT Kaltim Diamond Coal (KDC) diduga melakukan penyerobotan tanah milik Universitas Muhammadiyah Berau. Bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Hukum Kurban: Rasulullah SAW Menyembelih 2 Ekor Domba Jantan
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 13:20 WIB
    Rasulullah SAW memerintahkan kepada para sahabatnya agar mereka menyembelih jadza dari domba, dan tsaniyya dari yang selain domba. Begini penjelannya.
  • Hukum Bacaan Surat An-Nahl Ayat 1-3 Beserta Cara Membacanya
    Tips
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:37 WIB
    Hukum bacaan Surat An-Nahl ini perlu dipahami setiap muslim supaya tidak keliru ketika membacanya. Surat An-Nahl terdiri 128 ayat (surat ke-16), termasuk golongan surat Makkiyyah.
  • Hukum Puasa 10 hari di Bulan Rajab
    Tips
    Selasa, 31 Januari 2023 - 09:17 WIB
    Sejatinya, hukum puasa 10 hari di bulan Rajab tidaklah memiliki dasar yang kuat. Tidak terdapat amalan khusus terkait bulan Rajab, baik dalam bentuk puasa, sholat, zakat, maupun umrah.
  • Hukum Merayakan Hari Valentine dalam Islam, Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Februari 2023 - 15:52 WIB
    Hukum merayakan Hari Valentine bagi umat Islam adalah haram. Demikian kata Pengasuh LPD Al-Bahjah, Buya Yahya dalam kajiannya di media sosial dan Fatwa MUI.
  • UAS: Hukum Baca Surat Yasin Malam Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Agustus 2021 - 17:17 WIB
    UAS: hukum baca Surat Yasin di malam Jumat perlu diketahui kaum muslimin. Sebagian kalangan menganggapnya bidah, padahal memiliki dalil yang jelas.
  • Hukum Menyingkat Sholawat dengan SAW, Bolehkah?
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 17:41 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin pernah menyingkat Sholawat dengan SAW atau menulis huruf SWT di belakang nama Allah. Bagaimana hukumnya dalam syariat?
  • Hukum Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 12:30 WIB
    Seseorang yang hamil dan menyusui boleh meninggalkan puasa jika ia khawatir akan kesehatan diri dan bayinya. Sama saja apakah bayi yang disusui adalah anak kandungnya atau anak susuan saja.
  • Hukum Melangkahi Pundak Orang yang Duduk
    Tausyiah
    Sabtu, 18 November 2023 - 23:19 WIB
    Melangkahi pundak orang yang duduk dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah Takhaththi. Para ulama mendefenisikan hal ini dalam beberapa hukum.
  • Dalam Keadaan Normal, Haram Hukum Berobat dengan Benda Najis
    Tausyiah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 18:59 WIB
    Para ulama mazhab empat bersepakat akan keharaman berobat dengan benda najis dalam keadaan normal alias bukan darurat. Hanya saja, mereka berbeda pendapat dalam keadaan darurat.
  • Hukum Membakar Mushaf Al-Quran Menurut Buya Yahya
    Tausyiah
    Selasa, 31 Januari 2023 - 15:41 WIB
    Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon, KH Yahya Zainul Maarif atau yang akrab disapa Buya Yahya menjelaskan hukum membakar mushaf Al-Quran.
  • Hukum Mimpi Basah dan Doa untuk Menghindarinya
    Hikmah
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Mimpi basah biasanya terjadi sebagai salah satu tanda umur sudah baligh. Bahkan, dalam kitab-kitab fikih disebutkan bahwa salah satu tanda-tanda umur sudah mencapai masa baligh. Lantas bagaimana hukum mimpi basah ini dalam Islam?
  • Hukum Memasuki Tempat Ibadah Agama Lain Menurut Ulama dan 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 17:35 WIB
    Hukum memasuki tempat ibadah agama lain perlu diketahui oleh umat muslim. Para ulama menjelaskannya dalam berbagai sudut pandang. Berikut penjelasannya.