Topik Terkait: Hukum Menyentuh Kemaluan

  • Menyentuh Kemaluan Apakah Membatalkan Wudhu? Simak Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 29 September 2023 - 09:49 WIB
    Apakah menyentuh kemaluan membatalkan wudhu? Pertanyaan ini kerap muncul di benak kaum muslim mengingat wudhu merupakan perkara penting yang menjadi syarat sahnya ibadah sholat.
  • Larangan Menyentuh Kemaluan dengan Tangan Kanan
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 12:10 WIB
    Islam adalah agama fitrah yang membimbing manusia kepada kebaikan. Semua perkara ibadah dan adab-adabnya diatur oleh syariat termasuk akhlak terhadap anggota tubuh.
  • Apakah Menyentuh Kemaluan Membatalkan Wudhu?
    Tausiyah
    Selasa, 19 November 2019 - 16:49 WIB
    Bagaimana hukum menyentuh kemaluan sendiri atau kemaluan orang lain. Apakah membatalkan wudhu atau tidak? Berikut penjelasan Ustazah Aini Aryani, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI).
  • Hukum Mencukur Alis Menurut Islam
    Muslimah
    Senin, 28 Juni 2021 - 18:40 WIB
    Hukum mencukur alis menurut Islam adalah haram, baik sebagian atau secara keseluruhan. Fikih Islam mengistilahkan perbuatan tersebut dengan namsh. Arti kata namsh sendiri berarti mencabut atau mencukur bulu alis.
  • Hukum Bacaan Idgham Mutaqaribain: Contoh Huruf dan Cara Bacanya
    Tips
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 07:10 WIB
    Hukum bacaan Idgham Mutaqaribain termasuk salah satu ilmu tajwid yang wajib dipelajari kaum muslim. Idgham secara bahasa artinya Al-idkholu atau memasukkan.
  • Hukum Infak, Sedekah dan Zakat, Berikut Perbedaannya
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:48 WIB
    Zakat, infak dan sedekah sangat akrab di telinga kaum muslimin seolah sudah menjadi satu kesatuan. Banyak yang bertanya apakah ketiga istilah itu sama maknanya. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Mencabut dan Mewarnai Uban, Haram Atau Makruh?
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 15:12 WIB
    Hukum mencabut dan mewarnai uban telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sejak 14 abad lalu. Berikut penjelasan rinci dari berbagai Hadis Nabi.
  • Hukum Pelakor dan Wanita yang Menawarkan Diri untuk Dinikahi Dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 12:44 WIB
    Istilah pelakor (peebut laki orang) adalah seorang wanita yang menggoda suami orang lain, lalu ada juga wanita yang menawarkan diri untuk dinikahi. Bagaimana hukum keduanya dalam Islam?
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Hukum Menunda Zakat Mal Dan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • Haji: Hukum Meninggalkan Mabit di Muzdalifah
    Tips
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 10:01 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan mabit di Muzdalifah adalah wajib, tapi diberikan keringanan bagi orang-orang yang lemah untuk meninggalkan Muzdalifah pada akhir malam
  • Hukum Memakai Bulu Mata Palsu Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 10:15 WIB
    Hukum memakai bulu mata palsu menurut Islam penting diketahui kalangan muslimah, sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengaplikasikannya.
  • Hukum Menyingkat Sholawat dengan SAW, Bolehkah?
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 17:41 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin pernah menyingkat Sholawat dengan SAW atau menulis huruf SWT di belakang nama Allah. Bagaimana hukumnya dalam syariat?
  • Tingkatan Hukum-Hukum Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 16:19 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan salah satu kajian fiqih yang dilupakan sebagian agamawan adalah mengetahui tingkatan-tingkatan hukum syari dan menyadari bahwa hukum-hukum ini tidak berada dalam satu tingkatan saja.
  • Pentingnya Suami Istri Memahami Hukum Perceraian dalam Islam
    Muslimah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 10:16 WIB
    Dalam Islam, ppasangan suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah SWT
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 10:25 WIB
    Mayoritas ulama 4 mazhab sepakat bahwa hukum berkurban adalah Sunnah Muakkad, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan kepada seorang muslim yang memiliki kemampuan secara finansial.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Islam Bukan Sekadar Hukum Belaka
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 13:32 WIB
    Ayat-ayat hukum tasyri tidak sampai sepersepuluh dari Al Quran, itu pun dikumpulkan dengan ayat-ayat tentang aqidah dan hati yang disertai juga dengan janji dan ancaman berkaitan erat dengan seluruh arahan-arahan Al Quran.
  • Hukum Hari Valentine Menurut Islam
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 09:13 WIB
    Pada 14 Februari adalah Valentines Day. Bukan hanya di Barat, di negera-negara Islam, macam Arab Saudi, Valentines Day juga dirayakan. Bagaimana Islam memandang masalah ini?
  • Apa Hukum Suap-menyuap dalam Agama Islam?
    Hikmah
    Kamis, 08 Februari 2024 - 17:16 WIB
    Apa hukum suap-menyuap dalam Islam? Pertanyaan ini menjadi pembahasan yang penting diketahui umat Muslim. Karena perkara suap-menyuap tidak lagi menjadi hal asing di zaman sekarang
  • Hukum Menyerobot Tanah Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:33 WIB
    PT Berau Coal melalui mitranya PT Kaltim Diamond Coal (KDC) diduga melakukan penyerobotan tanah milik Universitas Muhammadiyah Berau. Bagaimana hukumnya dalam Islam?