Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 23)

  • Gara-gara Terlalu Ganteng,...
    Hikmah
    Kamis, 08 April 2021 - 14:48 WIB
    Umar lalu menyuruhnya untuk memotong rambutnya, namun dia semakin tampan. Khalifah juga menyuruhnya untuk memakai serban, namun dia juga semakin tampan.
  • Dasar Hukum Khitbah...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Status hubungan dari khitbah masih sebatas tunangan, belumlah menjadi pasangan suami isteri. Oleh karena itu, pasangan yang telah bertunangan perlu mengindahkan syariat.
  • Kenapa Dajjal Tidak...
    Hikmah
    Sabtu, 25 Mei 2024 - 09:28 WIB
    Ada kisah dalam hadis yang menjelaskan bagaimana usaha keras Dajjal untuk bisa masuk dan menerobos ke Kota MAdinah, namun Allah SWT tetap menjaganya.
  • Lebih Baik Mana, Hewan...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 18:02 WIB
    Sebagian umat Islam mungkin ada yang bertanya hewan kurban apa yang lebih utama (afdhal). Apakah hewan warna putih warna hitam? Berikut penjelasannya.
  • Bolehkah Berkurban dengan...
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:56 WIB
    Ada yang bertanya tentang hukum berkurban dengan hewan pincang atau cacat serta batasannya. Apakah hal ini sah dan dibolehkan? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Ramadhan di Saat Wabah...
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 06:21 WIB
    Puasa Ramadhan bukanlah sekadar kewajiban biasa bersifat teologis, dipastikan mengandung aspek lain berupa manfaat yang langsung berguna dan dibutuhkan oleh tubuh manusia secara holistik.
  • Hukum Puasa Arafah Tapi...
    Tips
    Minggu, 03 Juli 2022 - 19:45 WIB
    Hukum puasa Arafah tapi masih punya utang Qadha Ramadhan perlu dipahami oleh umat Islam. Apakah harus mengqadha puasa Ramadhan terlebih dahulu?
  • Hukum Al Quran bagi...
    Tausyiah
    Senin, 20 Mei 2024 - 11:39 WIB
    Merusak hubungan rumah tangga orang lain sangat dilarang dalam Islam. Bahkan Rasulullah SAW menegaskan dengan sangat keras bahwa perusak rumah tangga bukan bagian dari umatnya.
  • Rasulullah SAW Melaknat...
    Tausyiah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Perlu juga diingat bahwa tidak semua pekerjaan yang berhubungan dengan dunia perbankan tergolong riba. Ada diantaranya yang halal dan baik.
  • Bagaimana Hukum Puasa...
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:31 WIB
    Vaksin Booster disebut menjadi syarat untuk mudik Lebaran 2022. Lalu, bagaimana hukumnya puasa disuntik vaksin? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Bagaimana Hukum Zakat...
    Tausyiah
    Selasa, 11 April 2023 - 05:15 WIB
    Umumnya, ketika membayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, biasanya kita perlu melakukan doa sebagai tanda terima dari zakat yang telah kita berikan. Lantas bagaimana dengan hukum zakat online?
  • 4 Golongan yang Tidak...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 April 2022 - 17:15 WIB
    Lailatul Qadar merupakan karunia besar Allah yang hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW. Ada empat golongan orang tidak mendapatkan Lailatul Qadar.
  • Taubat Nasuha: Perlu...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 18:28 WIB
    Bertekad meninggalkan maksiat dan bertaubat darinya secara total, dan tidak akan kembali melakukannya selama-lamanya. Seperti susu yang tidak mungkin kembali ke puting hewan setelah diperah.
  • Apakah Kurban Wajib...
    Tips
    Selasa, 21 Juni 2022 - 07:17 WIB
    Apakah kurban wajib atau sunnah? Jumhur ulama berpendapat bahwa ibadah kurban itu hukumnya sunat muakkad. Maknanya, tidak wajib tetapi makruh meninggalkannya bagi mereka yang mampu.
  • 6 Istilah Berdebat Menurut...
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 11:03 WIB
    Sebagai padanan dari istilah diskusi, di dalam al-Quran disebutkan istilah al-hiwar, al-mira, al-muhajjah, al-jadal, syura, dan al-munazarah yang definisinya lebih mendekati perdebatan.
  • Doa dan Zikir ketika...
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 11:17 WIB
    Doa dan zikir ketika malas tengah melanda diri, perlu kita amalkan agar dapat lebih produktif dalam beraktivitas. Sebab rasa malas hanya akan menimbulkan dampak negatif yang berbuntut pada penyesalan.
  • 6 Ciri Salat yang Diganggu...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Mei 2024 - 11:09 WIB
    Setan akan senantiasa menggoda manusia agar salatnya tidak sempurna bahkan membujuk manusia agar ringan meninggalkan salat. Apa ciri-cirinya salat diganggu setan tersebut?
  • Hukum Infak, Sedekah...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:48 WIB
    Zakat, infak dan sedekah sangat akrab di telinga kaum muslimin seolah sudah menjadi satu kesatuan. Banyak yang bertanya apakah ketiga istilah itu sama maknanya. Berikut penjelasannya.
  • Pahami! Bolehkah Membuat...
    Muslimah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:01 WIB
    Ketika akan menikah, ada kalanya pasangan calon pengantin sengaja membuat perjanjian pra nikah. Salah satu perjanjian itu, adalah meminta tidak akan melakukan poligami atau tidak mau dipoligami. Bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Azab Mengerikan bagi...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 10:03 WIB
    Hukum bagi seorang muslim yang membatalkan puasa dengan sengaja tanpa alasan yang dibenarkan syariat sungguh sangat berat. Dia telah melakukan kesalahan atas hak dirinya sendiri dan juga hak masyarakatnya.