Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 25)

  • Siapa Saja yang Wajib...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 21:34 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa, disyariatkan untuk mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah. Berikut orang-orang yang wajib mengqodho dan membayar fidyah.
  • Hukum Menggabungkan...
    Tausyiah
    Selasa, 15 September 2020 - 17:25 WIB
    Puasa merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai Allah Taala. Selain menjadi benteng dari gangguan setan, puasa juga akan memberikan syafaat di hari kiamat kelak.
  • Hukum Berkarier Bagi...
    Muslimah
    Minggu, 11 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Menjadi wanita karier menjadi dambaan banyak muslimah. Wanita karier adalah wanita yang memasuki dunia usaha atau pekerjaan dan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah
  • Pendapat UAH Tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 23 November 2021 - 14:23 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (UAH) mempunyai pendapat tentang musik yang ramai diperbincangkan kaum muslimin. Benarkah musik itu haram? Mari kita simak keterangan UAH berikut.
  • Lafaz Istighfar Agar...
    Tips
    Selasa, 06 Juni 2023 - 16:36 WIB
    Selain untuk memohon ampunan dari dosa kepada Allah Taala, bacaan istighfar juga berfungsi untuk memperlancar rezeki, menolak bala dan bencana, dan juga berfungsi agar terbebas dari utang.
  • Taubat Nasuha: Perlu...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 18:28 WIB
    Bertekad meninggalkan maksiat dan bertaubat darinya secara total, dan tidak akan kembali melakukannya selama-lamanya. Seperti susu yang tidak mungkin kembali ke puting hewan setelah diperah.
  • Dear Jemaah, Tidak Boleh...
    Dunia Islam
    Selasa, 28 Mei 2024 - 21:28 WIB
    Jemaah haji Indonesia diingatkan untuk tidak membawa pulang batu lempar jumrah. Begini hukumnya. Para ulama besar pada dasarnya memiliki pandangan masing-masing mengenai hukum membawa pulang batu jumrah dari Tanah Suci Makkah.
  • Bolehkah Niat Berpuasa...
    Muslimah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 14:43 WIB
    Bolehkah ketika menjalankan ibadah puasa Ramadan terselip niat puasa sambil berdiet? Karena, bagi sebagian muslimah menilai puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Bagaimana hukumnya?
  • Hukum Melafazkan Niat?...
    Tausiyah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 17:15 WIB
    Dalam Buku &ldquo77 Tanya-Jawab Seputar Shalat&rdquo yang disusun ulama sekaligus dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko, Ustaz Abdul Somad (UAS) menerangkan perkara tentang niat.
  • Istri yang Baik dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Maret 2021 - 15:47 WIB
    Adapun kategori seorang istri yang baik (salehah) di antaranya adalah taat kepada Allah Taala, patuh kepada suaminya dan menjaga kehormatan suaminya.
  • Misteri Omar Khayyam:...
    Hikmah
    Rabu, 23 September 2020 - 09:33 WIB
    Para sufi percaya bahwa dalam diri manusia ada suatu unsur yang disemangati cinta, yang membukakan makna pencapaian realitas sejati dan disebut makna mistikal
  • Ketika Imam Syafii Tidak...
    Hikmah
    Kamis, 03 Juni 2021 - 15:27 WIB
    Kisah Imam Syafii dapat dijadikan teladan betapa akhlak adalah hal yang sangat dujunjung tinggi oleh beliau. Suatu ketika, beliau tidak berqunut ketika sholat Subuh. Apa sebab?
  • Hukum Mengadakan Syukuran...
    Tips
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 10:26 WIB
    Hukum mengadakan syukuran haji di kampung halaman masih menjadi perdebatan di kalangan ulama. Syukuran atau tasyakuran ibadah haji atau yang dikenal dengan walimatus safar ini, memang cukup populer.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 05:07 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang utang di Bank Syariah menarik untuk disimak. Banyak yang beranggapan bank Syariah itu riba, namun Gus Baha punya pandangan lain.
  • Dasar Hukum Khitbah...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Status hubungan dari khitbah masih sebatas tunangan, belumlah menjadi pasangan suami isteri. Oleh karena itu, pasangan yang telah bertunangan perlu mengindahkan syariat.
  • 7 Contoh Bacaan Tajwid...
    Tips
    Selasa, 28 November 2023 - 09:23 WIB
    Qalqalah Sugra merupakan salah satu ilmu tajwid yang perlu dipahami dan wajib diterapkan ketika seorang muslim tengah membaca Al Quran.
  • Hukum Mencukur Jenggot:...
    Tausyiah
    Senin, 06 September 2021 - 11:46 WIB
    Hukum mencukur jenggot tetap menjadi perdebatan di tengah-tengah umat Islam. Ada yang mengharamkan, ada yang menganggap makruh dan ada juga yang menggap mubah.
  • Kisah Penggali Kubur...
    Hikmah
    Kamis, 30 September 2021 - 14:01 WIB
    Ada seorang pemuda Madinah yang pekerjaannya sebagai penggali kubur. Pemuda ini gemar mencuri barang-barang berharga dalam kuburan. Suatu kali ia menyetubuhi mayat seorang gadis.
  • Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 09:39 WIB
    Hukum bacaan tajwid dalam Surah Al-Lahab penting untuk diketahui oleh seluruh umat Islam. Dengan mengetahuinya, maka setiap muslim yang membaca Al Quran bisa melafalkannya dengan benar.
  • Hukum Bacaan Idzhar...
    Tips
    Senin, 08 Mei 2023 - 12:25 WIB
    Hukum bacaan izhar syafawi adalah apabila ada mim sukun ( ?? ) bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah 26 selain huruf Mim ( ? ) dan Ba ( ? ). Hukum izhar syafawi termasuk dalam kategori hukum bacaan Mim Sukun.