Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 14)

  • Peringatan Rasulullah...
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juni 2022 - 14:48 WIB
    Bagi orang yang tidak berkurban saat memiliki kelapangan rezeki mendapat ancaman serius sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
  • Arti Naskh: Bukan Mustahil...
    Hikmah
    Selasa, 27 Agustus 2024 - 07:23 WIB
    Ada di antara mereka yang beranggapan bahwa suatu ketetapan hukum yang ditetapkan oleh satu kondisi tertentu telah menjadi mansukh apabila ada ketentuan lain yang berbeda akibat adanya kondisi lain.
  • Kurban: 1 Ekor Kambing...
    Hikmah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 17:21 WIB
    Syaikh Al-Atsari mengatakan termasuk petunjuk Nabi Muhammad SAW bahwa satu kambing mencukupi sebagai kurban dari seorang pria dan seluruh keluarganya walaupun jumlah mereka banyak.
  • Hukum Seorang Istri...
    Muslimah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
    Syariat menganjurkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk melakukan ibadah kurban terutama bagi yang memiliki kelapangan harta. Bagi mereka yang mampu, tentu berkurban tidak terlalu sulit.
  • Hukuman Pencuri di Dunia...
    Hikmah
    Senin, 19 Agustus 2024 - 11:19 WIB
    Pencuri dan pencurian jumlahnya semakin meningkat dan merajalela. Mengapa tindakan kriminal ini susah diberantas? Bagaimana hukumannya dan benarkah ada azabnya di akhirat kelak?
  • Apa Hukum Menyambung...
    Tausiyah
    Kamis, 05 Desember 2019 - 16:18 WIB
    Bagaimana hukum menyambung rambut dalam pandangan syariat? Berikut penjelasan Ustazah Aini Aryani, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI).
  • Hukum Main Dadu: Seolah...
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 06:53 WIB
    Apa yang dinamakan judi, yaitu semua permainan yang mengandung untung-rugi bagi si pemain. Dan itulah yang disebut maisir dalam al-Quran yang kemudian diikuti dengan menyebut: arak, berhala dan azlam.
  • Awas! Hak Waris Banci...
    Tausyiah
    Senin, 26 September 2022 - 05:15 WIB
    Kejelasan jenis kelamin seseorang akan mempertegas status hukumnya sehingga ia berhak menerima harta waris sesuai bagiannya. Lalu, bagaimana dengan banci?
  • Macam-macam Talak Menurut...
    Muslimah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 10:57 WIB
    Macam-macam talak menurut syariat Islam ada beberapa jenis, ada yang berdasarkan jumlah, boleh tidaknya rujuk, keadaan istri, dari segi penyampaian, serta dari segi langsung atau tidaknya suami menjatuhkan talak.
  • Ikhfa: Pengertian, Hukum...
    Tips
    Jum'at, 06 Januari 2023 - 17:27 WIB
    Ikhfa adalah salah satu ilmu tajwid yang wajib diketahui umat muslim dan dipraktikkan ketika membaca Al-Quran. Berikut pengertian Ikhfa, hukum dan contoh bacaannya.
  • Hukuman Zina dan Cara...
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 17:30 WIB
    Bagi orang Arab masa jahiliyah, pengkhianatan atas perkawinan dianggap sebagai zina dan pelanggarnya dihukum mati. Seorang pria dianggap berzina bila berhubungan seksual dengan wanita baik-baik.
  • Hukum Bacaan Idgham...
    Tips
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 07:10 WIB
    Hukum bacaan Idgham Mutaqaribain termasuk salah satu ilmu tajwid yang wajib dipelajari kaum muslim. Idgham secara bahasa artinya Al-idkholu atau memasukkan.
  • Bacaan Yasin untuk Orang...
    Tips
    Senin, 20 Februari 2023 - 13:51 WIB
    Bacaan surat Yasin untuk orang naza atau sakaratul maut sering dilakukan umat Islam dengan dasar pada hadis yang oleh Ibnu Hibban dinilai sahih, namun ada yang menganggap lemah.
  • Inilah Hukum Asal Diperbolehkannya...
    Muslimah
    Minggu, 28 November 2021 - 08:23 WIB
    Hukum bekerja bagi wanita pada asalnya sama dengan laki-laki, ketika laki-laki diperbolehkan untuk berdagang dan berbisnis, wanita pun diperbolehkan untuk berdagang dan berbisnis.
  • Hukum-hukum untuk Bekal...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Desember 2023 - 07:40 WIB
    Setiap amal perbuatan manusia di dunia akan mendapat ganjaran pahala.Amal baik akan mendapat ganjaran pahala yang baik, sebaliknya amal yang buruk akan mendapat ganjaran buruk atas perbuatannya
  • Dasar Hukum Khitbah...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Status hubungan dari khitbah masih sebatas tunangan, belumlah menjadi pasangan suami isteri. Oleh karena itu, pasangan yang telah bertunangan perlu mengindahkan syariat.
  • Keutamaan Membayar Utang...
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 08:03 WIB
    Dalam konteks agama Islam, ada beberapa keutamaan membayar utang tepat waktu yang besar pahalanya. Berikut adalah beberapa poin terkait pahala membayar utang tepat waktu.
  • Mukjizat! Jemaah Haji...
    Dunia Islam
    Kamis, 15 Juni 2023 - 11:15 WIB
    Rasa bahagia terpancar dari wajah Indo Hanna. Jemaah haji berusia 79 tahun itu senang lantaran bisa sembuh dari penyakit strokenya setelah minum air zamzam selama tiga hari berturut-turut.
  • Bercadar Tapi Pamer...
    Muslimah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 12:49 WIB
    Media jejaring sosial sudah menembus batas apa saja. Bahkan, banyak kaum muslimah saat ini juga menjadikan medsos sebagai alat untuk memamerkan eksistensinya.
  • Hukum Salat Tarawih...
    Tips
    Selasa, 21 April 2020 - 21:53 WIB
    Banyak yang bertanya terkait pelaksanaan ibadah seperti salat Tarawih yang biasanya dihidupkan di masjid secara berjamaah. Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.