Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 27)

  • Hukum Boneka Mainan...
    Tausyiah
    Senin, 22 Juli 2024 - 13:49 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan Islam tidak akan bersempit dada dan tidak menganggap suatu dosa terhadap macam daripada patung yang tidak dimaksudkan untuk diagung-agungkan.
  • Hukum Seorang Istri...
    Muslimah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
    Syariat menganjurkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk melakukan ibadah kurban terutama bagi yang memiliki kelapangan harta. Bagi mereka yang mampu, tentu berkurban tidak terlalu sulit.
  • Hukum Bercerai Saat...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 18:22 WIB
    Hukum bercerai saat hamil tidaklah dilarang. Adapun anggapan yang tersebar di tengah masyarakat awam, bahwa wanita hamil tidak sah dicerai, adalah anggapan yang keliru.
  • Hukum Bacaan Surat Thaha...
    Tips
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 11:05 WIB
    Bacaan surat Thaha ayat ke-8 menarik untuk menjadi kajian lantaran memiliki kaidan bacaan yang perlu diperhatikan. Surat ini masuk dalam golongan surat Makkiyah.
  • Alasan Muslimah Dilarang...
    Tausyiah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 17:04 WIB
    Alasan muslimah dilarang menikah dengan lelaki non-muslim karena Allah SWT menetapkan demikian. Hal ini bisa dilihat dalam Quran surat Al-Baqarah ayat 221
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Rabu, 17 Juli 2024 - 13:05 WIB
    Hukum tajwid Surat Yasin ayat 77 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Hukum Menjenguk Ahli...
    Tips
    Minggu, 11 Desember 2022 - 13:32 WIB
    Menjenguk orang nonmuslim yang sedang sakit dibenarkan syariat, bahkan kadang-kadang bernilai qurbah dan ibadah. Lalu bagaimana hukum menjenguk muslim yang ahli maksiat?
  • Hukum Paylater dalam...
    Tausyiah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 10:19 WIB
    Ssistem transaksi digital yang tengah tren adalah paylater (sistem transaksi bisnis yang pembayarannya bisa dilakukan di belakang atau kemudian hari). Bagaimana sebenarnya hukum paylater ini dalam Islam?
  • Benarkan Pintu Ijtihad...
    Tausyiah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:45 WIB
    Sebagian ulama berpendapat bahwa pintu ijtihad telah tertutup. Ini digelorakan ulama mutakhirin setelah dunia Islam diliputi kabut taashub mazhab serta banyaknya mujtahid karbitan.
  • Hukum Sholat Sunnah...
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 23:56 WIB
    Hukum melaksanakan sholat sunnah rawatib Qabliyah Subuh pada dasranya adalah sunnah. Walaupun ada beberapa pandangan yang mewajibkan sholat sunnah qabliyah Subuh.
  • Apakah Surat Yasin Boleh...
    Muslimah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 10:14 WIB
    Apakah surat Yasin boleh dibaca saat haid dan bagaimana hukumnya? Seperti diketahui, dalam Islam saat wanita sedang haid dilarang melakukan sejumlah ibadah terutama ibadah yakni sholat, puasa dan memegang mushaf al-Quran.
  • Bagaimana Hukum Merayakan...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Pergantian tahun sudah diambang pintu, lantas bagaimana hukumnya umat Islam merayakan tahun baru masehi tersebut? Boleh atau tidak, bagaimana dalilnya?
  • Bolehkah Seorang Istri...
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 11:30 WIB
    Banyak contoh seorang istri yang mampu berkurban karena berdikari secara ekonomi, sementara, di saat yang sama, suami tidak berpenghasilan cukup. Bolehkah istri melaksanakan kurban menggantikan posisi suami ?
  • Membaca Surat Yasin...
    Hikmah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 19:18 WIB
    Bagi mayoritas muslim di Indonesia yang bermazhab Syafii, membaca Surat Yasin di malam Jumat adalah hal yang sangat dianjurkan karena banyak keutamaannya
  • Bolehkah Imam Salat...
    Hikmah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 12:11 WIB
    Bolehkah imam salat membaca mushaf Al-Quran? Pertanyaan tersebut kerap dilontarkan oleh umat muslim, mengingat fenomena salat sambil membaca mushaf umum terjadi di Indonesia.
  • Hati-hati, Berdandan...
    Muslimah
    Senin, 15 Mei 2023 - 13:20 WIB
    Seorang muslimah harus berhati-hati dalam berdandan atau berhias pada dirinya. Jauhi dandanan seperti punuk unta, karena ternyata dandanan seperti itu mengundang murka Allah Subhanahu wa taala.
  • Konsep Taabbudi dan...
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Januari 2023 - 17:23 WIB
    Taabbudi dan Taaqquli merupakan dua konsep pemahaman yang berkaitan dengan hukum-hukum Islam. Berikut penjelasan dan contoh-contohnya.
  • Hukum Merenggangkan...
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Di masa pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tetap menjaga jarak. Lantas bagaimana hukum merenggangkan saf dalam salat berjamaah di tengah pandemi Covid-19?
  • Hukum Mimpi Basah dan...
    Hikmah
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Mimpi basah biasanya terjadi sebagai salah satu tanda umur sudah baligh. Bahkan, dalam kitab-kitab fikih disebutkan bahwa salah satu tanda-tanda umur sudah mencapai masa baligh. Lantas bagaimana hukum mimpi basah ini dalam Islam?
  • Hukum Seputar Salat:...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 13:46 WIB
    Dapat ditarik kesimpulan bahwa pada saat itidal yang disunnahkan adalah melepaskan kedua tangan. Adapun apabila yang bersedekap tidak sampai membatalkan salat.