Topik Terkait: Humor Sufi (halaman 2)

  • Canda Ala Sufi: Minta Ongkos untuk Sepuluh Hari
    Hikmah
    Senin, 14 Desember 2020 - 07:38 WIB
    Melihat sikap Nashruddin yang aneh itu, teman-teman Nashruddin berkata, Hai Nashruddin, mengapa engkau tidak menangkapnya? Bukankah engkau telah letih mencarinya?
  • Kisah Sufi: Timur Agha dan Bahasa Binatang
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:59 WIB
    Idries Shah mengatakan kisah ini dikaitkan (dalam bentuk awalnya) dengan Abu Ishak Chishti, pemimpin tarekat Darwis Menyanyi (Singing Dervishes) pada abad kesepuluh.
  • Anak Masjid, Air yang Sombong, dan Peti Jenazah
    Hikmah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 06:39 WIB
    Seketika, Nashruddin menuju masjid jami yang besar itu dan masuk ke dalam. Dia berkata: Hal semacam itu tidaklah patut bagimu, mengapa engkau tidak seperti anakmu?
  • Canda Ala Sufi: Selamat karena Saran Seorang Teman
    Hikmah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 06:44 WIB
    Ucapan Nashruddin itu terdengar Taimulank sehingga dia tersentak dan kaget lalu berkata padanya, Hai, dalam keadaan seperti ini, mengapa engkau malah bersyukur?
  • Canda Ala Sufi: Anggur Berumur 40 Tahun
    Hikmah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 21:30 WIB
    Nashruddin menjawab, Jika aku memenuhi permintaanmu, berarti aku telah memberikannya pada orang lain. Dengan demikian, apakah dia akan tetap berumur 40 tahun?
  • Kisah Bijak Para Sufi: Bendungan
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 05:55 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan sumber yang sejati.
  • Kisah Sufi yang Cerdik Kalahkan Setan Raksasa Jahat
    Hikmah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 11:55 WIB
    Versi ini berasal dari suatu Majmua (kumpulan kisah darwis) yang aslinya ditulis oleh Hikayati pada abad ke-11, menurut kolofon, tetapi dalam bentuknya yang kita baca ini ia berasal dari abad ke-16.
  • Kisah Sufi: Emas Keberuntungan dari Saudagar Dermawan Abdul Malik
    Hikmah
    Jum'at, 19 November 2021 - 14:48 WIB
    Kisah ini lebih condong pada bentuk perumpamaan daripada kebanyakan kisah sejenis. Pusatkan perhatian pada bagian awal cerita, bukan pada pesan moralnya. Itu menunjukkan padamu tentang metode.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Darwis dan Putri Raja
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 06:06 WIB
    Dalam keadaan terpesona habis-habisan itu, Sang Darwis tidak berbuat apa pun selama tujuh tahun. Tidak lama kemudian setelah itu, Sang Darwis luntang-lantung di jalan.
  • Kisah Sufi: Pelajaran untuk Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:37 WIB
    Versi ini muncul dalam sebuah tulisan darwis pengembara yang dikutip dari sebuah cerita yang dianggap berasal dari Amir Sultan, Syaih dari Bokhara, yang mengajar di Istanbul dan meninggal pada tahun 1429.
  • Kisah Sufi: Mencari Makna Ular dan Merak
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 20:32 WIB
    Merak diartikan juga sebagai perhiasan, sedangkan bentuk huruf Ular sama dengan bentuk huruf kata organisme dan kehidupan. Ini erkait dengan perlambangan samar Pemujaan Malaikat Merak Kaum Yezidi.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang Berjalan di Atas Air
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 06:44 WIB
    Selain terdapat dalam sastra populer masa kini di Timur, kisah ini juga ditemukan dalam naskah-naskah ajaran darwis, beberapa di antaranya merupakan naskah yang besar.
  • Al-Quran Dokumen Rahasia yang Mengandung Ajaran Sufi
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 10:31 WIB
    Para teolog cenderung beranggapan bahwa interpretasi Al-Quran hanya bisa diterima jika sejalan dengan cara agama konvensional. Bagi para sufi klasik, Al-Quran merupakan dokumen rahasia.
  • Kisah Sufi: Emas Keberuntungan Saudagar Abdul Malik
    Hikmah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 10:03 WIB
    Sang darwis pada awal tahun 1950-an menasihati: Pusatkan perhatian pada bagian awal cerita, bukan pada pesan moralnya. Itu menunjukkan padamu tentang metode.
  • Naudzubillah, Gelar Timur Lank dari Nashruddin
    Hikmah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 06:40 WIB
    Suatu ketika, Timur Lank bertanya pada Nashruddin tentang gelar yang pantas untuknya. Soalnya, seluruh pemimpin dinasti Abbasiyyah memiliki gelar berbeda-beda.
  • Kisah Sufi: Berharga dan Tak Berharga
    Hikmah
    Selasa, 23 November 2021 - 13:08 WIB
    Raja yang disinggung dalam kisah ini diduga adalah mendiang Nadir Shah dari Afghanistan, yang diabdi oleh Sufi Abdul-Hamid Khan, dan yang wafat pada tahun 1933.
  • Kisah Sufi: Ketika Setan Kehilangan Pekerjaan
    Hikmah
    Senin, 16 November 2020 - 06:44 WIB
    Al-Hiri mengatakan apa yang ia lakukan tidak lebih dari yang dilakukan anjing terlatih. Kalau engkau memanggilnya, ia datang ketika engkau mengusirnya, ia pergi.
  • Kisah Sufi: Maruf Si Tukang Sepatu dengan Istri yang Berhati Busuk
    Hikmah
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 10:01 WIB
    Seperti berbagai kisah darwis lainnya, kisah ini terdapat juga dalam Malam-malam Arab (Arabian Nights). Tetapi tak seperti kebanyakan alegori Sufi, kisah ini tak berbentuk sajak
  • Kisah Sufi Imam Al-Ghazali: Tempat Penjual Wangi-wangian
    Hikmah
    Senin, 13 Desember 2021 - 10:06 WIB
    Kisah ini untuk menggaris bawahi ajaran sufi bahwa hanya beberapa dari sekian benda yang kita akrabi yang memiliki pertalian dengan dimensi lain.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kisah Pasir
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 06:24 WIB
    Sungai itu yakin sudah takdir baginya untuk melintasi gurun itu, tetapi sejauh ini usahanya gagal. Terdengarlah suara: angin bisa menyeberangi gurun, sungai pun bisa.