Topik Terkait: Ijtima Ulama (halaman 23)

  • Indonesia Serpihan Surga...
    Dunia Islam
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 19:47 WIB
    Banyak ulama menyebut Indonesia adalah serpihan Surga yang terjaga di dunia. Bukan hanya karena muslimnya yang dikenal moderat, tapi negeri ini juga bertabur keindahan.
  • Pengurus MUI Sebut Indonesia...
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Juni 2021 - 17:15 WIB
    Pengurus MUI Pusat Bidang Penanganan Terorisme, M Najih Arromadloni menyebut pemerintah Indonesia seringkali dilabeli anti Islam dan mengkriminalisasi ulama.
  • Begini Pendapat Sejumlah...
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 11:26 WIB
    Ibnu Hajar mengatakan pelaku bidah itu ada yang menjadi kafir dan fasiq. Bahwa perbuatan bidah ada yang menjadikan pelakunya kafir, ini disepakati oleh para ulama. Misalnya, (bidah) pada ajaran Rafidhah ekstrim.
  • Ibnu Katsir: Karyanya...
    Dunia Islam
    Jum'at, 12 November 2021 - 16:29 WIB
    Ibnu Katsir adalah sosok ulama yang menguasai beragam bidang keilmuan. Kepakarannya dibuktikan dengan karya-karya berkualitas tinggi, tidak lekang oleh sejarah, dan masih dapat dinikmati hingga kini.
  • Haul ke-15 Abah Guru...
    Hikmah
    Jum'at, 06 Maret 2020 - 19:15 WIB
    Salah satu amalan Abah Guru Sekumpul adalah membaca salawat Nabi lebih dari 30 ribu kali dan mengkhatamkan Dalail Khairat setiap harinya.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Habib Saggaf Al-Jufri...
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 23:40 WIB
    Indonesia kembali berduka atas wafatnya ulama kharismatik, Ketua Utama Alkhairaat Al-Habib Saiyid Saggaf Muhammad Al-Jufri, Selasa, 3 Agustus 2021 pukul 15.50 WITA di RS Alkhairaat Palu.
  • Habib Ali Zainal Abidin:...
    Tausiyah
    Kamis, 23 Mei 2019 - 15:18 WIB
    Acara Spesial Nuzulul Quran dan Haul Ahlul Badar yang digelar Majelis Rasulullah di Masjid Jami Al-Munawar, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019) menghadirkan Pimpinan Majelis Daarul Murtadza Malaysia.
  • 10 Kalam Indah Syaikh...
    Tausyiah
    Selasa, 27 September 2022 - 06:45 WIB
    Umat Islam kehilangan salah satu ulama berpengaruh, Syaikh DR Yusuf Al-Qaradhawi yang wafat Senin, 26 September 2022. Berikut 10 kalam Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi yang menyentuh hati.
  • Penjelasan Ulama tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 18:21 WIB
    Islam mengajarkan agar jangan menunda-nunda sedekah. Karena sejatinya, semua harta adalah milik Allah Subhanahu wa Taala. Dan ketika Allah Taala menganjurkan sedekah, maka umat Islam tidak boleh lagi menunda-nunda, harus segera dilaksanakan.
  • Kisah Orang Saleh Bermimpi...
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 17:18 WIB
    Kiyai Ruhuddin (Dewan Guru Yayasan Al-Fachriyah Tangerang) bercerita tentang kisah seorang saleh bermimpi bertemu Nabi Muhammad shallallaahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Jawaban Cerdas Imam...
    Hikmah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 22:54 WIB
    Imam Syafii adalah seorang Ulama dengan level mujtahid mutlak yang fatwanya diikuti umat Islam. Berikut kisah beliau ketika menghadapi orang-orang bodoh (jahil).
  • Salat Rebo Wekasan Amalan...
    Tausyiah
    Selasa, 12 September 2023 - 17:00 WIB
    KH Hasyim Asyari melarang ulama mengeluarkan fatwa mengajak dan melakukan salat Rebo Wekasan. Beliau menegaskan bahwa salat Rebo Wekasan tidak ada dasarnya dalam syariat.
  • KH Hasyim Asyari: Sholat...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:03 WIB
    Pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asyari, melarang ulama mengeluarkan fatwa mengajak dan melakukan sholat Rebo Wekasan. Shalat tersebut tidak ada dasarnya dalam syariat, tegasnya.
  • Kisah Imam Hasan Al-Bashri...
    Hikmah
    Kamis, 02 Maret 2023 - 22:32 WIB
    Imam Hasan Al-Bashri (22-110 H) adalah sosok ulama Tabiin yang sangat dihormati berkat keluasan ilmu dan petuahnya. Beliau punya tetangga Nasrani akhirnya masuk Islam.
  • Tiga Alasan Ulama Haramkan...
    Tausyiah
    Rabu, 08 September 2021 - 19:10 WIB
    Menonton film porno tidak diperbolehkan secara hukum. Hal ini dilandasi tiga alasan. Di sisi lain ada yang bertanya, perbuaan ini masuk dosa besar atau kecil?
  • Gus Mus: Selamat Pagi...
    Hikmah
    Kamis, 02 April 2020 - 06:05 WIB
    Gus Mus seakan tengah bicara tentang kondisi kini, saat orang-orang sibuk berjemur pada matahari pagi dan lebih rajin membersihkan diri untuk melawan virus corona.
  • Legasi KH Abdullah Syukri...
    Hikmah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 22:54 WIB
    Di Gontor ada masa perkenalan untuk santri baru dan lama. Tahun 1994 saya alami masa perkenalan itu, sama sekali tidak diminta bawa batu kali, jangkrik atau yang aneh-aneh.
  • Dialog Huzhaifah dan...
    Hikmah
    Rabu, 02 November 2022 - 09:05 WIB
    Suatu ketika Huzhaifah bin Yaman ra yang pakar di bidang fitnah dan masa depan bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hal-hal yang buruk, terkait munculnya dai yang mengajak ke neraka.
  • Kisah Guru Imam Junaid...
    Hikmah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 08:35 WIB
    Dikisahkan, seorang wali besar sekaligus guru Imam Junaid Al-Baghdadi (220-298 Hijriyah) yang bermukim di Baghdad. Beliau adalah Syaikh Imam Abu Ishaq Annuri rahimahullah.
  • MUI Imbau Salat Ghaib...
    Hikmah
    Senin, 23 Maret 2020 - 07:40 WIB
    Seiring bertambahnya korban wabah Covid-19 dan tidak terkendalinya penyebaran virus Corona tersebut, Komisi Fatwa MUI mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Ghaib.