Topik Terkait: Imam Junaid Albaghdadi

  • Kisah Guru Imam Junaid Al-Baghdadi Menjadi Pengemis di Pasar
    Hikmah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 08:35 WIB
    Dikisahkan, seorang wali besar sekaligus guru Imam Junaid Al-Baghdadi (220-298 Hijriyah) yang bermukim di Baghdad. Beliau adalah Syaikh Imam Abu Ishaq Annuri rahimahullah.
  • Ketika Junaid Al-Baghdadi Dianggap Pilih Kasih Terhadap Santrinya
    Hikmah
    Jum'at, 10 September 2021 - 17:05 WIB
    Junaid Al-Baghdadi mempunyai anak didik yang amat ia senangi. Santri-santri Junaid yang lain menjadi iri hati. Mereka tak dapat mengerti mengapa Syaikh memberi perhatian khusus kepada anak itu.
  • Kisah Imam Junaid dan Pengemis, Pelajaran Bagi yang Suka Ghibah
    Hikmah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 15:05 WIB
    Kisah Imam Junaid Al-Baghdadi dan seorang pengemis ini patut dijadikan pelajaran berharga. Kisah ini juga menyelamatkan Imam Junaid dari dosa ghibah. Berikut kisahnya.
  • Haji Mabrur: Membaca Ulang Sai dan Mencukur Rambut Kita
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Juli 2022 - 08:58 WIB
    Ketika berdiri di bukit Shafa, sucikan ruh dan batinmu untuk menemui Tuhan pada hari pertemuan dengan-Nya dan menempatkan diri pada pengawasan-Nya dengan membersihkan perilaku di Marwa.
  • Haji Mabrur: Penyembelihan Kurban Adalah Mengurbankan Hawa Nafsu
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 11:26 WIB
    Ketika engkau sampai di tempat penyembelihan dan melakukan kurban, apakah engkau telah mengurbankan segala hawa nafsumu? tanya Imam Junaid Al-Baghdadi.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (3/Tamat)
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 17:52 WIB
    Imam Syafii (wafat 204 H) adalah salah satu murid terbaik Imam Malik, ulama pendiri Mazhab Maliki (wafat 179 H). Berikut pujian Imam Malik kepada Imam Syafii.
  • Tajamnya Firasat Imam Syafii dan Imam Asy-Syaibani, Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Senin, 21 November 2022 - 06:30 WIB
    Hati-hati dengan firasat orang saleh. Mereka memiliki firasat yang tajam sebagaimana kisah Imam Syafii dan Imam Muhammad As-Syaibani. Berikut kisahnya.
  • Adab Imam dan Makmum dalam Sholat Berjamaah
    Tips
    Minggu, 12 September 2021 - 21:13 WIB
    Adab imam dan makmum dalam sholat berjamaah penting untuk diketahui kaum muslimin. Sebagaimana diriwayatkan, sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendirian 27 derajat.
  • Kisah Imam Malik dan Imam Syafii Tertawa Menyikapi Rezeki
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 09:10 WIB
    Bagaimana memperoleh rezeki kerap mengundang perbedaan pendapat dari banyak orang. Hal ini pula pernah menjadi perdebatan Imam Maliki dan Imam Syafii yang merupakan guru dan murid.
  • Kisah Makam Imam Bukhari dan Soekarno
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:37 WIB
    Kisah makam Imam Bukhari melibatkan nama Presiden Pertama Indonesia, Sukarno. Kisahnya diceritakan dalam buku Dunia dalam Genggaman Bung Karno. Hanya saja, banyak yang meragukan kebenaran kisah tersebut.
  • Ketika Imam Syafii Tidak Qunut, Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Kamis, 03 Juni 2021 - 15:27 WIB
    Kisah Imam Syafii dapat dijadikan teladan betapa akhlak adalah hal yang sangat dujunjung tinggi oleh beliau. Suatu ketika, beliau tidak berqunut ketika sholat Subuh. Apa sebab?
  • Siapa yang Lebih Berhak Menjadi Imam Sholat?
    Tausyiah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 08:00 WIB
    Imam shalat adalah orang yang shalatnya diikuti orang lain dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syariah. Siapakah yang lebih berhak menjadi imam shalat?
  • Karomah Imam Ahmad bin Hanbal Ulama Penghafal Sejuta Hadis
    Hikmah
    Rabu, 26 Oktober 2022 - 17:13 WIB
    Karomah ulama besar yang juga pendiri Mazhab Hanbali, Imam Ahmad bin Hanbal (164-241 Hijriyah) benar-benar menakjubkan. Berikut di antara karomah beliau.
  • Begini Wirid yang Diajarkan Imam Al-Ghazali setelah Salat Jumat
    Tips
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 10:49 WIB
    Apabila telah selesai salat Jumat dan sebelum berbicara, bacalah surat al-Fatihah, surat al-Ikhlas, surat al?Falaq dan surat an-Naas, masing-masing tujuh kali.
  • Inilah Pujian Ulama kepada Imam Al-Ghazali
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 08:05 WIB
    Imam Al-Ghazali adalah tokoh ulama besar, ahli fiqih dan tasawuf yang dikagumi banyak ulama dan kaum muslimin. Beliau dijuluki mujaddid abad kelima Hijriyah.
  • Imam Syafii, Meramu Pendapat Fikih Imam Malik dan Imam Abu Hanifah
  • 3 Fakta Imam Mahdi yang Patut Diketahui
    Hikmah
    Sabtu, 27 Agustus 2022 - 15:47 WIB
    Hari Kiamat tidak akan terjadi sebelum kemunculan sosok Imam Mahdi sebagai khalifah yang memimpin umat Islam di akhir zaman. Berikut tiga fakta Imam Mahdi.
  • Imam Syafii, Syair Zuhud dan Syair Akhlak Karyanya
    Hikmah
    Senin, 09 Agustus 2021 - 15:27 WIB
    Imam Syafii dikenal sebagai salah seorang dari empat imam madzhab tetapi tidak banyak yang tahu bahwa ia juga seorang penyair. Berikut contoh syair sang imam tersebut.
  • Saat Imam Syafi’i Berguru ke Imam Malik di Madinah
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 04:19 WIB
    Berbekal surat pengantar dari wali Makkah yang ditujukan kepada Imam Malik, Imam Syafii berangkat meninggalkan kampung halamannya, Makkah ke Madinah.
  • Kemenag Tetapkan 44 Imam Masjid untuk UEA Tahun 2023, Ini Nama-namanya
    Dunia Islam
    Rabu, 14 Juni 2023 - 09:33 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 44 nama imam masjid untuk diberangkatkan ke Uni Emirat Arab (UEA).