Topik Terkait: Jagat Bumi Langit (halaman 2)

  • Kisah Nabi Idris yang Wafat di Langit ke-4
    Hikmah
    Selasa, 05 Desember 2023 - 14:25 WIB
    Nama aslinya Khanukh. Nabi Idris sempat menemui Adam selama 380 tahun. Allah memujinya dan memberinya kedudukan sebagai Nabi dan memberinya sifat jujur.
  • Tadabbur Al-Hasyr Ayat 1: Semua yang di Langit dan Bumi Bertasbih kepada Allah
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 20:38 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang keagungan Allah dimana semua makhluk yang ada di langit maupun di bumi bertasbih kepada Allah. Berikut penjelasannya.
  • Hikmah Pergantian Siang dan Malam Menurut Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 15:39 WIB
    Hikmah pergantian siang dan malam menurut Al-Quran dan Sains menarik untuk dipelajari. Fenomena ini tidaklah terjadi begitu saja kecuali di dalamnya ada pelajaran berharga.
  • Dahsyatnya Gempa Bumi Turki-Suriah, Berikut Peristiwa Gempa Bumi pada Era Para Nabi
    Hikmah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 14:01 WIB
    Gempa bumi sudah terjadi sejak dulu kala. Pada zaman para Nabi, gempa menjadi hukuman dari Allah SWT kepada suatu kaum. Al-Quran menginformasikan hal seperti itu.
  • 3 Fakta Masjid Tertinggi di Jakarta, Masjid Ar Rahim yang Punya Arti dan Filosofinya Tersendiri
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 April 2024 - 03:05 WIB
    Masjid tertinggi di Jakarta menjadi salah satu masjid paling unik di Indonesia karena ketinggiannya yang seperti gedung-gedung pencakar langit. Ikoniknya masjid ini membuat banyak warga metropolitan tertarik untuk mengunjunginya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Quraish Shihab: Bencana dari Langit, Doa Naik Membumbung ke Atas
    Hikmah
    Rabu, 22 April 2020 - 09:01 WIB
    Ulama Tafsir Indonesia, Profesor M. Quraish Shihab, mengajak umat Islam untuk berusaha, salah satunya dengan doa, dalam menghadapi wabah corona atau Covid-19.
  • Abu Nawas dan Baginda Sama Gilanya Usai Bangun Istana di Langit
    Hikmah
    Selasa, 08 Februari 2022 - 10:57 WIB
    Baginda berkeinginan membangun istana di langit. Abu Nawas ditunjuk sebagai pimpinan proyek. Abu Nawas menyanggupi menggarap proyek Baginda yang tak masuk di akal itu.
  • 3 Hikmah Besar pada Penciptaan Matahari dan Bulan
    Hikmah
    Minggu, 25 September 2022 - 22:33 WIB
    Allah menciptakan matahari bersinar dan bulan bercahaya sebagai bukti kekuasaan-Nya. Setidaknya ada tiga hikmah besar di balik penciptaan matahari dan bulan ini.
  • Hikmah Menatap Langit, Ibadah Sunnah yang Terlupakan
    Muslimah
    Jum'at, 13 November 2020 - 15:32 WIB
    Menatap langit artinya menyaksikan salah satu tanda kebesaran, keperkasaan, dan kekuasaan Allah. Maka tak heran, bila Syaikh Abdul Aziz Ath-Tharifi mengatakan bahwa menatap langit termasuk ibadah sunnah.
  • Surat Al-Mulk Ayat 15: Hikmah di Balik Penciptaan Bumi dan Penjelasan Sains
    Hikmah
    Rabu, 30 November 2022 - 17:02 WIB
    Salah satu kekuasaan Allah tidak hanya menciptakan tujuh langit berlapis, tetapi juga menciptakan bumi untuk makhluk-Nya. Berikut hikmah di balik penciptaan bumi.
  • Doa Bila Terjadi Gempa Bumi dan Ketika Selamat dari Musibah Itu
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 19:07 WIB
    Berikut adalah doa ketika terjadi gempa bumi dan doa untuk mereka yang terkena musibah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Mari kita amalkan pada saat musibah itu terjadi.
  • Mengenal 8 Keutamaan Surat Al-Fatihah, Salah Satunya Pembuka Pintu Langit
    Hikmah
    Senin, 04 September 2023 - 18:40 WIB
    Ada banyak keutamaan surat Al-Fatihah yang bisa diketahui umat Muslim. Salah satunya adalah menjadi pembuka pintu langit. Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al Quran.
  • Doa Nabi Isa Memohon Rezeki dari Langit
    Hikmah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 09:03 WIB
    Nabi Isa as berdoa kepada Allah untuk diberi rezeki. Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan yang dimaksud ialah rezeki yang mudah diperoleh tanpa susah payah.
  • Adzan Senyap di Bumi Andalusia
    Hikmah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:01 WIB
    Masjid Al Hooda ini berada di lantai dasar sebuah apartemen di kawasan Kota Tua Cadiz. Umat Islam menyewa 400 Euro perbulan untuk ruangan yang terletak di jalan di tikungan jalan Compo de Sur.
  • Seluruh Bumi Hakikatnya Adalah Masjid
    Hikmah
    Senin, 06 April 2020 - 07:34 WIB
    Kini, umat Islam lebih banyak salat berjamaah di rumah mereka. Keramaian di masjid dipindah ke rumah. Para suami menjadi imam salat bagi istri dan anak-anaknya.
  • Arti Kekhalifahan di Bumi Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 05:30 WIB
    Hubungan ini, walaupun tidak disebutkan secara tersurat dalam ayat di atas, tersirat karena penunjukan sebagai khalifah tidak akan ada artinya jika tidak disertai dengan penugasan atau istikhlaf.
  • 6 Tanda Kebesaran Allah yang Wajib Disyukuri, Nomor 2 Sering Diabaikan
    Hikmah
    Minggu, 27 Maret 2022 - 08:05 WIB
    Penciptaan alam semesta berikut isinya perlu direnungkan kaum muslimin agar menambah keimanan kita kepada Allah. Ada 6 tanda kebesaran Allah yang wajib kita syukuri.
  • Kisah Malaikat yang Dipatahkan Sayapnya karena Tak Mau Beri Hormat pada Rasulullah
    Hikmah
    Selasa, 11 Januari 2022 - 19:52 WIB
    Ada kisah menarik tentang malaikat yang dihukum Allah Subahanhu wa taala, karena terbukti enggan menghormati kedatangan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Bagaimana kisah sebenarnya?
  • Kisah Jin Mencuri Kabar dari Langit
    Hikmah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 23:36 WIB
    Dulu sebelum Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam diutus, bangsa Jin dapat menduduki tempat-tempat di langit itu untuk mencuri kabar dan mengetahui rahasia langit.
  • Wanita Penggugat yang Doanya Menembus Hingga Tujuh Langit
    Muslimah
    Sabtu, 27 Juni 2020 - 05:47 WIB
    Inilah kisah seorang wanita yang mengajukan gugatan kepada pemimpin anak Adam alaihissalam yang mengandung banyak pelajaran yang menjadikan seorang wanita dapat mengangkat kepalanya tinggi-tinggi dengan bangga dan perasaan mulia.