Topik Terkait: Ketahanan Pangan (halaman 103)

  • Siapa yang Lebih Berhak...
    Tausyiah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 08:00 WIB
    Imam shalat adalah orang yang shalatnya diikuti orang lain dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syariah. Siapakah yang lebih berhak menjadi imam shalat?
  • Ibadah Senang, Gus Baha...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:41 WIB
    Sudahlah, percaya saya: tidak ada ibadah sehebat senang. Karena setan itu, innama najwa minasy syaithan liyahzunalladziina aamanu. Jadi setan itu targetnya biar orang mukmin susah.
  • Hukum Infak, Sedekah...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:48 WIB
    Zakat, infak dan sedekah sangat akrab di telinga kaum muslimin seolah sudah menjadi satu kesatuan. Banyak yang bertanya apakah ketiga istilah itu sama maknanya. Berikut penjelasannya.
  • Disiksa Dalam Neraka...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 15:23 WIB
    Ada orang yang beriman yang sebelum masuk surga, ia masuk neraka lebih dahulu, yang lamanya sesuai dengan berat atau ringannya dosa yang telah diperbuatnya selama hidup di dunia.
  • Pandangan Islam Terhadap...
    Tausyiah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 17:46 WIB
    Di berbagai daerah di Indonesia, kalangan muslim sering menggelar Tahlilan, Yasinan, ulang tahun, haul atau selamatan dan ritual lainnya. Bagaimana pandangan Islam terhadap hal ini?
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Kisah Perlawanan Sengit...
    Hikmah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 18:22 WIB
    Politik tahkim itu benar-benar hanya tipu muslihat Muawiyah sehingga melahirkkan kelompok kontra tahkim dalam pasukan Ali bin Abu Thalib. Mereka menggugat, dan melemparkan segala kesalahan kepada Ali.
  • Kaum Khawarij Angggap...
    Hikmah
    Senin, 08 Februari 2021 - 08:48 WIB
    Orang-orang yang tergabung dalam kelompok Khawarij itu banyak berasal dari prajurit-prajurit berpengalaman. Mereka mempunyai keyakinan yang sangat teguh dan keras sekali terhadap lawan.
  • Canda Ala Sufi: Ketika...
    Hikmah
    Senin, 08 Februari 2021 - 06:58 WIB
    Karena saat itu musim semi, udara sangat dingin, sehingga Nashruddin kedinginan dan lapar. Dia menggeleng-gelengkan kepalanya, dan dengan susah-payah dia melepaskan tubuhnya dari himpitan tanah.
  • Alhamdulillah! Ini Manfaat...
    Tausyiah
    Senin, 08 Februari 2021 - 16:40 WIB
    Salah Tahajud adalah salat yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur dari Isya hingga menjelang Subuh. Ibadah ini ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.
  • Kisah Tobatnya Imam...
    Hikmah
    Senin, 08 Februari 2021 - 19:12 WIB
    Dalam Kitab Tadzkiratul Auliya Syekh Fariduddin Al-Atthar menceritakan kisah tobatnya Imam Bisyr Al-Hafi, seorang sufi besar, guru dari Imam Ahmad bin Hanbal (pendiri Mazhab Hanbali).
  • 5 Penyebab Bencana dan...
    Tausyiah
    Senin, 08 Februari 2021 - 21:18 WIB
    Di antara musibah yang terjadi, Allah menjadikan sebagai penggugur dosa bagi hamba-Nya dan ada juga yang jadi peringatan untuk diambil pelajaran.
  • Mari ke Surga..! Slogan...
    Hikmah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 07:28 WIB
    Jumlah anggota pasukan Khawarij lebih kurang 1.500 orang, termasuk anggota pasukan penunggang kuda. Kebanyakan mereka tewas dan tinggal 400 orang begitu perahg usai.
  • Naudzubillah, Gelar...
    Hikmah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 06:40 WIB
    Suatu ketika, Timur Lank bertanya pada Nashruddin tentang gelar yang pantas untuknya. Soalnya, seluruh pemimpin dinasti Abbasiyyah memiliki gelar berbeda-beda.
  • Dipuji Rasulullah, Inilah...
    Hikmah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 09:09 WIB
    Rasulullah kerap memuji sahabat yang satu ini dengan sebutan laki-laki penghuni surga. Pernyataan beliau pun mengejutkan sahabat lain yang mendengarnya.
  • Fadhilah Salat Sunnah...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 17:58 WIB
    Salat Awwabin adalah salah satu salat sunnah yang memilik keutamaan besar. Awwabin berasal dari Bahasa Arab yang berarti orang yang sering bertaubat dan kembali kepada Allah Taala.
  • Kiamat Sudah Dekat,...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Hari kiamat merupakan kebangkitan kebahagiaan bagi suatu kaum dan menjadi kegelisahan pada yang lain, menjadi hari raya bagi sebagian kaum dan menjadi hari ratapan bagi sebagian yang lainnya.
  • Hukum Mengucapkan Salam...
    Muslimah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 15:34 WIB
    Perintah mengucapkan salam adalah umum untuk seluruh orang beriman. Perintah ini mencakup laki-laki dan perempuan. Namun, hal ini dikecualikan jika seorang pria mengucapkan salam pada perempuan non mahram.
  • Ini Mengapa Ujian Bisa...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 13:53 WIB
    Terjadinya malapetaka merupakan buah akibat dari perbuatan manusia sendiri yang mengundang laknat dan murka Allah yang bukan hanya menimpa pelaku kezaliman saja.
  • Pernyataan Pilu Ali...
    Hikmah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 15:50 WIB
    Selesai perang melawan kaum Khawarij dan sebelum meninggalkan Nehrawan untuk berangkat melanjutkan perang melawan Muawiyah, Ali bin Abu Thalib r.a. mengucapkan pidato di depan para pengikutnya.
  • Canda Ala Sufi: Ketika...
    Hikmah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 21:39 WIB
    Nashruddin melihat-lihat bakal rumahnya itu. Tiba-tiba, dia buang angin. Sembari menunjuk sebuah tempat, dia berkata, Dan di sini kita akan bangun kamar kecil.