Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah

  • Kisah Khalifah Abu Bakar...
    Hikmah
    Rabu, 27 Desember 2023 - 12:48 WIB
    Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq mengutus Ala bin Hadrami kembali ke Bahrain memimpin sebuah brigade dari kesebelas brigade untuk menghadapi golongan murtad di negeri itu.
  • Maaf dan Marah Khalifah...
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Politik Abu Bakar memberi maaf itu bukan berarti suatu kelonggaran atau ragu dari pihaknya, tetapi dimaksudkan meredam segala gejolak. Tujuannya untuk kebaikan Islam dan Muslimin.
  • Begini Jawaban Ibnu...
    Hikmah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 18:47 WIB
    Muawiyah berkata kepada Said: Demi Allah, aku akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Ibnu Abbas yang kira-kira ia tidak akan mampu menjawabnya.
  • Profil dan Biografi...
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Desember 2023 - 14:04 WIB
    Abu Bakar Ash-Shiddiq menjadi salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang termasuk paling awal memeluk agama Islam (Assabiqunal Awwalun). Bagaimana biografinya?
  • Ciri Khas Masa Khalifah...
    Hikmah
    Jum'at, 29 September 2023 - 17:20 WIB
    Pada masa Rasulullah adalah masa wahyu dari Allah. Allah telah menyempurnakan agama itu untuk umat manusia, telah melengkapinya dengan karuniaNya dan dengan Islam sebagai agama yang dipilihkan-Nya untuk mereka.
  • Benarkah Sayyidina Ali...
    Hikmah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 13:23 WIB
    Setelah orang datang berkumpul hendak mengikrarkan Abu Bakar, konon datang Abu Sufyan mengatakan: Sungguh, hanya darah yang akan dapat memadamkan sampah ini.
  • Kisah Abu Nawas Nyaris...
    Hikmah
    Senin, 10 Juli 2023 - 06:45 WIB
    Abu Nawas merupakan penyair terkenal yang hidup pada zaman Bani Abbasiyah tepatnya saat Khalifah Harun Ar-Rasyid berkuasa. Syairnya pernah bikin jengkel dan marah sang Khalifah.
  • Ali bin Abdullah bin...
    Hikmah
    Selasa, 08 Februari 2022 - 17:15 WIB
    Lantaran dikenal memperbanyak ibadah dan sholat, Ali bin Abdullah bin Al-Abbas mendapat julukan As Sajjad atau yang banyak bersujud. Beliau adalah kakek para khalifah Bani Abbasiyah.
  • Sikap Khalifah Abu Bakar...
    Hikmah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 11:07 WIB
    Pada era Khalifah Abu Bakar sudah terpikir untuk membebaskan Syam dan Irak dari kekuatan imperium tersebut. Apalagi, kala itu Abu Bakar sukses menumpak kaum murtad.
  • Ini Perintah Pertama...
    Hikmah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 14:07 WIB
    Perintah pertama yang dikeluarkan Abu Bakar Ash-Shiddiq begitu selesai pelantikan sebagai Khalifah ialah: Teruskan pengiriman pasukan Usamah bin Zaid.
  • Kisah Al-Mutsanna: Perintah...
    Hikmah
    Senin, 15 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Orang-orang Arab di Irak bekerja sebagai petani , tetapi hasil yang menjadi bagiannya sedikit sekali. Sebagian besar hasil bumi itu jatuh ke tangan pejabat-pejabat Persia.
  • Kebijakan Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 12:09 WIB
    Persamaan adalah pola Islam dan oleh karenanya ia merupakan inti kedaulatannya. Sejumlah kebijakan Rasulullah SAW menyadarkan umat Islam bahwa Islam adalah agama persamaan.
  • Kisah Wafatnya Abu Bakar...
    Hikmah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 07:00 WIB
    Usaid bin Shafwan berkisah, ketika Abu Bakar Ash-Shiddiq wafat, maka Madinah pun tergetar karena tangisan penduduknya, sebagaimana halnya saat Rasulullah wafat.
  • Tragis, Abu Dzar Al-Ghifari...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 17:28 WIB
    Abu Dzar dikucilkan dalam pembuangan di Rabadzah. Tak boleh ada seorang pun mengajaknya berbicara dan mengucapkan selamat jalan atau mengantarkannya dalam perjalanan.
  • Mengenal Khalifah Abu...
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 23:24 WIB
    Berdirinya Dinasti Abbasiyah sebagai kekhalifahan Islam ketiga tak lepas dari sosok Abdullah bin Muhammad atau dikenal dengan Abu Abbas As-Saffah.
  • Perebutan Kursi Khalifah:...
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 08:51 WIB
    Demi untuk memelihara kesentosaan Islam dan menjaga keutuhan ummat dari bahaya perpecahan, akhirnya Ali secara ikhlas menyatakan kesediaan mengadakan kerjasama dengan khalifah Abu Bakar
  • Kisah Pembangkangan...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 18:43 WIB
    Memecat Muawiyah tidaklah mudah. Ia relatif lama menjadi penguasa di Syam. Ia bukan hanya membangkang, bahkan menentang kekhalifahan Ali secara terang-terangan.
  • Kisah Abu Ubaidah Ragu...
    Hikmah
    Kamis, 13 Juni 2024 - 14:59 WIB
    Pemecatan Khalid itu dipicu masalah pemberian hadiah kepada Al-Asyas bin Qais 10.000 dirham. Bilal bin Rabah telah menginterogasi dirinya. Khalid mengaku bahwa duit itu adalah milik pribadinya.
  • Kezuhudan Istri Khalifah
    Muslimah
    Minggu, 08 November 2020 - 15:18 WIB
    Dia adalah putri seorang khalifah, memiliki saudara para khalifah, dan dipersunting oleh seorang laki-laki saleh yang juga menjadi khalifah. Anugerah terindah dan juga impian mayoritas kaum perempuan.
  • Kisah Abu Bakar Membela...
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 17:40 WIB
    Keberanian Abu Bakar membela Rasulullah SAW perlu diketahui kaum muslim. Berikut kisahnya diceritakan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam satu kajiannya.