Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 24)

  • Kisah Nabi SAW Mencintai...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 11:56 WIB
    Rasulullah SAW sangat mencintai pamannya, Abbas bin Abdul Muthalib ra. Kendati demikian, beliau tidak memberi jabatan di pemerintahan kepada Abbas padahal sang paman sangat menginginkan jabatan tersebut.
  • Kisah Harun Al-Rasyid...
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Mei 2022 - 18:25 WIB
    Pada tahun kedua, pemerintahan Khalifah Harun Al-Rasyid, wilayah Dinasti Abbasiyah mendapat rongrongan baru dengan lahirnya Dinasti Idrisiyah di Maroko dan bangkitnya Kekaisaran Carolingian di Eropa Barat.
  • Dua Bagian Suul Khatimah,...
    Tausyiah
    Kamis, 03 Juni 2021 - 18:07 WIB
    Perbuatan dosa dapat dibagi menjadi dosa kecil dan dosa besar. Namun, dosa kecil yang dilakukan secara intensif akhirnya akan menumpuk sehingga menjadi besar.
  • Kematian Husnul Khatimah...
    Hikmah
    Rabu, 02 Juni 2021 - 19:44 WIB
    Bila saja dapat diprediksi kapan ia datang, tahun berapa, dan hari apa, mungkin seseorang masih bisa mempersiapkan segala amal kebajikan untuk menghadapi apa pun setelah maut menjemput.
  • Kisah Penciptaan Nafsu...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Januari 2020 - 16:19 WIB
    Pengarang Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai) Abu Laits As-Samarqandi menceritakan kisah penciptaan Akal (al-Aql) dan Nafsu (Nafsun atau Nufusun).
  • Kondisi Dunia dan Kaum...
    Hikmah
    Jum'at, 24 Februari 2023 - 14:54 WIB
    Kondisi dunia dan kaum muslim setelah terbunuhnya Dajjal amatlah damai dan makmur. Hanya saja, setelah 7 tahun kondisi kembali bergolak setelah Allah SWT mengutus Yajuj dan Majuj.
  • Kisah Kedatangan Nabi...
    Hikmah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:14 WIB
    Kisah kedatangan Nabi Isa pada akhir zaman versi Islam dan Nasrani hampir sama. Rasulullah SAW menyatakan, sesungguhnya menjelang hari kiamat nanti, Isa akan turun kembali ke bumi.
  • Abu Bakar Menangis Ketika...
    Hikmah
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 17:34 WIB
    Suatu malam Khalifah Abu Bakar Asshiddiq radhiyallahu anhu bermimpi dalam tidurnya. Kemudian beliau menangis hingga tangisannya terdengar Sayyidina Umar bin Khatthab.
  • Ketika Muhammad bin...
    Hikmah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 10:17 WIB
    Yazid berkata, kalian akan melihat bahwa di antara ummat Muhammad SAW senantiasa ada yang tidak menginginkan harta ini ataupun yang semacam dengan ini yang ada di atas bumi.
  • Abu Hurairah: Dasar,...
    Hikmah
    Kamis, 15 April 2021 - 16:05 WIB
    Faedah fiqih kisah ini adalah bahwa makan dan minum di siang bulan puasa dalam keadaan lupa tidaklah membatalkan puasa karena itu bukanlah keinginan dirinya, melainkan anugerah dari Allah.
  • Asal-usul Nama Yahudi...
    Hikmah
    Sabtu, 21 Januari 2023 - 15:10 WIB
    Nama Yahudi kemudian tetap diperuntukkan kepada mereka yang menolak kenabian dari Isa Al-Masih .Mereka juga menolak kitab suci Injil. Bahkan mereka menuduh Siti Maryam sebagai perempuan pezina
  • Nabi Isa dan Burung...
    Hikmah
    Minggu, 26 Desember 2021 - 08:30 WIB
    Ini adalah kisah Isa putra Maryam sebagai Jalan (a Master of the Way). Kisah ini ditemukan, dengan sedikit perbedaan bentuk, dalam lebih dari satu koleksi Darwis
  • Kualitas Kemanusiaan...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 14:55 WIB
    Allah memperingatkan bahwa kualitas kemanusiaan kita masih belum selesai atau setengah jadi, sehingga masih harus berjuang untuk menyempurnakan diri.
  • Kisah Utsman bin Affan...
    Hikmah
    Rabu, 25 September 2024 - 10:03 WIB
    Sesudah dia mendapat berita bahwa Rasulullah SAW menikahkan putrinya Ruqayyah yang cantik dengan sepupunya, Utbah bin Abi Lahab, Utsman menyesal mengapa bukan dirinya yang mengawininya.
  • Abu Yazid: Hatiku Bergetar...
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 17:00 WIB
    Orang-orang mengagumi Abu Yazid al-Bushtami karena sakti. Tapi, dia menganggap hal itu biasa-biasa saja. Orang-orang berkata, engkau dapat berjalan di atas air.
  • 9 Mukjizat Nabi Isa...
    Hikmah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 12:13 WIB
    Terdapat sejumlah mukjizat Nabi Isa AS yang dijelaskan dalam Al Quran maupun kitab lain, mulai dari lahir tanpa ayah hingga diangkat ke langit oleh Allah SWT.
  • Kisah Sahabat yang Wafat...
    Hikmah
    Kamis, 17 September 2020 - 05:05 WIB
    Ucapan dan prediksi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam atas sesuatu selalu benar. Salah satunya tentang perjalanan hidup seorang sahabat mulia yang menjadi kenyataan.
  • Memetik Hikmah dari...
    Hikmah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 21:47 WIB
    Sabar bagi sebagian orang, awalnya terasa pahit dan akhirnya manis. Berikut sepenggal kisah Sayyidina Ali bin Abi Thalib yang dapat kita petik hikmah dan pelajaran berharga.
  • Surat Yasin Ayat 7-8:...
    Tausyiah
    Kamis, 11 November 2021 - 08:48 WIB
    Surat Yasin ayat 7-8 menyampaikan tentang orang-orang yang sudah dicap kafir oleh Allah SWT dan perumpamaan bagi mereka yang terbelenggu oleh kekafirannya tersebut.
  • Asmaul Husna: Ketika...
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Februari 2023 - 09:37 WIB
    Asmaul husna mengundang kebingungan bagi kaum musyrik jahiliyah. Karena salah paham, mereka mengira bahwa Nabi tidak konsisten dalam mengajarkan paham Ketuhanan Yang Maha Esa.