Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 42)

  • Perubahan Tarawih di...
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 08:52 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab menunjuk imam salat malam di bulan Ramadhan di Masjid Nabawi untuk menertibkan salat yang banyak imam dan terkesan berkompetisi.
  • Fungsi Manusia sebagai...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 14:55 WIB
    Dalam pandangan akhlak Islam, tidak dibenarkan mengambil buah sebelum matang, atau memetik bunga sebelum mekar, karena hal ini tidak memberi kesempatan kepada makhluk untuk mencapai tujuan penciptaannya.
  • Makna Kekuasaan dalam...
    Tausyiah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Quraish Shihab mengatakan bahwa hanya kemampuan (kekuatan) yang dapat membedakan seseorang dari yang lain, dan dari keistimewaan inilah segala sifat terpuji dapat lahir.
  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Kamis, 18 Juli 2024 - 14:37 WIB
    Umar bin Khattab sangat gelisah ingin secepatnya mendapat berita tentang jatuhnya Kota Iskandariah ke tangan pasukan Muslimin. Tetapi berita ini sampai kepadanya terlambat satu bulan.
  • Umat Nabi Isa Dulu Berpuasa...
    Hikmah
    Senin, 25 April 2022 - 23:25 WIB
    Ibadah puasa umat Islam tergolong ringan dibanding puasa umat-umat terdahulu. Umat Nabi Isa alaihissalam dulunya berpuasa selama 40 hari setuap tahunnya.
  • Keturunan Abu Bakar...
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Februari 2023 - 13:31 WIB
    Syaikh Aaq Syamsuddin adalah salah satu tokoh di balik sukses Sultan Muhammad Al-Fatih atau Sultan Mehmed II. Keturunan Abu Bakar Ash-Shiddiq ini menjadi penasihat spiritual Sang Penakluk Konstantinopel tersebut.
  • 4 Nabi yang Dipercaya...
    Hikmah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 18:38 WIB
    Ada empat Nabi yang dipercaya masih hidup hingga sekarang. Mereka bukanlah penutup para Nabi melainkan hamba pilihan yang ditangguhkan umurnya menurut kehendak Allah.
  • Surat Utsman bin Affan...
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2024 - 09:11 WIB
    Amanat adalah tetap amanat. Berpegang teguhlah pada amanat itu, dan janganlah kalian menjadi orang yang pertama melanggarnya, karena apa yang kalian lakukan itu akan dicontoh oleh orang-orang yang sesudah kalian.
  • Gara-gara Harta Kekayaan,...
    Hikmah
    Selasa, 03 November 2020 - 13:58 WIB
    Umar berkata, demi Allah, jika Allah memberikan yang semacam ini kepada suatu bangsa, pasti mereka akan saling mendengki, saling membenci. Setelah itu permusuhan antara mereka akan berlarut-larut.
  • Inilah Alasan Mengapa...
    Hikmah
    Jum'at, 13 Maret 2020 - 21:27 WIB
    Abu Hurairah radhiyallahu anhu (RA) adalah salah satu di antara sahabat Rasulullah SAW yang paling banyak meriwayatkan hadis. Berikut ulasannya.
  • Kisah Unuq Putri Nabi...
    Hikmah
    Sabtu, 22 Januari 2022 - 07:14 WIB
    Kisah Unuq Putri Adam yang disebut-sebut sebagai pionir seks bebas dan hamil di luar nikah banyak tersebar di jaringan YouTube. Unuq dikisahkan punya anak haram yang amat kontroversial.
  • Nabi Adam Menangis Selama...
    Hikmah
    Jum'at, 26 November 2021 - 18:55 WIB
    Allah SWT mengusir Adam dan Hawa dari surga setelah pasangan ini melanggar ketetapan-Nya. Setelah itu Adam menyesal, dan ia menangis selama 70 tahun.
  • Sulit Menyakinkan Umat...
    Hikmah
    Rabu, 09 September 2020 - 14:57 WIB
    Mereka memang sudah mengenal Umar sebagai yang suka berterus terang, lahirnya sama dengan batinnya, yang dikatakannya dan yang tidak dikatakannya sama.
  • Kisah Pemuda yang Bikin...
    Hikmah
    Senin, 14 Oktober 2019 - 18:31 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai) karya Abu Laits As-Samarqandi diceritakan kisah seorang pemuda yang membuat kagum Nabi Sulaiman alaihis-salam (AS).
  • Peristiwa Muharam: Nabi...
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 08:23 WIB
    Allah Taala mengusir Adam dari surga, lalu menurunkannya ke bumi pada bulan Muharam akibat memakan biji-bijian surga yang terlarang. Adam dan Hawa diturunkan ke bumi secara terpisah.
  • Sholat Sudah Dilakukan...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 16:16 WIB
    Sejatinya, sholat sudah dilakukan nabi-nabi terdahulu. Jauh sebelum Nabi Muhammad melakukan mikraj yang mendapat tugas kewajiban sholat lima waktu sehari semalam.
  • Doa Cepat Dapat Jodoh...
    Tips
    Senin, 15 Mei 2023 - 14:30 WIB
    Meski jodoh menjadi rahasia Allah Subhanahu wa taala sebagai manusia kita berhak untuk meminta kepada-Nya agar jodoh kita segera didekatkan dengan berdoa memohon cepat dapat jodoh yang diamalkan Nabi Zakaria alaihissalam.
  • Kekuatan Istighfar
    Tausiyah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 15:06 WIB
    Dikisahkan pada suatu hari, Imam Abu Hanifah ingin sekali pergi ke Kota Baghdad, meskipun sebenarnya beliau memiliki banyak kesibukan.
  • Kiat dan Cara Mengingat...
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 15:01 WIB
    Cara mengingat barang yang hilang atau terlupa perlu diketahui kaum muslim. Selain berdoa, ada kiat khusus yang bisa diamalkan mereka yang kelupaan menyimpan barang.
  • Kisah Pembangkangan...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 18:43 WIB
    Memecat Muawiyah tidaklah mudah. Ia relatif lama menjadi penguasa di Syam. Ia bukan hanya membangkang, bahkan menentang kekhalifahan Ali secara terang-terangan.