Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 45)

  • Kisah Detail Ashabul...
    Hikmah
    Rabu, 21 April 2021 - 13:40 WIB
    Kisah ini termaktub dalam kitab Qishashul Anbiya. Ali bin Abu Thalib berkisah setelah ditanya seorang pendeta Yahudi yang ingin menguji kebenaran Islam.
  • Kisah Pembebasan Al-Aqsha:...
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 05:30 WIB
    Kisah pembebasan al-Aqsha di era Umar bin Khattab tidaklah sederhana. Romawi takluk setelah didahului perang sengit antara pasukan muslim dan pasukan Kristen Romawi.
  • Doa yang Sering Dibaca...
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 17:01 WIB
    Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin menyebutkan bahwa zikir dan doa yang senantiasa didawamkan oleh Nabi Khidir dan Nabi Ilyas adalah sebagai berikut:
  • Amalan Doa Agar Rezeki...
    Tausyiah
    Rabu, 11 November 2020 - 22:08 WIB
    Sebagai manusia, kita memang diperintahkan untuk tawakkal (berserah diri), namun bukan berarti mengabaikan ikhtiar (usaha) dalam mencari rezeki. Berikut doa melancarkan rezeki.
  • Sering Sujud, Kulit...
    Hikmah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Ali bin Abu Thalib r.a. merupakan orang yang paling tekun dan banyak beribadah. Ia pun paling sering berpuasa. Kepadanya banyak orang yang minta petunjuk.
  • Membaca Misi Suci Nabi...
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 17:05 WIB
    Ketika kita membaca Al-Quran, paling tidak kita akan menemukan penyebutan Firaun tidak kurang dari 74 kali tersebar di Surah Al-Baqarah, Thaha, Al-Anbiya, Al-Qasash dan beberapa surah lainnya.
  • Kisah Nabi Adam Kenal...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 19:23 WIB
    Tatkala Adam melakukan kesalahan, dia berkata, Wahai Tuhanku, aku memohon ampunan-Mu demi Muhammad. Maka Allah berfirman, Wahai Adam bagaimana engkau mengenal Muhammad sedang Aku belum menciptakannya?
  • Kisah Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Sabtu, 04 September 2021 - 21:01 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah sosok pemimpin umat Islam tertinggi. Tidak saja bagi umat Islam, tetapi bagi seluruh manusia.
  • Adam dan Hawa Tak Lakukan...
    Hikmah
    Sabtu, 27 November 2021 - 14:45 WIB
    Nabi Adam dan Siti Hawa tidak pernah melakukan hubungan intim selama di surga. Baru kemudian setelah diturunkan ke bumi Jibril mengajarkan kepadanya bagaimana mendatangi istrinya.
  • Menjelang Wafat, Nabi...
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 07:54 WIB
    Nabi Adam as wafat pada hari Jumat. Para malaikat datang membawa wewangian dan kain yang berasal dari surga. Mereka bertaziah kepada anak keturunannya dan kepada pemegang wasiatnya, yaitu Syits.
  • Kisah di Balik Perang...
    Hikmah
    Rabu, 18 November 2020 - 09:23 WIB
    Akibat lemparan batu itu geraham Rasulullah patah, wajahnya pecah-pecah, bibirnya luka parah, dan dua buah kepingan rantai topi besi yang melindungi wajah beliau menembus pipinya.
  • Ujian Buat Umar bin...
    Hikmah
    Selasa, 20 April 2021 - 04:24 WIB
    Kami hendak menanyakan beberapa masalah penting kepada anda. Jika anda dapat memberi jawaban kepada kami, barulah kami mau mengerti bahwa Islam merupakan agama yang benar
  • Profil Imam Abdurrahman...
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 12:27 WIB
    Imam Abdurrahman As-Sudais adalah seorang ulama dan qari yang berasal dari Arab Saudi. Beliau terkenal di seluruh dunia karena kemampuannya dalam membaca Al-Quran dengan gaya bacaan yang khas dan suaranya yang merdu.
  • Begini Kesamaan Pemujaan...
    Dunia Islam
    Rabu, 13 September 2023 - 18:29 WIB
    Perawan Maria memiliki tempat yang unik dan mulia dalam Islam sebuah kesamaan yang terabaikan dan terkadang disederhanakan antara Islam dan Kristen, khususnya Katolik.
  • AS Akan Kirim Paket...
    Dunia Islam
    Kamis, 16 Mei 2024 - 15:37 WIB
    Sepekan setelah mengancam untuk menahan sebagian senjata di Rafah, pemerintahan Presiden AS Joe Biden memberi tahu Kongres tentang paket senjata senilai 1 miliar dolar AS untuk Israel.
  • Iri dengan Makkah, Khalifah...
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 17:50 WIB
    Khalifah Umar bin Abdul Aziz menambah jumlah rakaat salat Tarawih di Masjid Nabawi menjadi 36 rakaat karena iri dengan pelaksanaan salat tarawih di Makkah.
  • Rasulullah SAW Membaca...
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 11:24 WIB
    Di antara hikmah membaca kedua surat di atas ialah untuk mengingat penciptaan Adam dan kondisi hari kiamat, karena keduanya terjadi pada hari Jumat
  • Kisah Kaum Tsamud, Kaum...
    Hikmah
    Rabu, 11 September 2024 - 09:36 WIB
    Kisah Kaum Tsamud, kaum Nabi Shaleh alaihissalam yang dimusnahkan Allah SWT penting diketahui umat muslim, untuk mengambil banyak pelajaran darinya. Bagimana kisah kaum Tsamud ini?
  • 4 Pendapat Mengenai...
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:40 WIB
    Setidaknya ada 4 pendapat terkait akan datangnya Imam Mahdi atau al-Mahdi menjelang akhir zaman, alias kiamat. Salah satu pendapat menyebut Imam Mahdi sudah pernah turun dan dia adalah Umar bin Abdul Aziz.
  • Kisah Salman Al-Farisi:...
    Hikmah
    Senin, 28 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Salman Al Farisi bermaksud melamar gadis pujaan hatinya itu. Dia mengajak sahabatnya, Abu Darda, untuk menemaninya. Siapa sangka, Abu Darda yang beruntung.