Topik Terkait: Kisah Israiliyat (halaman 2)

  • Kisah Seorang Yahudi dan Jubah Tambalan Milik Nabi
    Hikmah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 13:48 WIB
    Orang Yahudi tersebut mengenakan jubah untuknya sendiri dan memeluk Islam. Meminta diantar ke makam Rasulullah saw. Sesampainya di makam, dia telah menghembuskan nafas terakhir.
  • Kisah Orang yang Memutuskan Silaturahmi Sarat Pelajaran Berharga
    Hikmah
    Senin, 15 Mei 2023 - 18:56 WIB
    Memutus silaturahmi adalah perkara yang sangat dibenci Allah. Berikut kisah orang yang memutuskan silaturahmi dengan kerabatnya diceritakan Ustaz Saeful Huda dalam satu kajiannya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kandil Besi
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 10:19 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah atau literal.
  • Kisah Sufi Dzun Nun Al-Mishri: Pukullah pada Tanda Ini
    Hikmah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 09:38 WIB
    Kisah ini bisa dibilang serupa dengan apa yang telah dituturkan oleh Paus Sylvester II, yang membawa pengetahuan dari Negeri Arab. Termasuk matematika, dari Sevilla, Spanyol, pada abad kesepuluh.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Para Pelayan dan Rumah
    Hikmah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 07:08 WIB
    Kisah ini sering digunakan oleh Al-Hallaj, yang dihukum mati pada tahun 922 karena dituduh mengatakan Akulah Kebenaran. Hallaj meninggalkan sejumlah besar koleksi sajak mistik.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Tiga Ekor Ikan
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 06:04 WIB
    Akhirnya, penjala ikan itu berhenti. Ia membuka keranjang, dilihatnya ikan bodoh itu tidak bernafas, dan membawanya pulang untuk santapan kucing.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Menyadari Kematian
    Hikmah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 06:55 WIB
    Seperti yang sudah sering saya renungkan ketika berada di darat, dalam peristiwa biasa sehari-hari, pemisah antara kita dan maut bahkan lebih rapuh lagi.
  • Kisah Sufi untuk Menyeimbangkan Pikiran Agar Terhindar dari Muslihat
    Hikmah
    Sabtu, 04 Februari 2023 - 14:55 WIB
    Kisah ini digunakan untuk memperkenalkan teknik psikologis yang dirancang untuk menyeimbangkan pikiran, membuatnya terbuka dan terhindar dari muslihat-muslihat penipuan diri sendiri
  • Kisah Bijak Para Sufi: Isa dan Para Peragu
    Hikmah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 06:12 WIB
    Tradisi menyebutkan bahwa tokoh yang sering mengulang-ulang kisah ini adalah salah seorang dari orang-orang pertama yang menyandang gelar Sufi: Jabir bin Al-Hayyan
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kisah Api
    Hikmah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 05:59 WIB
    Kalian mesti belajar bagaimana mengajarkan sesuatu kepada orang lain, sebab manusia tidak ingin diajar. Pertama-tama, beritahu mereka cara belajar.
  • Kisah Pemuda yang Bikin Kagum Nabi Sulaiman
    Hikmah
    Senin, 14 Oktober 2019 - 18:31 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai) karya Abu Laits As-Samarqandi diceritakan kisah seorang pemuda yang membuat kagum Nabi Sulaiman alaihis-salam (AS).
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Bebal di Kota Agung
    Hikmah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 06:08 WIB
    Seorang yang suka iseng, mengetahui apa yang dikerjakan Si Bebal, menanti hingga ia pulas tertidur. Dilepaskannya ikatan labu itu dari kaki Si Bebal.
  • Kisah Wafatnya Nabi Dawud yang Diselewengkan Bani Israil
    Hikmah
    Jum'at, 20 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Wafatnya Nabi Dawud alaihissalam (AS) adalah satu dari banyak kisah para Nabi dan Rasul yang sarat hikmah dan pelajaran. Berikut kisahnya.
  • Kisah Nabi Musa dan Kebinasaan Firaun
    Hikmah
    Selasa, 21 Mei 2019 - 16:16 WIB
    Kisah Nabi Musa alaihissalam (AS) diabadikan oleh Allah SWT di 4 surah dalam Alqur&rsquoan yaitu Surah Al-Baqarah, Al-A&rsquoraf, Thaha, dan Al-Qashas.
  • Kisah Sufi: Pelajaran untuk Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:37 WIB
    Versi ini muncul dalam sebuah tulisan darwis pengembara yang dikutip dari sebuah cerita yang dianggap berasal dari Amir Sultan, Syaih dari Bokhara, yang mengajar di Istanbul dan meninggal pada tahun 1429.
  • Kisah Sufi Tiga Cincin Permata sebagai Bukti Pewaris
    Hikmah
    Senin, 15 November 2021 - 14:05 WIB
    Kisah ini, yang oleh beberapa orang dianggap merujuk pada tiga agama: Yahudi, Kristen, dan Islam, muncul dalam bentuk yang agak berbeda dalam karya-karya Boccacio, Gesta Romanorum dan Decamerun.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Teh dan Angan-Angan Minuman Surgawi
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 06:27 WIB
    Ketika kebenaran itu nyata, dan saat orang-orang telah mengecap teh, situasinya berbalik orang yang mengatakan hal-hal layaknya orang agung dan berpengetahuan ternyata tolol.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Warisan
    Hikmah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 06:25 WIB
    Biarlah masyarakat mengambil bagi mereka bagian yang mereka inginkan, dan biarlah mereka memberikan bagian yang mereka inginkan kepada Arif Si Rendah Hati.
  • Kisah Umar bin Abdul Aziz dan Padamnya Lampu Istana
    Hikmah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 16:35 WIB
    Meski kekuasaannya terbilang singkat (2-3 tahun), Umar bin Abdul Aziz merupakan salah satu khalifah yang paling dikenal dalam sejarah Islam. Berikut kisah teladan beliau.
  • Sesendok Madu dan Kisah Simbolik bagi Seorang Pemimpin
    Hikmah
    Selasa, 14 April 2020 - 15:11 WIB
    Ini sebuah kisah simbolik yang cukup menarik untuk kita simak. Kisah ini adalah tentang seorang raja yang ingin menguji kesadaran warganya. Hasilnya?