Topik Terkait: Kisah Kaum Ad (halaman 3)

  • Kisah Bijak Para Sufi: Emas Keberuntungan
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 06:26 WIB
    Hantu itu pun jatuh ke tanah sebab dipukul oleh Abdul Malik dengan tongkat, dan berubah jadi emas. Abdul Malik mengambil bagiannya dan memberikan emas itu juga untuk tamunya.
  • Kisah Sufi Tiga Cincin Permata sebagai Bukti Pewaris
    Hikmah
    Senin, 15 November 2021 - 14:05 WIB
    Kisah ini, yang oleh beberapa orang dianggap merujuk pada tiga agama: Yahudi, Kristen, dan Islam, muncul dalam bentuk yang agak berbeda dalam karya-karya Boccacio, Gesta Romanorum dan Decamerun.
  • Asbabun Nuzul Al Quran Surat Ad Dukhan Ayat 10
    Hikmah
    Rabu, 31 Mei 2023 - 14:17 WIB
    Surat Ad Dukhan ayat 10 ini memiliki asbabun nuzul atau sebab turunnya ayat yang berkaitan dengan permintaan Rasulullah SAW pada Allah SAW untuk menghukum kaum kafir Quraisy.
  • Dua Budak yang Menjadi Tuan Bagi Sang Sultan
    Hikmah
    Jum'at, 24 September 2021 - 09:51 WIB
    Darwis itu berkata, Lagipula, untuk apa saya menghormat kepada Sultan apabila saya punya dua budak yang merupakan tuan-tuan Sang Sultan? Siapa dua budak itu?
  • Kisah Unta yang Berdesakan Ingin Disembelih Nabi
    Hikmah
    Rabu, 23 Mei 2018 - 10:30 WIB
    Dikisahkan dalam Shirah ibn Hisyam ketika Rasulullah Muhammad SAW berkurban untuk menyembelih unta. Saat itu unta-unta berdesakan ingin disembelih oleh Nabi SAW.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Menyadari Kematian
    Hikmah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 06:55 WIB
    Seperti yang sudah sering saya renungkan ketika berada di darat, dalam peristiwa biasa sehari-hari, pemisah antara kita dan maut bahkan lebih rapuh lagi.
  • Jalaluddin Rumi tentang Kisah Pemuda Qazwin dan Tato Singa
    Hikmah
    Sabtu, 18 September 2021 - 20:11 WIB
    Berikut adalah kisah yang dituturkan Jalaluddin Rumi tentang kisah seorang pemuda yang ingin ditato gambar singa tapi tak tahan perihnya ketika jarum tato mulai menusuk-nusuk kulitnya.
  • Kisah Nabi Muhammad SAW Menerima Wahyu Pertama
    Hikmah
    Jum'at, 01 Juni 2018 - 16:00 WIB
    Gua Hira di puncak Jabal Nur, Makkah, menjadi tempat bersejarah bagi umat Islam. Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali dari Allah Swt di gua tersebut.
  • Menakjubkan! Begini Kisah Cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf
    Hikmah
    Rabu, 24 November 2021 - 10:56 WIB
    Ketika Zulaikha mengejar cinta Yusuf, Allah jauhkan Yusuf darinya. Ketika Zulaikha mengejar cintanya Allah, maka Allah datangkan Yusuf padanya. Berikut sekelumit kisahnya.
  • 3 Macam Kisah dalam Al-Quran dan 4 Hikmahnya
    Hikmah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:57 WIB
    Ada tiga macam kisah dalam Al-Quran. Dan adanya kisah-kisah yang ada dalam Al-Quran itu mempunyai beberapa tujuan atau hikmah. Berikut penjelasannya.
  • Kisah Nabi Elia dalam Sudut Pandang Islam
    Dunia Islam
    Selasa, 05 Desember 2023 - 19:17 WIB
    Dalam Islam, kisah Nabi Elia (atau Ilyas dalam bahasa Arab) merupakan salah satu narasi yang memberikan pelajaran berharga kepercayaan pada Allah.
  • Kisah yang Sangat Menyentuh, Ketika Allah Menutupi Aib Hamba-Nya
    Hikmah
    Selasa, 02 Mei 2023 - 17:33 WIB
    Kisah ini menjadi pelajaran besar bagi kita bahwa Allah selalu menutupi aib hamba-Nya selama hamba tersebut tidak menceritakannya kepada orang lain.
  • Kisah Pemuda yang Bikin Kagum Nabi Sulaiman
    Hikmah
    Senin, 14 Oktober 2019 - 18:31 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai) karya Abu Laits As-Samarqandi diceritakan kisah seorang pemuda yang membuat kagum Nabi Sulaiman alaihis-salam (AS).
  • Piagam Madinah: Bukan Sekadar Perjanjian dengan Kaum Yahudi
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Agustus 2022 - 17:13 WIB
    Apakah Piagam Madinah dikenal dalam sumber-sumber historis dengan nama shahifah yang secara harfiah berarti lembaran, kitab atau yang secara harfiah berarti tulisan, atau nama lainnya?
  • Ini Mengapa Ibnu Katsir Memasukkan Kisah-Kisah Israiliyyat dalam Tafsirnya
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 15:20 WIB
    Ibnu Katsir tidak sekadar memasukkan riwayat-riwayat tersebut tanpa seleksi terlebih dahulu. Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir melakukan penilaian kritis terhadap sebagian besar riwayat Israiliyyat yang ada.
  • Nasihat Hubabah Ummu Salim buat Kaum Muslimah
    Muslimah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 10:12 WIB
    Nasihat untuk kaum muslimah disampaikan Hubabah Ummu Salim bin Hafidz, istri dari Habib Umar bin Hafidz, sangat menggetarkan hati. kehadiran istri dari ulama dan dzurriat Rasulullah SAW ini menjadi inspirasi yang berarti bagi kaum muslimah zaman ini.
  • Tobat Nabi Daud, Metafor dan Sindiran Berdasar Kisah Israiliyat?
    Hikmah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 12:36 WIB
    Kisah Nabi Daud yang kepincut perempuan istri tetangganya lalu bertobat kepada Allah SWT lebih sebagai kisah israiliyat. Kisah ini sendiri dikaitkan dengan tafsir Al-Quran surat Shaad ayat 22-25.
  • Kisah Sufi Faridudin Attar: Semut dan Capung
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 11:44 WIB
    Kisah ini diriwayatkan oleh seorang darwis Bokhara dekat makam Al-Shah, Bahaudin Naqshabandi ini mirip dalam Divine Book karya Faridudin Attar, walaupun dalam penerapannya sedikit berbeda.
  • Kisah Gila Mereka yang Disebut Sebagai Para Penggila Tuhan
    Hikmah
    Senin, 07 September 2020 - 06:01 WIB
    Kenekatan para penggila Tuhan itu sesuatu yang baik. Mereka tak dapat mengatakan apakah jalan itu baik atau buruk, mereka hanya tahu bagaimana berbuat.
  • Kisah Sufi: Adakah Nilai Dalam Memuja Orang Suci?
    Hikmah
    Selasa, 24 November 2020 - 06:36 WIB
    Bagaimanapun, terdapat jenis hubungan yang lain dengan orang suci, lebih dari sekadar pemujaan. Mengunjungi makam mereka terdapat kebaikan untuk mereka yang dapat menerimanya.