Topik Terkait: Kitab Paling Tebal (halaman 3)

  • Inilah Sosok Sahabat Paling Dicintai Rasulullah SAW, Berikut 12 Keutamaannya
    Hikmah
    Sabtu, 08 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Sosok sahabat yang satu ini merupakan orang terbaik setelah baginda Nabi Muhammad ?. Beliau adalah sosok sahabat yang paling dicintai Rasulullah. Siapakah beliau?
  • Awal Mula Penulisan Kitab Ilmu Musthalah Hadits
    Hikmah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 21:13 WIB
    Para ulama mulai menuliskan ilmu musthalah hadits pada pertengahan abad ke-4 Hijriyyah, dimana masa pengumpulan hadits dalam satu kitab hampir sudah tidak ada lagi.
  • Ponpes Ora Aji, Imbangkan Ajaran Kitab Kuning dan Keterampilan Hidup
  • Biografi Ibnu Aqil, Penulis Kitab Terbesar dalam Islam dan Kisahnya yang Unik
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 19:10 WIB
    Berikut biografi ulama penulis Kitab Al-Funun, kitab terbesar dan paling tebal dalam sejarah Islam. Kitab ini ditulis Ibnu Aqil, seorang ulama besar Hanbali asal Baghdad.
  • Israel, Orang yang Bergulat dengan Tuhan
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 16:34 WIB
    Siapa sejatinya Israel itu? Nama Israel, disebut dalam Al-Quran. Misalnya dalam QS Maryam : 56-57 dan QS Ali Imran : 93. Israel yang dimaksud pada ayat-ayat tersebut adalah seorang nabi.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Al-Quran Kitab Mulia (1): Makna Alif Lam Mim yang Jarang Diketahui
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 15:16 WIB
    Al-Baqarah 2:1 (Alif L?m M?m). Hanya Allah Taala yang tahu makna ayat ini, karena itu sudah dikatakan-Nya berulang kali dalam Al-Quran. Mengapa mufassir tetap nekat memberi penafsiran?
  • Quraish Shihab: Al-Quran Tidak Sama dengan Kitab Ilmu Pengetahuan
    Tausyiah
    Minggu, 21 Mei 2023 - 09:50 WIB
    Al-Quran Al-Karim, yang terdiri atas 6.236 ayat itu, menguraikan berbagai persoalan hidup dan kehidupan, antara lain menyangkut alam raya dan fenomenanya.
  • Siapa Pengarang Perjanjian Lama? Begini Analisis Maurice Bucaille
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 05:25 WIB
    Kata Pengantar Bibel, yaitu yang mengatakan bahwa pasal itu semua adalah karangan Tuhan, walaupun ditulis oleh orang-orang yang mendapat wahyu dari Ruhul Kudus.
  • Al-Quran Berisikan Penjelasan Ilmu Pengetahuan Kekinian
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 08:05 WIB
    Apakah Kitab Suci Quran berisikan penjelasan mengenai beberapa peristiwa-peristiwa yang diketahui oleh ilmu pengetahuan kita sekarang, yang tidak diketahui pada masa Muhammad?
  • Majusi, Agama Tauhid yang Didakwahkan Nabi Zaradust
    Dunia Islam
    Rabu, 28 September 2022 - 19:10 WIB
    Ada yang berpendapat kaum Majusi termasuk Ahli Kitab, selain Yahudi dan Nasrani. Pada awalnya, Majusi adalah agama tauhid. Namun, dalam perkembangannya agama itu diselewengkan. Mereka menyembah api.
  • Hubungan Muslim dengan Ahlul Kitab Menurut Syaikh Muhammad al-Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 16:27 WIB
    Syaikh Muhammad al-Ghazali mengatakan Al-Quran melarang kaum muslimin memilih pemimpin nonmuslim yang zalim, yang sengaja menghinakan Islam, mengotori sejarahnya, dan menjatuhkan pemeluknya
  • Benarkah Tidak Semua Taurat Karangan Nabi Musa Sendiri? Begini Analisis Maurice Bucaille
    Hikmah
    Jum'at, 20 Oktober 2023 - 09:50 WIB
    Zionis mengklaim diri mereka sebagai pengikut Nabi Musa as, dan kitab pedoman mereka (Talmud) itu merupakan nukilan dari Taurat. Lalu, seperti apa kondisi Taurat saat ini?
  • Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 78 Terkait Perilaku Buruk Pendeta Yahudi
    Hikmah
    Rabu, 28 Desember 2022 - 22:40 WIB
    Perilaku buruk pendeta Yahudi yang suka merekayasa dan mengubah isi Kitab Allah menjadi pelajaran berharga bagi umat Islam. Hal ini disebutkan dalam Surat Ali Imran ayat 78.
  • Sahur, Ibadah Pembeda Puasa Umat Islam dengan Ahlul Kitab
    Hikmah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 03:15 WIB
    Bagi umat Islam, melaksanakan sahur adalah ibadah yang utama dalam menjalankan puasa Ramadan. Kenapa harus sahur? Dan bagaimana keutamaan serta hukum sahur ini?
  • Inilah Orang Paling Berbahagia pada Hari Kiamat
    Hikmah
    Rabu, 01 Februari 2023 - 23:50 WIB
    Dalam Shahih Al-Bukhari bab bersemangat terhadap hadits disebutkan sebuah amalan yang menyebabkan seseorang berbahagia pada Hari Kiamat dengan mendapatkan syafaat Nabi. Siapakah orang tersebut?
  • Imam Syafii: Usia 7 Tahun Hafal Al-Quran dan 13 Tahun Hafal Kitab al-Muwaththa
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Sebutan asy-Syafii dinisbatkan kepada kakeknya yang bernama Syafi bin as-Saib. Beliau bertemu nasabnya dengan Rasulullah SAW pada Abdi Manaf bin Qushay, kakek Rasulullah yang ketiga.
  • Kisah Umar Bin Khattab Melarang Perkawinan Sahabat Nabi dengan Ahlul Kitab
    Hikmah
    Sabtu, 10 Desember 2022 - 16:47 WIB
    Tatkala Umar bin Khattab pada waktu menjabat sebagai khalifah melarang seorang tokoh Sahabat Nabi kawin dengan wanita Ahlul Kitab (Yahudi atau Kristen). Mengapa?
  • John Louis Esposito: Islam Terbukti Merupakan Agama yang Lebih Toleran
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Desember 2022 - 11:39 WIB
    Esposito mengatakan Islam terbukti merupakan agama yang lebih toleran, memberikan kebebasan beragama yang lebih besar bagi orang-orang Yahudi dan Kristen.
  • Apakah Ahl Al-Kitab Semua Sama? Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Sabtu, 30 Desember 2023 - 14:11 WIB
    Apakah ayat-ayat dalam al-Quran tentang Ahl al-Kitab berlaku umum, menyangkut semua Ahl Al-Kitab kapan dan di mana pun mereka berada? Begi penjelasan Quraish Shihab.
  • Hati-hati Dengan Ucapan yang Paling Dibenci Allah SWT Ini
    Muslimah
    Selasa, 13 April 2021 - 07:32 WIB
    Kadang-kadang tanpa sadar, banyak ucapan yang keluar dari mulut kita membuat orang tersinggung, atau bahkan tersakiti. Yang lebih mengkhawatirkan, ternyata ada ucapan terlontar ini justru sangat dibenci Allah.