Topik Terkait: Koreksi Diri (halaman 10)

  • Mereka Mengklaim Diri...
    Dunia Islam
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 12:28 WIB
    Tak sedikit tokoh yang mengklaim diri sebagai Imam Mahdi. Mereka tak segan-segan merekayasa agar sang tokoh tersebut cocok sebagaimana Imam Mahdi yang dimaksud Rasulullah SAW.
  • Ternyata Merasa Diri...
    Muslimah
    Kamis, 02 September 2021 - 08:51 WIB
    Merasa diri sendiri mendatangkan keburukan atau sial bagi lingkungannya, sangat dilarang dalam Islam. Karena segala yang terjadi pada diri manusia adalah takdir Allah Taala. Namun, takdir (buruk) bisa ditutup dengan doa.
  • Quraish Shihab: Kebajikan...
    Tausyiah
    Senin, 16 November 2020 - 15:03 WIB
    Walaupun kedua potensi ini terdapat dalam diri manusia, namun ditemukan isyarat-isyarat dalam Al-Quran bahwa kebajikan lebih dahulu menghiasi diri manusia daripada kejahatan.
  • Fariduddin Attar: Membakar...
    Hikmah
    Senin, 27 September 2021 - 15:56 WIB
    Sebenarnya, hanya orang yang telah meninggalkan pengetahuan akan keberadaan dirinya, yang dapat memiliki pengetahuan akan eksistensi Sang Tercinta.
  • Memaknai Keberkahan...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 April 2023 - 13:55 WIB
    Bulan Ramadan sejatinya menjadi bulan keberkahan. Kita belajar membangun kesadaran dan sikap tawakkal kepada Allah Yang Maha Kuasa.
  • Ibadah Haji, Upaya Mencerdaskan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 11:18 WIB
    Ibadah haji merupakan kewajiban bagi setiap insan muslim yang mampu. Para cendekiwan mengatakan haji adalah ibadah penuh simbol yang memberikan banyak petunjuk.
  • 4 Amalan yang Mendekatkan...
    Tips
    Selasa, 26 September 2023 - 09:46 WIB
    Masuk surga merupakan dambaan setiap muslim. Ada empat amalan yang dapat mendekatkan seseorang ke surga dan menjauhkan diri dari api neraka. Apakah amalan tersebut?
  • Khutbah Jumat Terakhir...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 05:10 WIB
    Hari ini kita berada di Hari Jumat terakhir bulan Syawal bertepatan 19 Mei 2023 atau 28 Syawal 1444 Hijriyah. Berikut materi khutbah Jumat yang dapat kita jadikan ibrah.
  • Meletakkan Diri di Tepi...
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 12:45 WIB
    Wahai Amir, Anda memanggil orang untuk dijadikan hakim. Ibaratnya Anda meletakkan ia di tepi jahanam, lalu orang itu (yakni al-Qasim) hendak menyelamatkan dirinya dengan sumpah palsu,
  • Renungan: Kebahagiaan...
    Hikmah
    Jum'at, 09 April 2021 - 20:24 WIB
    Kita tidak pernah bisa mencapai kebahagiaan yang kita cari, tidak peduli seberapa keras kita berusaha dalam kehidupan material. Sebaliknya, kita harus melihat ke atas,, sumber kebahagiaan sejati.
  • Zakat Fitrah Mengajarkan...
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 15:28 WIB
    Salah satu ibadah penting dan spesial di bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Zakat tersebut sangat istimewa karena diwajibkan bagi seluruh umat Islam tanpa kecuali untuk menyucikan dirinya.
  • Segera Jauhi, Dampak...
    Muslimah
    Sabtu, 01 Januari 2022 - 15:45 WIB
    Perbuatan maksiat memiliki banyak sekali dampak buruk, namun kebanyakan orang tidak memahaminya karena tidak langsung dirasakan. Padahal efeknya akan terasa beberapa waktu kemudian
  • Bolehkan Seorang Muslimah...
    Muslimah
    Jum'at, 26 November 2021 - 17:31 WIB
    Di era digital saat ini, media sosial sudah menembus batas apa saja. Asal ada subjek dan gadget, maka setiap orang bakal tergoda untuk upload apa saja di sana, tak terkecuali kaum perempuan muslimah
  • Pengetahuan Tentang...
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 12:52 WIB
    Tidak ada yang lebih dekat kepada anda kecuali diri anda sendiri. Jika anda tidak mengetahui diri anda sendiri, bagaimana anda bisa mengetahui segala sesuatu yang lain?
  • Renungan: Menghabiskan...
    Hikmah
    Sabtu, 17 April 2021 - 04:57 WIB
    Imam Al Ghazali memberi wejangan bahwa untuk menjadi manusia yang unggul dan dekat dengan Tuhan adalah dengan lapar. Dengan lapar, maka mata hati akan terbuka menerima kehadirat Tuhan.
  • Kewajiban dan Cara Membentengi...
    Muslimah
    Jum'at, 28 Oktober 2022 - 08:02 WIB
    Syariat Islam banyak menjelaskan penting berkeluarga yang dicintai Allah Subhanahu wa Taala. Al Quran mengingatkan bahwa tugas kepala keluarga harus bertakwa sehingga dia bisa menjaga keluarganya dari seluruh perkara yang bisa menghantarkan menuju neraka.
  • 4 Manfaat Menghadiahkan...
    Tausyiah
    Selasa, 03 September 2024 - 12:25 WIB
    Ada banyak manfaat menghadiahkan surat ini untuk diri sendiri, selain akan mendapatkan pahala karena membacanya, manfaat tersebut diambil dari keutamaan surat Al-Fatihah sendiri yang luar biasa.
  • Puasa sarana pengendalian...
    Tausiyah
    Minggu, 21 Juli 2013 - 06:19 WIB
    Dan, berpuasa adalah satu jalan menuju perimbangan itu. Puasa juga memberi asupan gizi untuk menghidupkan rohani. Orang yang berpuasa semakin menyadari bahwa dirinya adalah hidup di antara jasmani dan rohani, di mana kedua-duanya harus mendapatkan asupan gizi yang seimbang.
  • Inilah Talbis Iblis...
    Muslimah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 06:52 WIB
    Khawarij adalah salah satu dari 72 golongan yang dikabarkan Nabi SAW akan muncul di tengah-tengah umat. Tentang ini, Ibnul Jauzi menjelaskan bagaimana iblis menyesatkan kelompok tersebut dari jalan yang benar.
  • Kisah Sahabat yang Wafat...
    Hikmah
    Kamis, 17 September 2020 - 05:05 WIB
    Ucapan dan prediksi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam atas sesuatu selalu benar. Salah satunya tentang perjalanan hidup seorang sahabat mulia yang menjadi kenyataan.