Topik Terkait: Larangan Keluar Saat Maghrib (halaman 500)

  • Iduladha 1445 H, Muhammadiyah Tanggal Berapa?
    Dunia Islam
    Selasa, 14 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Iduladha 1445 H, Muhammadiyah tanggal berapa? Muhammadiyah telah menetapkan Iduladha 1445 H jatuh pada Senin 17 Juni 2024. Sedangkan 1 Zulhijah 1445 H bertepatan pada Sabtu, 8 Juni 2024.
  • Doa dan Zikir Bakda Salat Jumat Ganjarannya Luar Biasa, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 10:49 WIB
    Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan untuk didawamkan bakda (setelah) salat Jumat . Amalan doa dan zikir ini memiliki keutamaan besar dan kaum muslimin dianjurkan untuk tidak buru-buru meninggalkan masjid.
  • Tata Cara Berihram dalam Pesawat Terbang
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 11:06 WIB
    Barangsiapa yang menaiki pesawat terbang karena ingin berhaji atau umrah atau untuk keduanya secara bersamaan, maka sesungguhnya ia berihram di dalam pesawat apabila telah sejajar salah satu miqat-miqat ini.
  • Kisah Hikmah: Ketika Sayyidah Aisyah Merobek Kerudung Hafsah
    Muslimah
    Minggu, 19 Mei 2024 - 13:30 WIB
    Kisah ini sarat hikmah dan pelajaran bagi muslimah zaman now dari Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahuanha. Bagaimana lengkapnya? Dan apa pelajaran dari kisah tersebut?
  • Kisah Muslim Taklukkan Kota Suci Iran Istakhr: Kuil Penyembah Sapi Diubah Jadi Masjid
    Hikmah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 18:05 WIB
    Istakhr adalah ibu kota pertama bagi orang Persia tatkala mereka menguasai kawasan yang merupakan bagian tanah Iran, yang juga merupakan tempat dinasti Sasani, raja-raja Persia pada era itu.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Deretan 5 Ulama Besar Asal Uzbekistan, Salah Satunya Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Rabu, 01 Mei 2024 - 13:37 WIB
    Terdapat sejumlah ulama besar asal Uzbekistan yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga umat muslim. Bahkan dua di antaranya merupakan ahli hadits yang ternama.
  • 6 Risiko Seseorang yang Divonis Kafir
    Tausyiah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 15:20 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi menyebut setidaknya ada 6 risiko bagi seseorang yang sudah dianggap kafir, di antaranya: Bagi istrinya, dilarang berdiam bersama suaminya yang kafir.
  • Bolehkah Menceritakan Nikmat kepada Orang Lain?
    Hikmah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Bolehkah menceritakan nikmat kepada orang lain? Betulkan hal itu adalah bentuk syukur atau pamer? Bagaimana Islam memandangnya?
  • Rumah Tangga dalam Islam : Hak Suami Harus Dipenuhi, Hak Istri Wajib Ditunaikan
    Hikmah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 14:10 WIB
    Percikan konflik dalam rumah tangga seringkali berakar dari diabaikannya hak-hak istri atau suami oleh pasangan mereka. Ada hak-hak yang tidak ditunaikan, salah satunya adalah soal hak-hak istri tersebut.
  • 7 Obat Penyakit Hati Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 08 Mei 2024 - 15:34 WIB
    Penyakit hati paling banyak menghinggapi kaum wanita , seperti iri, hasad, suka dipuji, pamer dan lain sebagainya. Lantas, adakah obat untuk menyembuhkan penyakit hati ini?
  • Pro-Palestina Luncurkan Operasi Pemblokiran Akun Selebritas yang Tak Posting Isu Gaza
    Dunia Islam
    Senin, 13 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Pengguna media sosial telah meluncurkan operasi pemblokiran. Mereka memblokir selebritas yang mereka yakini tidak menggunakan platform mereka untuk menjelaskan isu-isu mendesak di Gaza, Sudan, dan sekitarnya.
  • Haji Wada, Perpisahan Terakhir Rasulullah SAW dengan Umatnya
    Hikmah
    Selasa, 14 Mei 2024 - 09:37 WIB
    Dalam perjalanan hidup Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, salah satu momen besar yang menjadi perpisahan beliau dengan umatnya adalah peristiwa haji wada, haji perpisahan.
  • 7 Aktivitas Ringan Sehari-hari yang Bisa Nambah Timbangan Amal
    Tips
    Selasa, 14 Mei 2024 - 09:13 WIB
    Banyak aktivitas ringan yang bisa dilakukan sehari hari, yang ternyata menjadi sebab turunnya Rahmat Allah Taala dan nantinya akan menambah timbangan amal perbuatan kita kelak.
  • Perkemahan Solidaritas Gaza: Menjamur di Eropa, Australia, Meksiko dan Jepang
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Tak hanya di AS. Perkemahan solidaritas Gaza juga muncul di tempat lain di Eropa, Australia, Meksiko, dan Jepang. Resonansi global dari gerakan mahasiswa ini terbukti dengan sendirinya.
  • 7 Alasan Mengapa Wanita Perlu Belajar Ilmu Fiqih
    Muslimah
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 12:26 WIB
    Fiqih wanita disebutkan secara khusus, karena Allah menciptakan kaum Hawa ini sangat berbeda dengan laki-laki, baik itu secara psikis dan fisik. Begini alasannya?
  • Keterlaluan ... ! Demonstran Perempuan Anti-Perang Dicaci-maki dan Dihina
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 Mei 2024 - 09:06 WIB
    Prof Aya Gruber menyebut kata-kata gemuk, jelek, dan jalang hanyalah beberapa dari kata-kata makian yang dilontarkan kepada perempuan pengunjuk rasa anti-perang oleh pro-Israel.
  • Hukum Menggabungkan Niat Puasa Syawal dan Senin Kamis
    Tausyiah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 07:20 WIB
    Bagaimana hukumnya bila menggabungkan puasa sunnah Syawal dan puasa Senin-Kamis? Hal ini penting diketahui, mengingat pelaksanaan puasa sunnah tersebut berada di bulan Syawal.
  • Penaklukan Sijistan Iran: Kisra Yazdigird Kebingungan Mencari Persembunyian
    Hikmah
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 08:09 WIB
    Tatkala pasukan Muslimin memasuki Kirman, Kisra Yazdigird ada di kota itu. Setelah dilihatnya bahwa daerah ini tak akan dapat bertahan, seperti daerah-daerah lain, ia lari lagi ke Khurasan.
  • Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas dalam Gambaran Hadis Nabi SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 08:07 WIB
    Ada keutamaan yang paling dahsyat dari Surat Al Ikhlas yang pernah disabdakan Rasulullah SAW yakni membaca Surat Al Ikhlas akan disetarakan oleh Allah Taala seperti halnya membaca sepertiga Al-Quran
  • Mengapa Wanita Tidak Boleh Azan? Begini penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 10:16 WIB
    Mengumandangkan azan dari wanita untuk jamaah yang akan salat, semua mazhab sepakat tidak boleh dilakukan. Mengapa demikian?