Topik Terkait: Makna Hamdalah (halaman 500)

  • 15 Kalam Indah Imam Syafii
    Hikmah
    Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:08 WIB
    Imam Syafii bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafii Al-Muththalibi Al-Qurasyi. Berikut 15 kalam indah Imam Syafii yang penuh hikmah.
  • Adab Tidur dan Doa yang Diajarkan Imam Al-Ghazali
    Tausiyah
    Kamis, 17 Oktober 2019 - 20:27 WIB
    Salah satu tanda kekuasaan Allah Taala adalah menjadikan malam untuk tidur dan beristirahat. Berikut adab tidur dan doa yang diajarkan Imam Al-Ghazali.
  • Adab Salat Jumat dan Waktu Berdoa yang Mustajab
    Tausiyah
    Jum'at, 18 Oktober 2019 - 05:35 WIB
    Jumat adalah penghulu semua hari (sayyidul ayyam) dan merupakan hari raya bagi orang-orang mukmin. Berikut adab-adab salat Jumat dan waktu berdoa yang mustajab.
  • Sahabat Bertanya Seperti Apakah Surga? Ini Kata Rasulullah SAW (2)
    Hikmah
    Jum'at, 18 Oktober 2019 - 16:30 WIB
    Seperti apa gambaran surga itu dan apa saja kenikmatan yang ada di dalamnya? Berikut ulasan singkat Abu Laits As-Samarqandi dalam Kitab&nbspTanbihul Ghafilin.
  • 4 Waktu Ditampakkannya Amalan Manusia
    Tausiyah
    Jum'at, 18 Oktober 2019 - 18:49 WIB
    Ulama Mesir yang kini menetap di Jakarta Syekh Ahmad Al-Mishry mengatakan amal manusia ditampakkan kepada Allah Taala dalam empat waktu (masa).
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Apa Itu Fiqih? Ini Penjelasan Ustaz Muhammad Nur Al-Bantani
    Tausiyah
    Senin, 21 Oktober 2019 - 15:51 WIB
    Dalam pembahasan Kitab Riyadus Shalihin di Masjid An-Nabawi Cipondoh, Tangerang, Ustaz Muhammad Nur Al-Bantani membahas tentang ilmu Fiqih.
  • Joker dan Thaha Husien, Iktibar Menjaga Kekejaman Lisan
    Hikmah
    Senin, 21 Oktober 2019 - 18:45 WIB
    Joker sebagai tokoh antagonis fiktif dan Thaha Husien sebagai tokoh pemikir Islam liberal pernah mengalami masa lalu yang sama.
  • Hakikat dan Sejarah Penamaan Santri di Indonesia
    Tausiyah
    Selasa, 22 Oktober 2019 - 05:20 WIB
    Asia Tenggara memiliki ciri khas dalam menghadirkan dakwah dan pendidikan Islam. Lembaga pesantren salah satunya. Penamaan pesantren cenderung diterima luas di Jawa.
  • Pesan Rasulullah untuk Pejabat dan Ganjaran Bagi Pemimpin Adil
    Hikmah
    Selasa, 22 Oktober 2019 - 14:02 WIB
    Barangsiapa yang memimpin dengan adil dan menjaga amanah yang dibebankan padanya maka ia akan mendapat naungan Allah Taala.
  • Kisah Istri Saleha dan Dosa Besar Bagi yang Tidak Taat Suami
    Hikmah
    Selasa, 22 Oktober 2019 - 16:52 WIB
    Dalam Kitab Uqud al-Lujain (etika rumah tangga) karya Syeikh Muhammad bin Umar An-Nawawi disebutkan bahwa salah satu dosa besar bagi seorang istri adalah apabila ia keluar rumah tanpa seijin suaminya.
  • Menggelorakan Semangat Resolusi Jihad Kiyai Hasyim Asyari
    Tausiyah
    Rabu, 23 Oktober 2019 - 12:37 WIB
    Hari Santri Nasional yang jatuh setiap 22 Oktober sejatinya berangkat dari spirit resolusi Jihad yang digelorakan oleh KH Hasyim Asyari pada tanggal 22 Oktober 1945.
  • 3 Tanda Orang Bodoh dan Wasiat Abdullah bin Masud
    Hikmah
    Rabu, 23 Oktober 2019 - 16:25 WIB
    Orang pintar itu selalu berupaya membebaskan diri dari tiga sifat orang bodoh. Apa saja tanda-tanda orang bodoh? Berikut ulasan singkatnya.
  • Rasulullah Jatuh Pingsan Mendengar Keadaan Neraka dan Penghuninya (1)
    Hikmah
    Rabu, 23 Oktober 2019 - 19:02 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) sendiri pernah jatuh pingsan ketika mendengar penjelasan Jibril tentang neraka dan penghuninya. Berikut kisahnya.
  • Nasihat Ustaz Abdul Somad untuk Para Pejabat
    Tausiyah
    Kamis, 24 Oktober 2019 - 05:20 WIB
    Dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) menyampaikan sebuah nasihat yang menggetarkan hati ketika menjadi Khatib Jumat beberapa waktu lalu. Berikut khutbahnya.
  • Inilah Cemburu yang Diajarkan Nabi Muhammad
    Tausiyah
    Kamis, 24 Oktober 2019 - 16:05 WIB
    Sesungguhnya Allah Taala itu pecemburu, dan orang mukmin itu hendaknya pecemburu. Bagaiman cemburu yang diajarkan Rasulullah SAW?
  • Apa Saja Penyebab Suul Khatimah, Ini Kata Imam Al-Haddad
    Tausiyah
    Kamis, 24 Oktober 2019 - 21:53 WIB
    Semua orang pasti mendambakan kehidupan yang ditutup dengan husnul khatimah (akhir yang baik), bukan suul khatimah atau akhir yang buruk.
  • 8 Manfaat Mempelajari Kisah Nabi dan Rasul
    Tausiyah
    Jum'at, 25 Oktober 2019 - 17:05 WIB
    Beriman kepada Nabi dan Rasul merupakan rukun iman yang wajib diyakini setiap muslim. Ada 8 manfaat mempelajari kisah Nabi dan Rasul.
  • Kisah Pertemuan Nabi Musa dan Nabi Khidir, Yuk Ambil Hikmahnya!
    Hikmah
    Sabtu, 26 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Pertemuan Nabi Musa alaihissalam (AS) dan Nabi Khidir AS adalah kisah luar biasa yang sarat hikmah. Berikut kisah selengkapnya.
  • Memetik Hikmah dari Kisah Hamba yang Beribadah 500 Tahun
    Hikmah
    Minggu, 27 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Kisah seorang hamba yang beribadah selama 500 tahun ini patut dijadikan renungan dan pelajaran berharga. Kisah ini diceritakan oleh Rasulullah SAW kepada seorang sahabat bernama Jabir RA.
  • Sthepen Hawking, Atheis dan Jawaban Ilmiah dari Alquran (1)
    Hikmah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Sthepen Hawking. Siapa yang tak mengenalnya? Di kalangan para ilmuwan dia disejajarkan dengan tokoh ilmuwan klasik sekelas Albert Einsten, Sir Isaac Newton dan tokoh ilmuwan hebat lainnya.