Topik Terkait: Makna Ihsan (halaman 2)

  • Makna Puasa untuk Mencapai  Derajat Takwa
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 03:00 WIB
    Makna puasa disampaikan Allah Subhanahu wa taala secara langsung dalam Al Quran agar membuat manusia menjadi bertakwa. Namun, hingga kini masih banyak umat Islam yang terjebak pada definisi puasa yang hanya sebatas menahan rasa lapar dan haus.
  • Makna Al-Falaq: Sebuah Sumur dalam Neraka Jahanam?
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:31 WIB
    Makna al-falaq dalam Surat Al-Falaq ayat 1 ada yang menafsirkan bahwa al-Falaq adalah sebuah sumur di dalam neraka Jahanam yang mempunyai penutup.
  • Kumpulan Dalil Ayat Al-Quran dan Hadis Terkait Dosa Riba
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 14:27 WIB
    Dosa riba sangat banyak disebutkan dalam ayat-ayat Al-Quran maupun Hadis Nabi. Ini menunjukkan bahwa riba merupakan perkara yang sangat dilarang dalam Islam.
  • Makna Hijrah dalam Konteks Pandemi
    Dunia Islam
    Senin, 09 Agustus 2021 - 21:30 WIB
    Tanggal 10 Agustus 2021 bertepatan dengan tanggal 1 Muharam 1443 Hijriah, umat Muslim se-dunia akan merayakan Tahun Baru Hijriah untuk memperingati peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah yang terjadi pada tahun 622 Masehi.
  • Memahami Makna Al-Kautsar dalam Surat Al-Kautsar
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 23:05 WIB
    Makna Al-Kaustar dalam Surat Al-Kautsar penting diketahui kaum muslim. Surat Al-Kautsar termasuk surat-surat pendek terdiri 3 ayat, namun kandungannya sangat agung.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Makna Ucapan MasyaAllah dan Tabarakallah serta Manfaatnya
    Hikmah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 13:00 WIB
    Ucapan MasyaAllah dan Tabarakallah sudah familiar di kalangan kaum muslimin. Sebenarnya apa arti makna ucapan tersebut, serta apa pula manfaatnya?
  • Makna Kejahatan Malam Apabila Telah Gelap Gulita dalam Surat Al-Falaq
    Tausyiah
    Rabu, 06 Maret 2024 - 14:11 WIB
    Sabit Al-Bannani dan Al-Hasan Al-Basri telah mengatakan bahwa Jahanam, Iblis, dan keturunannya termasuk makhluk yang diciptakan oleh Allah taala.
  • Makna Simbolik Kata Ramadhan Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Rabu, 13 April 2022 - 12:57 WIB
    Sebagian mengartikan dan memaknai Ramadhan sebagai nama Allah SWT. Ini disandarkan pada riwayat Jafar As-Shadiq. Dia mengatakan, Bulan Ramadan adalah bulannya Allah (Syahrullah).
  • Ucapan Kembali ke Fitrah, Begini Makna dan Penjelasannya
    Hikmah
    Rabu, 10 April 2024 - 12:48 WIB
    Umat Islam ketika merayakan Hari Raya Idulfitri sering dimaknai dengan ucapan saatnya kembali ke Fitrah. Apa sebenarnya makna Fitrah?
  • Begini Makna Mengencangkan Sarung Pada 10 Hari Terakhir Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 04:19 WIB
    Mengencangkan sarung, menjelaskan takwil para ulama, artinya mengurangi makan, tidur, dan tidak mendekat ke para istrinya. Maknanya adalah fokus beribadah.
  • Pergeseran Makna Imsak yang Perlu Diluruskan
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 17:00 WIB
    Indonesia memiliki karakter unik yang tidak dimiliki negara berpenduduk muslim lainnya. Salah satunya memaknai istilah imsak yang bergeser dari makna sebenarnya.
  • Sebuah Misteri, Mencari Makna Merak dan Ular
    Hikmah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 06:20 WIB
    Kisah ini, yang melegenda, menunjukkan bagaimana guru-guru darwis membentuk aliran-aliran-nya berdasarkan berbagai lambang, yang dipilih sebagai contoh dalam ajaran-ajarannya.
  • 10 Contoh Puisi Maulid Nabi Singkat dan Penuh Makna
    Tips
    Jum'at, 29 September 2023 - 20:22 WIB
    Puisi Maulid Nabi singkat dan penuh makna ini bisa dijadikan kata-kata indah untuk menyemarakkan acara Maulid Nabi yang biasanya dirayakan selama bulan Rabiul Awal ini.
  • Contoh-contoh Ucapan Isra Miraj 2023 yang Islami dan Sarat Makna
    Tips
    Rabu, 15 Februari 2023 - 09:06 WIB
    Banyak contoh ucapan Isra Miraj untuk tahun 2023 yang islami dan sarat makna. Contoh ucapan Isra Miraj tersebut bisa dipasang untuk status media sosial Anda atau dikirim ke rekan dan kerabat muslim lainnya.
  • 9 Keutamaan Alhamdulillah, Sebaik-baik Doa yang Meneduhkan Hati
    Tausyiah
    Sabtu, 26 November 2022 - 17:09 WIB
    Kalimat tahmid Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) merupakan kalimat pujian yang sangat dicintai Allah. Kalimat ini memiliki keutamaan dan khasiat luar biasa.
  • Makna Tawaf, Sai dan Kehidupan Dunia
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 23:04 WIB
    Tawaf itu selalu diikuti dengan amalan ritual Sai. Sebuah kegiatan ritual Haji/Umrah dengan mengelilingi dua ujung bukit bernama Marwah dan Shofa sebanyak tujuh kali.
  • 3 Makna Puasa sebagai Perisai, Salah Satunya Benteng dari Azab
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 08:19 WIB
    Dalam Islam, ibadah puasa ternyata adalah perisai yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak. Begini penjelasannya!
  • Doa untuk Pengantin Baru Beserta Maknanya
    Muslimah
    Senin, 04 Januari 2021 - 08:38 WIB
    Selain mengucapkan selamat kepada kedua mempelai, Alangkah baiknya kita sebagai keluarga, kerabat, saudara dan teman saat menghadiri sebuah pernikahan mendoakannya.
  • Tips Agar Ibadah Tawaf dan Sai Lancar Tanpa Hambatan
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Mei 2023 - 18:13 WIB
    Untuk mengerjakan ibadah Tawaf dan Sai setidaknya butuh tenaga berjalan kaki sejauh 5,5 Kilometer. Berikut tips sederhana agar Tawaf dan Sai lancar tanpa hambatan.
  • Inilah Makna dan Faedah Penting dari Hadis Tentang Puasa Arafah
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 10:02 WIB
    Sesuai keputusan pemerintah, Hari Raya Iduladha akan jatuh pada 29 Juni 2023. Karenanya, esok (28/6) umat Islam Indonesia dianjurkan melaksanakan puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah atau tepat pada Hari Arafah.