Topik Terkait: Malam Idul Adha (halaman 2)

  • Tata Cara Sholat Idul Adha Berikut Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 22:28 WIB
    Pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah umat muslim dianjurkan melaksanakan sholat Idul Adha (sholat Id). Berikut tata cara sholat Idul Adha berikut bacaan niatnya.
  • Idul Adha dan Ibadah Haji, Apakah Ada Hubungannya?
    Tips
    Selasa, 20 Juli 2021 - 11:17 WIB
    Seorang jamaah bertanya kepada Ustaz Ahmad Sarwat, apakah ada hubungan Hari Raya Idul Adha dengan Ibadah Haji karena kebanyakan orang menganggap Hari Idul Adha adalah Hari Raya Haji.
  • Adab dan Amalan Sunnah bagi Perempuan pada Hari Raya Idul Adha
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 07:00 WIB
    Idul Adha merupakan peristiwa penting dan hari besar Islam yang penuh berkah dan kegembiraan. Oleh karena itu, saat pelaksanaan salat Ied dianjurkan dihadiri semua kaum muslim, baik tua, muda, dewasa, anak-anak, laki-laki dan perempuan.
  • Idul Adha, Kurban, dan Keteladanan Nabi Ibrahim AS (1)
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:15 WIB
    Baik pada ibadah haji maupun Idul Adha, sosok Ibrahim AS menjadi figur sentral. Hampir semua amalan yang ada pada dua bentuk ritual Islam itu terkait dengan sejarah hidup nabi Ibrahim AS.
  • Hukum Makan Sebelum Sholat Idul Fitri
    Tips
    Minggu, 01 Mei 2022 - 03:30 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui hukum makan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Seperti diketahui 1 Syawal merupakan waktu yang diharamkan untuk berpuasa.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Berkurban, Perlu Adaptasi Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 19:28 WIB
    Ataptasi kebiasaan baru di masa pandemi, mengubah gaya hidup masyarakat. Salah satunya, belanja langsung di tempat (offline) yang bergeser menjadi online.
  • Malam Takbiran Malam Utama Diijabahnya Doa,Yuk Amalkan Sebaik Mungkin!
    Tips
    Selasa, 18 April 2023 - 10:16 WIB
    Saat menyambut Idul Fitri ini, para ulama sepakat menganjurkan setiap muslim untuk menghidupkan malam hari raya, baik Idul Fitri ataupun Idul Adha, dengan membaca zikir, salat atau ibadah lainnya
  • Ini Alasan Mengapa 3 Hari Setelah Idul Adha Disebut Hari Tasyrik
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 22:44 WIB
    Bagi umat Islam, Hari Tasyrik dikenal sebagai hari-hari terlarang untuk berpuasa yaitu 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Berikut penjelasan mengapa dinamakan Hari Tasyrik.
  • Besok Malam Nisfu Syaban, Jangan Lupa Perbanyak Amal Ibadah Ini!
    Tips
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 09:17 WIB
    Malam Nisfu Syaban 1445 Hijriyah jatuh besok malam, Sabtu 24 Februari (malam minggu). Malam Nisfu Syaban memiliki fadhilah (keutamaan) tersendiri.
  • Niat Sholat Iduladha Lengkap Arab Latin dan Tata Caranya
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 17:34 WIB
    Niat sholat Iduladha ini perlu diketahui umat muslim supaya dapat melaksanakan ibadah dengan benar. Terlebih sholat Id ini hanya dilaksanakan satu kali dalam setahun.
  • Idul Fitri Sebagai Pengingat Akan Akhirat, Begini Kata Imam Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 17:24 WIB
    Idul Fitri bukanlah momen berfoya-foya dengan kesenangan duniawi. Apalagi sampai lupa kepada Allah SWT. Justru, hikmah adanya Idul Fitri di dunia adalah sebagai pengingat akan akhirat.
  • Jadwal Iduladha 2023 versi Muhammadiyah dan Pemerintah Diperkirakan Berbeda
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 08:43 WIB
    Jadwal Iduladha 2023 versi Muhammadiyah dan Pemerintah diperkirakan berbeda. Muhammadiyah telah menetapkan Iduladha (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada hari Rabu Kliwon, 28 Juni 2023 M.
  • Lokasi Sholat Idul Adha Muhammadiyah di Jakarta dan Sejumlah Daerah, Sabtu (9/7/2022)
    Dunia Islam
    Kamis, 07 Juli 2022 - 14:06 WIB
    Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 10 Zulhijjah 1443 Hijriah atau Hari Idul Adha jatuh pada hari Sabtu, 9 Juli 2022.
  • Idul Adha: Syarat Sah Hewan Kurban dan Waktu Penyembelihan
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 16:26 WIB
    Hewan kurban hendaklah dalam keadaan sehat bebas dari aib, cacat, atau penyakit lainnya. Upayakan bertubuh besar, gemuk, dagingnya banyak, dan fisiknya sempurna.
  • Ucapkan Selamat Idul Adha 2022, Menag: Mari Kita Rayakan dengan Gembira
    Dunia Islam
    Minggu, 10 Juli 2022 - 03:48 WIB
    Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan selamat merayakan Idul Adha untuk seluruh jamaah haji dan seluruh umat Islam yang ada di Indonesia.
  • Khutbah Iduladha 2023: Menghayati Nilai Pengorbanan dan Ujian Keimanan
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 08:02 WIB
    Khutbah Iduladha 2023 kali ini mengangkat tema nilai pengorbanan dan ujian keimanan. Hari ini umat Islam merayakan Iduladha yang di dalamnya disyariatkan berkurban.
  • Hendaklah Berhari Raya Mengikuti Penetapan Pemerintah, Mengapa? Inilah Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 07 Juli 2022 - 11:13 WIB
    Pelaksanaan hari raya umat Islam, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, lebih baik mengikuti penetapan dari pemerintah. Sehingga, tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk berhari raya sendiri-sendiri.
  • Doa Nabi Muhammad SAW di Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Rabu, 01 Maret 2023 - 14:52 WIB
    Doa Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wa sallam di malam Nisfu Syaban, menjadi doa yang bisa diamalkan setiap umat Muslim karena malam tersebut penuh dengan keutamaan.
  • Khutbah Idul Fitri: Mengetuk Pintu Surga dengan Empat Amalan
    Tausyiah
    Sabtu, 22 April 2023 - 08:01 WIB
    Khutbah Idulfitri kali ini mengangkat tema mengetuk pintu surga disampaikan oleh Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat KH Miftahul Huda. Berikut pesannya.
  • Amalan Malam Nisfu Syaban dan Siangnya yang Dapat Mendatangkan Berkah
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 07:40 WIB
    Malam Nisfu Syaban bulan ini jatuh pada Selasa malam 7 Maret 2023. Ada beberapa amalan malam Nisfu Syaban dan siangnya bertabur pahala dan mendatangkan berkah.