Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 8)

  • Maulid Nabi: Barzanji,...
    Hikmah
    Senin, 11 Oktober 2021 - 16:04 WIB
    Barangkali tidak ada seorang pun penganut Islam di Indonesia yang tidak pernah menghadiri pembacaan Barzanji, paling tidak beberapa kali sepanjang hidupnya.
  • 3 Sahabat Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 23:53 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad adalah orang-orang paling cerdas, paling mengerti Al-Quran-Sunnah dan paling sempurna keimanannya. Berikut tiga sahabat Nabi paling cerdas.
  • Kisah Nabi Musa Ingin...
    Hikmah
    Jum'at, 25 Mei 2018 - 16:24 WIB
    Kisah Nabi Musa Alaihisslam (AS) ingin menjadi umat Nabi Muhammad SAW ini cukup populer dan bisa menambah motivasi kita untuk semakin taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
  • Nabi Muhammad dalam...
    Tausyiah
    Kamis, 12 September 2024 - 12:32 WIB
    Ayat lain yang oleh ulama dianggap berbicara tentang Nabi Muhammad SAW pada masa kanak-kanaknya, adalah surat Alam Nasyrah ayat pertama: Bukankah Kami (Tuhan) telah melapangkan dada untukmu?
  • Kisah WS Rendra Masuk...
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Oktober 2022 - 08:13 WIB
    WS Rendra memutuskan memeluk Islam setelah pementasan Shalawat Barzanji pada tahun 1970. Padahal si Burung Merak ini sebelumnya berpandangan buruk terhadap Agama Tauhid ini.
  • Malam Hijrah Nabi yang...
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 17:07 WIB
    Kali ini saya ingin menggambarkan sedikit situasi dua malam pertama Hijrah Rasulullah ? yang sangat menegangkan itu. Hijrah menjadi sangat penting dalam rentetan peristiwa sejarah Islam.
  • Berikut Ini Keistimewaan...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:25 WIB
    Hadis tentang dialog Nabi dengan Jibril tentang Islam, Iman, Ikhsan, dan hari kiamat, diibaratkan sebagai induk bagi sunah sebagaimana surat Al-Fatihah disebut induk Al-Quran.
  • Cinta Tulus Para Sahabat...
    Hikmah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 22:02 WIB
    Sungguh, tak ada kisah paling indah dan tak pernah bosan untuk diceritakan kecuali kisahnya Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
  • Kisah Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Jum'at, 17 November 2023 - 05:10 WIB
    Orang-orang Yahudi pernah mengutarakan beberapa pertanyaan kepada Nabi Muhammad SAW. Para Rahib Yahudi ini menyatakan akan mengikuti Rasulullah apabila mampu menjawab pertanyaan mereka.
  • Kisah Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 15:33 WIB
    Nabi Muhammad sangat gelisah ketika wahyu yang beliau nanti-nantikan tidak kunjung datang, hingga sampai-sampai konon beliau hampir saja mencelakakan dirinya.
  • Kisah Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Senin, 13 Maret 2023 - 23:31 WIB
    Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu anha menceritakan kecintaan Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam kepada siwak dan ketergantungan beliau dengannya.
  • Jangan Kaget! Inilah...
    Hikmah
    Sabtu, 19 Juni 2021 - 14:59 WIB
    Sayyidah Aisyah pernah mengungkap kebiasaan Rasulullah SAW saat malam hari. Beliau tak hanya teladan memimpin umat manusia, tetapi juga contoh terbaik dalam beribadah.
  • Kontroversi Kitab Qasidah...
    Hikmah
    Senin, 16 September 2024 - 18:09 WIB
    Isi sebagian kitab Qashidah Barzanji ini sejauh ini masih mengundang perdebatan. Salah satunya adalah perihal Nur Muhammad. Konon kepercayaan semacam ini bersumber dari riwayat palsu alias hoaks.
  • Perbedaan Kisah Nabi...
    Hikmah
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 08:13 WIB
    Kisah Nabi Muhammad bertemu dengan Allah SWT wajib diimani oleh kita semua sebagai umat Islam. Meskipun ada sebuah peristiwa yang berbeda dengan kisah Nabi Musa ketika bertemu dengan Allah SWT.
  • Persoalan Israiliyyat...
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:25 WIB
    Persoalan israiliyyat sudah muncul sejak zaman Nabi. Hanya saja sahabat mengutipnya tidak berlebihan, yaitu pada batas wajar saja. Israiliyyat mulai menjadi persoalan serius ketika memasuki masa tabiin.
  • Sebelum Wafat, Rasulullah...
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 16:44 WIB
    Tiada kedukaan paling berat dialami ahli bait dan para sahabat kecuali berpulangnya kekasih Allah yang mulia Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Alam semesta dan para Malaikat pun ikut berduka.
  • Keutamaan Membaca Sirah...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:19 WIB
    Hal paling utama dipelajari umat Islam setelah Kitab Suci Al-Quran adalah mempelajari sejarah hidup dan perjuangan Rasulullah SAW atau dikenal dengan Sirah Nabawiyah.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara...
    Hikmah
    Jum'at, 22 November 2019 - 16:46 WIB
    Dalam dua minggu terakhir saya keliling ke berbagai masjid dan Islamic Center di Kota New York AS untuk ceramah atau jadi nara sumber dalam ragam acara peringatan lahirnya baginda Rasulullah Muhammad SAW.
  • Maulid Nabi: Begini...
    Hikmah
    Senin, 09 September 2024 - 16:30 WIB
    Suku Arab al-Baqiyah, yaitu bangsa Arab yang masih hidup sampai sekarang, terdiri dari keturunan Qahthan dan Adnan. Sedangkan suku Arab al-Baidah sudah punah seperti kaum Ad dan Tsamud.
  • Kelahiran Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Rabu, 20 September 2023 - 19:06 WIB
    Tidak seperti malam-malam biasanya yang gelap gulita, cahaya terang mengiringi kelahiran sosok mulia, Muhammad Al-Musthafa di sebuah rumah tak jauh dari Baitullah.