Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 140)

  • Bolehkah Berkurban untuk...
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Juli 2020 - 16:46 WIB
    Ada yang bertanya, bolehkah berkurban untuk orang yang sudah wafat? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib dalam bukunya Fiqih Qurban Perspektif Madzhab Syafii.
  • Kisah Abdullah Bin Ubay...
    Hikmah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Abdullah bin Ubay bin Salul menjadi gembong kaum munafik karena dengki dan membeci Nabi Muhammad. Rasulullah dianggap penghalang dirinya untuk menjadi penguasa Madinah.
  • Doa-doa Memohon agar...
    Tips
    Kamis, 01 Juni 2023 - 12:07 WIB
    Doa agar selalu diberi kesehatan dan tubuh yang kuat ini, hendaknya diamalkan setiap hari. Selain tentunya, kita juga menerapkan pola hidup sehat dan memakan makanan yang bergizi.
  • Mana yang Lebih Utama,...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 20:37 WIB
    Pertanyaan fiqih kurban yang satu ini sering muncul di kalangan umat Islam. Lebih utama mana kurban sapi atau kambing? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib.
  • Hajar Aswad (2): Tragedi...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 03:59 WIB
    Hajar Aswad sejatinya sudah tak orisinil lagi. Batu hitam ini awalnya seputih susu, menjadi legam karena tercemar dosa-dosa manusia. Batu dari surga ini dicemari tragedi berdarah.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Doa Menolak Bala dan...
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 06:15 WIB
    Doa agar terhindar dari bala dan marabahaya ini, diriwayatkan dalam hadis Abu Daud dan juga Tirmidzi dari Ustman bin Affan radhiyallahuanhu.
  • Filosofi Mukmin dan...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 22:11 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memberikan perumpamaan seorang mukmin itu ibarat pohon kurma. Ibnu Umar menceritakan, Rasulullah bertanya kepada para sahabat beliau,
  • Surat Yusuf Ayat 68:...
    Hikmah
    Kamis, 10 November 2022 - 22:58 WIB
    Pada Surat Yusuf Ayat 68 ini Allah menceritakan kepedulian dan kasih sayang Nabi Yakub kepada anak-anaknya agar berada dalam keselamatan ketika memasuki negeri Mesir.
  • Lirik Sholawat Sholawatullahi...
    Tips
    Rabu, 01 November 2023 - 19:24 WIB
    Sholawat Sholawatullahi Tubariquhu merupakan salah satu sholawat yang tengah viral di Tanah Air. Sholawat ini dikenal dengan nama Al-Hijrotu atau Al-Hijrah.
  • Lirik Sholawat Tibbil...
    Tips
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 09:30 WIB
    Lirik sholawat Tibbil Qulub menjadi informasi penting untuk diketahui. Pasalnya, bacaan sholawat ini termasuk di antara amalan yang memiliki banyak keutamaan dan khasiat.
  • Adam dan Hawa Tak Lakukan...
    Hikmah
    Sabtu, 27 November 2021 - 14:45 WIB
    Nabi Adam dan Siti Hawa tidak pernah melakukan hubungan intim selama di surga. Baru kemudian setelah diturunkan ke bumi Jibril mengajarkan kepadanya bagaimana mendatangi istrinya.
  • 3 Keutamaan Bulan Safar...
    Hikmah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:14 WIB
    Shafar atau Safar merupakan bulan kedua dalam kalender Islam (Hijriyah). Meski tidak seagung bulan Muharram, bulan Safar memiliki keutamaan tersendiri.
  • Siti Hawa, Guru Pertama...
    Muslimah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 13:07 WIB
    Potret pertama perempuan yang sangat berperan dalam kehidupan manusia saat ini, adalah istri Nabi Adam Alaihisalam, yakni Hawwa atau orang Indonesia menyebutnya dengan nama Siti Hawa.
  • Israel, Hamba Tuhan...
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 15:42 WIB
    Sejarah menunjukkan bahwa orang-orang Yahudi atau Bani Israil adalah sekelompok kecil manusia di jagad Allah, sejak abad sebelum masehi hingga dewasa ini, dengan mitos-mitosnya telah meresahkan dunia
  • Dua Versi Tentang Pertobatan...
    Hikmah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 17:35 WIB
    Malik bin Dinar adalah orang yang berbeda dengan Malik Dinar, salah satu sahabat Rasulullah. Meskipun namanya mirip, namun Malik Dinar hidup di masa yang berbeda dengan Malik bin Dinar.
  • Kisah Siti Hajar Berlari...
    Hikmah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Kisah Siti Hajar berlari bolak-balik dari Shafa ke Marwah hingga 7 kali, kini menjadi salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan umat Islam yang melaksanakan haji, yaitu sai.
  • Mengharukan! Dua Cucu...
    Hikmah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 08:15 WIB
    Dua cucu kesayangan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, Al-Hasan dan Al-Husain tak punya pakaian baru untuk lebaran, sedangkan hari raya sebentar lagi tiba.
  • Kisah Raja Charles III...
    Dunia Islam
    Kamis, 15 Juni 2023 - 16:57 WIB
    Raja Charles mengkritik penerbitan kartun Denmark yang mengejek Nabi Muhammad. Tanda sebenarnya dari masyarakat yang beradab adalah rasa hormat yang diberikan kepada minoritas dan orang asing, katanya.
  • Mengapa Hari Jumat Dianjurkan...
    Tausyiah
    Jum'at, 20 September 2024 - 05:15 WIB
    Amalan di Hari Jumat atau malam Jumat, umat muslim dianjurkan memperbanyak bacaan selawat Nabi.Mengapa umat Islam dianjurkan memperbanyak Selawat pada Hari Jumat?
  • Tata Cara Salat Seorang...
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 14:40 WIB
    Tata cara salat seorang difabel, ketika dia tidak mampu melaksanakan dengan sempurna, dia bisa melaksanakannya semampunya. Allah SWT memberikan kemudahan bagi umat manusia dalam beribadah.