Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 165)

  • Tak Mudah bagi Umar...
    Hikmah
    Rabu, 09 September 2020 - 16:30 WIB
    Khalifah Umar berencana mengadakan mobilisasi pasukan ke Irak, sebagaimana diwasiatkan Khalifah Abu Bakar. Hanya saja, umat Islam menyambut dingin rencana tersebut.
  • Baca setelah Salat Subuh,...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 14:18 WIB
    Apabila sedang didera kegundahan dalam hati, atau sedang menghadapi suatu masalah yang pelik, maka berdoalah dengan membaca Surat Thaha ayat 25-26
  • Kisah Kedermawanan Utsman...
    Hikmah
    Selasa, 01 Oktober 2024 - 05:15 WIB
    Sesudah Rasulullah mengambil keputusan akan menghadapi Romawi di Tabuk, Utsman menyediakan 300 ekor unta lengkap dengan isinya dan 1000 dinar di tangan Rasulullah untuk dipergunakan dalam persiapan perang itu.
  • Jika Al-Quran Dilempar...
    Hikmah
    Kamis, 17 September 2020 - 19:02 WIB
    Al-Quran Al-Karim bukanlah buatan makhluk. Ia adalah kalamullah yang mulia (perkataan Allah Azza wa Jalla) yang diturunkan kepada baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
  • 10 Peristiwa Penting...
    Hikmah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:50 WIB
    Meski tidak seagung bulan Muharram, banyak peristiwa bersejarah terjadi di bulan Safar. Safar berasal dari kata Shifr yang berarti kosong. Berikut 10 peristiwa penting di bulan Safar.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Begini Jawaban Ibnu...
    Hikmah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 18:47 WIB
    Muawiyah berkata kepada Said: Demi Allah, aku akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Ibnu Abbas yang kira-kira ia tidak akan mampu menjawabnya.
  • Doa Minta Jodoh dengan...
    Tips
    Jum'at, 27 September 2024 - 15:03 WIB
    Doa minta jodoh dengan menyebut nama ini penting diketahui terutama mereka yang belum mendapatkan jodohnya. Doa tersebut juga merupakan amalan dalam memohon jodoh atau pasangan hidup terbaik.
  • Hadis Arbain: Cara Mendapatkan...
    Tips
    Senin, 20 November 2023 - 11:11 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-38 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Menjenguk Pasien yang...
    Tausyiah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 10:05 WIB
    Salah satu tugas sehari-hari saya saat ini adalah memberikan pelayanan spiritual (spiritual care) kepada para pasien dan pekerja rumah sakit di RS Bellevue di Kota New York.
  • Maqam Ibrahim: Batu...
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Mei 2021 - 04:14 WIB
    Maqam Ibrahim hanyalah bongkahan batu kecil, namun ia sangat istimewa. Batu ini berasal dari surga. Ia mendapatkan penjagaan khusus dari Allah SWT selama ribuan tahun.
  • Peristiwa Gerhana di...
    Hikmah
    Kamis, 26 Desember 2019 - 16:32 WIB
    Ada yang bertanya berapa kali Nabi Muhammad SAW melaksanakan salat gerhana dan berapa kali terjadi gerhana matahari dan bulan di masa Beliau?
  • 5 Sebab Mengapa Al-Masih...
    Hikmah
    Selasa, 07 November 2023 - 05:15 WIB
    Dajjal punya nama populer yakni al-masih ad-Dajjal. Lafaz al-masih mengandung dua makna kontradiktif, al-masih dapat bermakna ash-siddiq yang benar, dan addhalal al-kazzab yang sesat dan pembohong.
  • Pidato Husein saat 77...
    Hikmah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 15:56 WIB
    Sayyidina Husein ra berdoa: Ya Allah, Husein-Mu selalu bertawakkal dan menyerahkan diri kepada-Mu. Engkaulah harapanku saat menghadapi kesulitan. Aku menyerahkan segalanya kepada-Mu.
  • Bolehkah Sholat Tahiyatul...
    Tausyiah
    Minggu, 30 Januari 2022 - 21:49 WIB
    Pertanyaan ini sering muncul di kalangan muslim, ketika masuk musholla apakah disunnahkan sholat Tahiyatul Masjid atau adakah sholat Tahiyatul Masjid ketika masuk Musholla?
  • Biografi dan Profil...
    Dunia Islam
    Selasa, 19 Desember 2023 - 10:05 WIB
    Abu Hurairah adalah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat terkenal karena menyimpan banyak hadis atau perkataan Rasulullah. Ia juga dijuluki Bapak Kucing Kecil.
  • Kisah Blusukan Nabi...
    Hikmah
    Senin, 06 April 2020 - 15:28 WIB
    Nabi Daud alaihissalam adalah seorang Nabi yang diangkat sebagai raja bagi Bani Israil. Suatu hari beliau menyamar sebagai rakyat jelata.
  • Kontroversi Usamah,...
    Hikmah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 15:18 WIB
    Usamah bin Zaid ketika itu masih sangat muda. Tetapi Rasulullah mengangkatnya memimpin pasukan agar kemenangannya kelak menjadi kebanggaan atas gugurnya ayahnya sebagai syahid di Mutah.
  • Masya Allah! Inilah...
    Hikmah
    Jum'at, 21 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Salat adalah salah satu metode pengobatan Nabi. Jika seseorang melakukan salat dengan khusyuk sesuai rukun dan adab-adabnya, maka itu cukup baginya sebagai obat.
  • Kiamat Sudah Dekat:...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 April 2021 - 07:15 WIB
    Tanda-tanda kiamat sudah dekat yang disebut Rasulullah SAW satu per satu sudah menampakkan. Tanda-tanda alam yang sebelumnya tidak pernah terjadi pun, kini juga mulai menjadi kenyataan.
  • Aset Kekayaan Sayyidina...
    Hikmah
    Kamis, 09 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Sayyidina Utsman merupakan sahabat Nabi yang kaya raya dan dermawan. Jika dihitung, aset kekayaan Utsman bin Affan mencapai Rp22 Triliun. Berikut 5 kiat sukses bisnisnya.