Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 229)

  • Bagaimana Hukum Duduk...
    Tausiyah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 15:22 WIB
    Kita sering saksikan saat mengantar jenazah ke pemakaman atau saat berziarah ada saja orang-orang yang seenaknya duduk di atas kuburan. Apa hukumnya dalam pandangan syariat?
  • Asbabun Nuzul Surah...
    Hikmah
    Kamis, 19 Desember 2019 - 16:53 WIB
    Umat Islam pasti sudah tidak asing lagi dengan dua surah populer dalam Al-Quran yaitu Surah Al-Falaq dan An-Naas. Berikut asbabun nuzul kedua surat itu.
  • Koreksi Bacaan Al-Fatihah...
    Tausiyah
    Kamis, 19 Desember 2019 - 21:18 WIB
    Syeikh Ahmad At-Tamadi, ahli Qiroah yang juga delegasi Al-Azhar Mesir untuk Indonesia selama 3 tahun mengajak umat Islam untuk mengkoreksi bacaan Surah Al-Fatihah.
  • Ustaz Adi Hidayat Beberkan...
    Tausiyah
    Sabtu, 21 Desember 2019 - 05:20 WIB
    Dai kondang yang juga Direktur Quantum Akhyar Institute, Ustaz Adi Hidayat, membeberkan rahasia dan cara cepat menghafal Al-Quran.
  • Menanamkan Sifat Malu...
    Tausiyah
    Senin, 23 Desember 2019 - 10:01 WIB
    Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam memasukkan sifat malu ini dalam akhlak Islam.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Bolehkah Mencumbui Istri...
    Tausiyah
    Senin, 23 Desember 2019 - 09:01 WIB
    Bagaimana hukum mencumbui istri yang sedang haid? Berikut penjelasan Ustazah Aini Aryani, salah satu pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI).
  • Hukum Mengucapkan Selamat...
    Tausiyah
    Selasa, 24 Desember 2019 - 17:43 WIB
    Ramai polemik di masyarakat tentang hukum mengucapkan Selamat Natal kepada umat Kristiani. Bagaimana sebenarnya pandangan syariat terhadap masalah ini?
  • Kisah Imam Syafii Saat...
    Hikmah
    Rabu, 25 Desember 2019 - 05:45 WIB
    Imam As-Syafii (150-204 Hijriyah) adalah satu dari empat imam mazhab. Ulama kelahiran Ghazzah (perbatasan Syam ke arah Mesir) ini punya kisah menarik ketika bertamu ke rumah Imam Ahmad.
  • Besok Masjid Cut Mutia...
    Hikmah
    Rabu, 25 Desember 2019 - 16:52 WIB
    Besok, Kamis (26/12/2019) bertepatan 29 Rabiul Akhir 1441 Hijriyah, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari sebagian akan terjadi di Indonesia.
  • Rahasia Agar Hati Ikhlas...
    Tausiyah
    Kamis, 26 Desember 2019 - 18:15 WIB
    Dalam pandangan syariat, syarat diterimanya amal ibadah seseorang adalah ikhlas. Ikhlas adalah murni, tidak bercampur dengan yang lain.
  • Orang yang Dibenci dan...
    Tausiyah
    Jum'at, 27 Desember 2019 - 16:55 WIB
    Banyak hadis Nabi menjelaskan tentang amalan yang paling dicintai Allah Taala. Lalu, siapa sebenarnya orang yang dicintai dan dibenci Allah Taala.
  • Keutamaan Mengucap Kalimat...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Desember 2019 - 19:24 WIB
    Dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah, Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury mengungkap dahsyatnya keutamaan kalimat tauhid Laa ilaha illallah
  • Refleksi Akhir Tahun...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Desember 2019 - 15:11 WIB
    Para ulama di Jakarta Pusat (Jakpus) berkumpul melakukan muhasabah sekaligus merumuskan program kerja sebagai wujud khidmatnya kepada umat.
  • Hidup Manusia Ada dalam...
    Tausiyah
    Senin, 30 Desember 2019 - 15:21 WIB
    Tak ada apapun dalam hidup, besar atau kecil dalam kalkulasi manusia, kecuali ada dalam genggamanNya. Ada dalam radar dan ruang lingkup kuasaNya.
  • Ilmu Wudhu yang Wajib...
    Hikmah
    Senin, 30 Desember 2019 - 16:44 WIB
    Sebelumnya telah dijelaskan 6 wajib wudhu. Selanjutnya akan diuraikan tentang sunnah-sunnah berwudhu. Berikut penjelasannya.
  • Apa Beda Ghibah dan...
    Tausiyah
    Senin, 30 Desember 2019 - 18:00 WIB
    Al-Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf, dai lulusan Al-Azhar Mesir menyampaikan kajian spesial bertema ABG (Anti Ber-Ghibah) di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta.
  • Hukum Menceritakan Dosa...
    Tausiyah
    Selasa, 31 Desember 2019 - 17:28 WIB
    Tidak ada seorang pun manusia di muka bumi yang luput dari dosa kecuali Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) yang mashum (terjaga dari dosa).
  • Welcoming Ramadan!
    Tausiyah
    Selasa, 08 Mei 2018 - 14:34 WIB
    Ada perbedaan mendasar antara Muslim zaman now dan para sahabat Rasulullah SAW. Para sahabat menyambut Ramadan dengan penuh harap dan sukacita.
  • Sambut Ramadhan, Allah...
    Tausiyah
    Jum'at, 11 Mei 2018 - 22:14 WIB
    Setiap kali menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan, Allah pun menghiasi surga-surga-Nya dengan berbagai cahaya keindahan.
  • Jauhi Perbuatan Ini...
    Tausiyah
    Senin, 14 Mei 2018 - 18:31 WIB
    Fenomena akhir-akhir ini ada banyak orang yang rajin berpuasa, namun puasanya tidak sedikit pun memberikan pengaruh positif dalam pembentukan kepribadiannya.